Struktur Plat Lantai Beton Bertulang Sistem Half Slab

Posted on

Struktur plat lantai metode half slab adalah pekerjaan plat lantai beton bertulang dengan cara separuh precast dan separuhnya lagi dibuat ditempat, alasan hanya dibuat separuh precast karena menyesuaikan beban maksimal yang masih aman diangkat oleh tower crane, jadi jikalau di lokasi proyek tersedia alat berat yang mampu mengangkat seluruh tebal plat maka akan lebih baik jika menggunakan sistem satu precast utuh, hal ini bisa terjadi pada lantai dengan bentang kecil.

Pada perencanaan awal pembangunan Gedung yang seluruh pekerjaan struktural dilakukan secara manual konvensional yang sudah sangat umum dipakai untuk bangunan. pada pekerjaan Dari alasan ini,kami mencoba untuk membandingkan pelat lantai manual dengan pelat lantai precast dari segi biaya dan waktu. Dan diharapkan mendapatkan hasil analisis, yaitu pelat mana yang lebih murah dan lebih cepat dalam pengerjaannya. Dengan pergantian sistem pelat manual dengan sistem pelat precast half slab ini, diharapkan waktu pelaksanaannya lebih cepat dan dapat menghemat biaya serta metode pelaksanaan pelat yang lebih mudah yaitu menggunakan metode cor ditempat atau sistem Sehingga tidak menutup alternatif pengganti pada pekerjaan struktur bangunan struktur bangunan tersebut, tersebut, yaitu sistem yaitu sistem precast.

Kekurangan plat lantai metode half slab

  1. Sulit diaplikasikan pada area tepi gedung ( plat kantilever), sehingga pada area ini bisa menggunakan sistem konvensional.
  2. Perlu trik khusus jika digunakan pada area toilet atau atap gedung agar tidak mengalami kebocoran.
  3. Jika proyek berada di perkotaan, maka ada peraturan lalu lintas yang harus dipatuhi, waktu pengiriman dengan kendaraan besar biasanya hanya boleh dilakukan pada malam hari agar tidak menyebabkan kemacetan lalu lintas.
  4. Keterbatasan kapasitas berat angkut TC perlu diperhitungkan dengan beban satu plat half slab yang akan diangkat.
  5. Mengurangi lapangan kerja tukang bekisting, mudah-mudahan bisa mendapat pekerjaan lain yang lebih baik.

Kelebihan plat lantai metode half slab

  1. Waktu pengerjaan lebih cepat dibanding plat lantai sistem konvensional, namun jika produksi plat half slab berada dilokasi terpisah dengan proyek maka perlu dipastikan ketepatan jadwal pengirimanya agar pekerjaan dapat berjalan secara kontinyu.
  2. Efisiensi pemakaian material bekisting, bisa menghilangkan penggunaan kayu.
  3. Karena tidak menggunakan kayu maka telah melaksanakan progam green building yang tidak merusak lingkungan.

Urutan pelaksanaan

  • Hari ke 1,Pasang Bekisting Kolom, Cor, Support dudukan balok dan plat
  • Hari ke 2,Bongkar Bekisting Kolom, Pasang Half slab
  • Hari ke 3,Pasang Besi tulangan balok dan Plat
  • Hari ke 4,Cor Balok dan Cor Topping Plat (separuh plat bagian atas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *