Soal Konstruksi Bangunan Uraian dan Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Posted on

Soal Konstruksi Uraian dan Jawabannya 

1. Tulislah menurut pendapat anda apa definisi dari bangunan!

Jawab:
Bangunan adalah sebuah benda hasil karya yang dibuat dengan tujuan dan fungsi tertentu, dibuat dari berbagai bahan sehingga membentuk bagian-bagian yang bermanfaat. Ilmu yang berhubungan dengan bangunan, seperti Ilmu Bangunan Gedung, yaitu ilmu pengetahuan yang digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan dan perbaikan bangunan-bangunan gedung, dan ilmu lain yang langsung maupun tidak langsung mendukung untuk perencanaan, pelaksanaan dan perbaikan bangunan.

2. Tulislah pengertian dari bangunan sipil, yang anda ketahui!

Jawab:
Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

3. Ditinjau dari susunannya, bangunan gedung dapat dibedakan menjadi dua bagian , yaitu…..

Jawab:
Bangunan bagian bawah: yaitu bagian bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah, seperti sloof dan pondasi. Bangunan bawah merupakan konstruksi yang dibuat untuk menahan seluruh bangunan.
Bangunan bagian atas: yatu bagian bangunan yang terletak di atas permukaan tanah, seperti tembok, kolom, pintu & jendela, ringbalk, rangka atap, atap, eternity dll.

4. Secara umum, proyek konstruksi ada beberapa jenis, diantaranya yaitu;

Jawab:

  • Proyek Konstruksi Teknik Sipil (heavy engineering construction); Merupakan suatu proses penambahan infrastruktur pada suatu lingkungan terbangun (built environment). Pemilik proyek (owner) biasanya pemerintah baik pada tingkat nasional atau daerah. Pada proyek ini elemen desain, finansial dan pertimbangan hukum tetap menjadi pertimbangan penting, walaupun proyek ini lebih bersifat non-profit dan mengutamakan pelayanan masyarakat (public services). Beberapa proyek konstruksi yang termasuk pada jenis proyek ini antara lain proyek pembangkit listrik, jalan raya), jalan kereta api, bendungan, pertambangan, dan lainnya.
  • Konstruksi bangunan gedung (building construction); Merupakan tipe proyek konstruksi yang paling banyak dilakukan. Tipe konstruksi ini menekankan pada pertimbangan konstruksi dan teknologi praktis, dan pertimbangan pada peraturan bangunan setempat.
  • Proyek bangunan perumahan/pemukiman (residential Construction); Merupakan proyek pembangunan perumahan pemukiman didasarkan pada tahapan pembangunan yang secara serempak dengan penyediaan prasarana penunjang. Jenis proyek ini sangat memerlukan perencanaan yang matang untuk infra struktur yang ada dalam lingkungan pemukiman tersebut seperti jaringan jalan, air bersih, listrik dan fasilitas lainnya.
  • Konstruksi Bangunan Industri (industrial construction); Merupakan bagian yang relatif kecil dari industri konstruksi, namun merupakan suatu komponen yang penting. Pemilik proyek (owner) biasanya merupakan suatu perusahaan atau industri besar, seperti perusahaan minyak, farmasi, kimia dan industri lain. Proses yang dilakukan dalam industri ini membutuhkan keahlian khusus di bidang perencanaan, desain dan konstruksi.

5. Pekerjaan Struktur sebuah bangunan rumah dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:Struktur bangunan bagian Atas, dan Struktur Bagian Bawah, kedua struktur tersebut dalam pelaksanaannya harus memenuhipersyaratan sbb:……

Jawab:
a. Kualitas bangunan yang baik
b. Keberadaan dan dimensi struktur yang sesuai
c. Seluruh elemen struktur utama tersambung dengan baik
d. Mutu pengerjaan yang baik

6. Tulislah syarat-syarat konstruksi pondasi yang harus memenuhi persyaratan.

Jawab:
1) Konstruksi pondasi harus terletak diatas lapisan tanah keras yang tidak mengandung humus.
2) Konstruksi pondasi harus mempunyai ukuran yang sesuai, sehingga tanah cukup kuat menahan beban. Untuk bangunan sederhana dasar pondasi harus terletak pada kedalaman 60- 80 cm dibawah muka tanah.
3) Konstruksi pondasi harus cukup kuat, sehingga tidak akan pecah karena muatan yang bekerja pada pondasi. Dan untuk bangunan-bangunan yang berat harus dihitung secara cermat dengan ilmu pondasi.

7. Pondasi dangkal (shallow footing) dapat berupa antara lain, yaitu…

Jawab:
1) Pondasi telapak (square footing). Dimana beban yang disalurkan disebarkan melalui lebar telapak pondasi. Dimana intensitas beban yang diteruskan ketanah haruslah lebih kecil dari daya dukung tanah yang diijinkan.
2) Pondasi Setempat. Dibuat pada bagian yang terpisah (dibawah kolom pendukung/kolom struktur) dan juga biasa dipakai pada kontruksi bangunan kayu didaerah yang ber-rawa. Pada bangunan sementara sering juga digunakan penumpu batu alam masif dan diletakkan diatas permukaan tanah yang diratakan
3) Pondasi menerus (continous footing); Ciri-ciri Pondasi menerus adalah; Ukuran sama besar dan terletak pada kedalaman yang sama, Dipasang dibawah seluruh dinding penyekat dan kolom, Biasanya digunakan sebagai pondasi bangunan tidak bertingkat, Untuk kondisi tanah lembek, dibuat dari sloof memanjang dan bagian bawah diperlebar menjadi pelat.

8. Tahapan kegiatan perencanaan jalan, meliputi kegiatan :

Jawab:
1) Pekerjaan lapangan, meliputi semua survei yang diperlukan
2) Kriteria perencanaan, meliputi klasifikasi jalan, karakteristik lalu lintas, kondisi lapangan, pertimbangan ekonomi, dll.
3) Penyiapan peta planimetri, merupakan peta hasil survei topografi yang diperlukan sebagai peta dasar perencanaan geometrik.
4) Perencanaan geometrik, meliputi jarak pandang dan perencanaan alinemen horizontal dan vertical; Perencanaan geometrik jalan merupakan bagian dari perencanaan jalan yang dititik beratkan pada perencanaan bentuk fisik jalan raya. Tujuan dari perencanaan geometrik jalan adalah untuk memenuhi fungsi dasar jalan, yaitu memberikan pelayanan kepada pergerakan arus lalu lintas (kendaraan) secara optimum. Sasaran perencanaan geometrik jalan adalah untuk menghasilkan design infrastruktur jalan raya yang aman, efisien dalam pelayanan arus lalu lintas dan memaksimumkan ratio tingkat pengunaan/ biaya pelaksanaan
5) Geoteknik dan material jalan, menguraikan pengolahan data geoteknik dan material untuk keperluan konstruksi perkerasan dan drainase jalan
6) Perencanaan perkerasan jalan, meliputi perkerasan lentur dan kaku
7) Drainase jalan, menguraikan analisis hidrologi dan sistem serta bangunan drainase, kebutuhan material dan sistem drainase bawah permukaan (subdrain)
8) Bangunan pelengkap jalan, meliputi tembok penahan, rambu-rambu lalulintas, dan sebagainya.
9) Perkiraan biaya, meliputi perhitungan kwantitas, analisis harga satuan dan dokumen pelelangan
10) Lampiran, tabel-tabel dan ketentuan lain yang dapat digunakan untuk perhitungan.

9. Tulislah menurut pendapat anda pengertian dari jembatan!

Jawab:
Jembatan adalah bangunan pelengkap jalan yang menghubunkan suatu lintasan yang terputus akibat suatu rintangan atau sebab lainnya, dengan cara melompati rintangan tersebut tanpa menimbulkan atau menutup rintangan itu.
Lintasan tersebut bisa merupakan jalan kendaraan, jalan kereta api atau jalan pejalan kaki, sedangkan rintangan tersebut dapat berupa sungai, jalan, jalan kereta api, atau jurang (bisa juga berupa jurang pemisah antar gedung bertingkat).

10. Ruang lingkup desain bangunan pada bendung adalah sebagai berikut….

Jawab:
1) Lokasi tubuh bendung
2) Tubuh bendung (tetap dan gerak)
3) Intake
4) Bangunan peredam energi
5) Bangunan pembilas
6) Tembok sayap, tembok pangkal dan pengarah arus
7) Bangunan penahan batu
8) Lantai hulu dan hilir
9) Kantong lumpur
10) Peilschale
11) Jembatan inspeksi

Demikian Kumpulan Soal Konstruksi dan jawabannya. yang terdiri dari Pilihan ganda dan uraian. Semoga bermanfaat.

Related Ilmu Teknik:
soal dan jawaban pilihan ganda tentang toleransi,contoh soal pilihan ganda tentang toleransi,soal dan jawaban power steering,soal pilihan ganda sistem starter beserta jawabannya,soal essay pengelasan beserta jawaban,contoh soal toleransi dan jawabannya,contoh soal dan jawaban mekatronika,pertanyaan tentang power toll beserta jawaban,soal pilihan ganda teknik kerja bengkel elektronika,soal pg dan jawaban tentang sistem pneumatik,soal pilihan ganda tentang sistem alarm,contoh soal pilihan ganda tentang hidrolik dan pengelasan,soal dan jawaban sistem penerangan,soal n jawaban pilihan ganda pneumatik,pertanyaan tentang pondasi,jenis gambar yg mengilustrasikan tentang teknik disebut apa,pertanyaan tentang dinding bangunan,soal pilihan ganda pekerjaan dasar teknik otomotif,contoh soal esai produk rekayasa elektronika praktis,soal konstruksi bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *