Perhitungan Kebutuhan Cor Beton

Posted on

Perhitungan Kebutuhan Cor Beton

Ketika kita melakukan pekerjaan pengecoran struktur beton maka diperlukan data kebutuhan bahan bangunan yang perlu didatangkan ke lokasi, disini kita akan mencoba menguraikan secara sederhana sebuah contoh menghitung kebutuhan cor beton, karena ini hanya contoh maka hasilnya tentu saja berbeda dari pekerjaan yang sedang dilakukan karena ukuran dan bentuk strukturnya juga berbeda. jadi jadikan sebagai gambaran saja.

perhitungan-cor-beton

Contoh : Kita akan mengecor plat lantai dak beton atap rumah berbentuk persegi panjang ukuran 10 m x 16 m, tebal plat dibuat 12 cm, anggap saja bagian baloknya sudah dihitung atau bahkan sudah di cor jadi kita hanya perlu menghitung kebutuhan beton untuk plat lantai atap saja. rencananya kita akan membeli beton jadi dalam bentuk ready mix, jika satu truck mixer mampu mengangkut 5 m3 beton. pertanyaanya adalah berapa truck beton yang perlu dipesan?

Menentukan berapa truck mixer beton yang dibutuhkan

Baik langsung saja kita hitung soal diatas;

  • Volume plat lantai = 10 m x 16 m x 0,12 m = 19,2 m3.
  • Angka keamanan/ safety factor / wise kita buat 2,5 % x 19,2 m3 = 0,48 m3 ( ini dimaksudkan sebagai cadangan ketika terjadi kekurangan akibat kejadian tidak terduga seperti tumpah, kebocoran bekisting, salah hitung dll.)
  • Jadi total volume beton yang dibutuhkan adalah 19,68 m3 kita bulatkan menjadi 20 m3.
  • Jika 1 truck mixer mampu mengangkut 5 m3 maka total yang harus dipesan adalah 20 m3 : 5 m3 = 4 truck.
  • Jadi yang kita butuhkan adalah 4 truck mixer kapasitas 5 m3. NB: jangan heran kalau hasil akhirnya bulat karena memang sudah direncanakan demikian.

One thought on “Perhitungan Kebutuhan Cor Beton

  1. Apakah punya RAB utk perhitungan konstruksi dgn harga satuan terbaru? Kl punya mohon bantuan utk di email kan ke sy dgn alamat email di bwh.trm ksh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *