Penyebab Bangunan Roboh

Posted on

Penyebab Bangunan Roboh. Kali ini kita bahas tentang macam-macam kemungkinan yang bisa menjadi penyebab bangunan struktur baja roboh, ya.. disatu sisi memang banyak keuntungan yang bisa didapat dengan memakai struktur baja, dari mulai kecepatan pemasangan, mudah di bongkar pasang, mudah didapat, dll. namun perencanaan, pemasangan serta pemeliharaan yang keliru akan berpotensi besar menyebabkan struktur baja ambruk, resikonya bukan hanya terletak pada kerugian materi yang berupa kerusakan bangunan, tapi nyawa penghuninya ikut menjadi taruhan, untuk itu perlu dimengerti dengan cermat permasalahan yang mungkin terjadi sehingga kita bisa melakukan langkah antisipasi dengan tepat. Nah.. berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah besar ini.

Penyebab bangunan baja roboh

  1. Salah desain struktur baja, ya.. yang namanya manusia itu tidak luput dari salah, untuk itu perlu ada yang mengoreksi atau mereview desain untuk meminimalisir kesalahan, jika kesalahan itu menyebabkan pemilihan dimensi baja yang lebih kecil dari peruntukan beban maka berpotensi roboh, sebaliknya kesalahan memilih dimensi baja yang lebih besar justru akan membuat kekuatan bangunan berlipat namun boros dari segi biaya.
  2. Jarak pasang baut untuk sambungan baja ke beton terlalu rapat, jika jarak baut terlalu rapat maka struktur beton tidak bisa mencengkeram dengan kuat, panjang baut juga tidak boleh terlalu pendek sehingga sambungan tidak sempurna.
  3. Sambungan baut tidak sempurna, hal ini bisa diatasi dengan pengecekan berulang-ulang saat pelaksanaan pemasangan baja, dilanjutkan dengan pemeliharaan untuk memastikan bahwa sambungan selalu dalam kondisi bagus, dan segera menggantinya apabila mengalami korosi atau keropos.
  4. Sambungan las kurang lebar dan banyak, ini bisa terjadi saat pelaksanaan, misalnya saat sedang asyik-asyiknya mengelas tiba-tiba listrik padam atau kawat las habis, sehingga tukang las memutuskan bahwa apa yang telah dikerjakan sudah kuat tanpa perlu mengelas lagi, nah.. jika sambungan itu tidak kuat maka rawan ambruk.
  5. Kelebihan beban bangunan, contohnya bangunan yang tadinya hanya direncanakan untuk kantor dengan beban 250kg/m2 tapi digunakan sebagai tempat parkir mobil dengan beban 600 kg/m2, nah.. kalau begini maka besar kemungkinan akan roboh.
  6. Terjadi bencana alam, Misalnya tanah longsor, gempa bumi, kebakaran dan sejenisnya yang menyebabkan struktur bangunan baja tidak mampu bertahan dengan baik.
  7. Sengaja di robohkan ya.. ini mungkin saja terjadi, barangkali pemilik bangunan hendak membongkar apa yang sudah ada untuk diganti dengan bangunan yang lebih modern.

Related Ilmu Teknik:
seorang pemanjat tebing bermassa 95 kg jatuh dari ketinggian 15 m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *