Penyebab Akibat dan Cara Mengatasi Beton Rapuh

Posted on

Penyebab Akibat dan Cara Mengatasi Beton Rapuh. Pelaksanaan pekerjaan beton yang baik diharapkan bisa menghasilkan produk berkualitas, namun terkadang apa yang terjadi diluar perkiraan, kesempatan kali ini kita bahas penyebab akibat dan cara mengatasi beton kolom keropos, pada kasus ini kekeroposan terjadi dibagian bawah, perlu diingat bahwa struktur kolom bagian 1/2 tinggi dari bawah merupakan penahan beban tekuk tertinggi, jadi kerusakan pada bagian tersebut bisa berakibat fatal seperti keruntuhan bangunan.

Penyebab kolom beton keropos

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya antara lain

  1. Bekisting kurang bersih, masih ada beton lama yang menempel pada permukaanya, ini biasanya terjadi pada bekisting yang digunakan ulang tapi tidak dilakukan pembersihan secara total.
  2. Pemadatan kurang sempurna saat pengecoran, pada pekerjaan kolom besar sebaiknya menggunakan vibrator untuk memastikan semua cetakan sudah terisi beton dengan sempurna, pada kolom kecil bisa dilakukan dengan bantuan kayu atau memukul-mukul palu pada sisi luar bekisting.
  3. Adukan tidak tercampur dengan sempurna sehingga antara semen, pasir dan air tidak bisa menyatu dengan baik.
  4. Terlalu cepat membongkar bekisting sehingga permukaan beton rusak akibat benturan benda disekitarnya.
  5. Adukan cor terlalu encer sehingga air semen keluar dari cetakan.
  6. Posisi besi tidak benar sehingga selimut beton terlalu tipis.

Akibat yang terjadi jika kolom beton keropos

  1. Mengurangi kekuatan struktur kolom, apabila struktur yang dibuat kualitas kekuatanya dibawah perencanaan maka bisa menyebabkan bangunan rubuh.
  2. Jika besinya kelihatan maka bisa terpapar langsung oleh lingkungan seperti air, embun, dll sehingga menyebabkan korosi atau karat.

Cara mengatasi kolom beton keropos

Beberapa alternatif berikut bisa dilakukan agar kolom keropos bisa kembali mulus dan strukturnya dapat berfungsi dengan baik.

  1. Menutup bagian yang keropos dengan grouting.
  2. Mempertebal dimensi kolom, caranya dengan memasang besi tulangan tambahan diluar kolom, lalu di cor lagi menyelimuti kolom yang sudah ada.
  3. Jika keroposnya banyak maka harus dilakukan pembongkaran untuk diganti dengan yang baru. untuk mengetahui apakah kolom masih memenuhi syarat atau tidak, bisa dilakukan dengan hammer test.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *