Plat Lantai Komposit Baja dan Beton Metode Bondek

Posted on

Plat lantai komposit baja dan beton metode bondek. Kali ini kita bahas plat lantai komposit baja dan beton metode bondek yang juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan hasil pekerjaan terbaik, sistemnya yaitu besi tulangan bagian bawah dihilangkan dan tugasnya digantikan oleh plat bondek, dengan begini maka ada penghematan pekerjaan pembesian sekaligus bekisting lantai.

Dari segi waktu juga jauh lebih cepat pengerjaanya jika dibanding dengan sistem konvensional, hal ini menyebabkan metode bondek banyak digunakan dalam pembangunan gedung-gedung pencakar langit di indonesia maupun dunia. Sistem ini juga bisa diaplikasikan dalam pembangunan rumah tinggal, nah.. beginilah gambaran tentang plat lantai sistem komposit baja bondek dan beton ini.

Plat lantai komposit baja dan beton metode bondek yang juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan hasil pekerjaan terbaik, sistemnya yaitu besi tulangan bagian bawah dihilangkan dan tugasnya digantikan oleh plat bondek, sekaligus bekisting lantai. Dari segi waktu jauh lebih cepat pengerjaanya jika dibanding dengan sistem konvensional, hal ini menyebabkan metode bondek banyak digunakan dalam pembangunan gedung-gedung pencakar langit di indonesia maupun dunia. Sistem ini juga bisa diaplikasikan dalam pembangunan rumah tinggal. nah.. beginilah gambaran tentang plat lantai sistem komposit baja bondek dan beton ini.

beton-metode-bondek

Seperti Anda ketahui, ketika Anda memiliki lahan rumah yang terbatas, biasanya Anda akan menambah ruangan dengan bertingkat ke atas. Pada umumnya penambahan ruangan ini dimulai dengan cara membuat dak (membuat pelat lantai). Dak adalah landasan pijakan orang ketika berada di lantai atas. Tentunya material dan strukturnya harus kuat dan aman karena untuk menahan beban dari benda-benda di atasnya.

Seringkali orang membuat dak dengan cara cor konvensional dan pastinya sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang lama sehingga bisa mengganggu penghuni di lantai bawah. Hal ini dikarenakan membutuhkan pemasangan kayu untuk bekisting dan pengecoran beton.

Kekurangan plat lantai metode bondek

  1. Tidak bisa diterapkan pada sisi tepi gedung ( plat lantai kantilever).
  2. Perlu pengaturan yang bagus agar tidak banyak sisa material bondek terbuang.
  3. Harga bondek sangat terpanguruh dengan perkembangan baja, jadi perlu dihitung segi efisiensinya jika dibandingkan dengan menggunakan bekisting ply wood.

Kelebihan plat lantai metode bondek

  1. Penghematan bekisting lantai karena plat bondek sekaligus berfungsi sebagai form work.
  2. Tidak menggunakan besi tulangan bagian bawah karena fungsinya sudah digantikan oleh bondek.
  3. Pengerjaan lebih cepat dan murah jika dibanding dengan sistem konvensional.
  4. Bagian bawah plat lantai terjamin rapi, karena jika menggunakan sistem konvensional dengan bekisting plywood maka ada resiko beton keropos, retak atau ngeplin sehingga memerlukan pekerjaan perapihan.
  5. Plat bondek masih aman jika terkena kebakaran.
  6. Plat bondek anti karat sehingga bisa bertahan lama.

Urutan pekerjaan

  1. Pasang bekisting kolom, cor kolom, dan bongkar bekisting kolom.
  2. Pasang bekisting balok, pasang perancah lantai.
  3. Pasang plat lantai bondek.
  4. Pasang besi tulangan bagian atas.
  5. Cor lantai dan balok.
  6. Bongkar bekisting balok dan plat lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *