Kelebihan dan Kekurangan Memakai Besi Tulang

Posted on

Ada beberapa Keuntungan dan kerugian jika memakai besi tulangan konvensional batangan dan wiremesh, ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan mau menggunakan jenis besi yang mana. Dalam perencanaan bangunan, pada dasarnya keduanya sama saja jika dilihat dari segi kekuatan struktur karena pemilihan diamater dan mutu besi saat perhitungan sudah disesuaikan dengan kebutuhan struktur. Bedanya lebih terletak pada pelaksanaan dari mulai produksi, pengiriman sampai dengan pemasangan besi. Nah.. berikut ini kurang lebih perbandinganya.

Perbandingan jika menggunakan besi tulangan konvensional dan wire mesh

Perbandingan Besi tulangan konvensional Besi Wiremesh
Gambar / Foto  besi batangan  besi wire mesh
Kekuatan Sama saja ( tergantung jenis dan mutu besi yang digunakan)
Waktu pemasangan Membutuhkan waktu lama dari mulai pendatangan, memotong sampai merakit. Menggunakan besi wire mesh lebih cepat pemasanganya dibanding konvensional.
Penggunaanya untuk apa? Cocok digunakan untuk balok, kolom dan pondasi. Digunakan untuk bagian struktur bangunan yang melebar seperti plat lantai. Tidak bagus digunakan pada balok, kolom dan pondasi.
Penggunaan kawat bendrat. Lebih banyak menggunakan kawat bendrat. Pemasanganya bisa langsung ditaruh dan tidak memerlukan banyak kawat bendrat untuk merangkai.
Tenaga kerja Lebih mahal dibanding wire mesh. Lebih murah dibanding konvensional.
Harga material Dihitung dengan sistem kg atau batangan. Dihitung dengan sistem lembaran atau roll.
Ukuran material 1 batang = 12 m atau 11 m. 1 lembar = 2,1 m x 5,4 m.1 Roll = 10 lembar.
Transportasi Memerlukan kendaraan panjang yang bisa menampung 12 m panjang besi. Bisa menggunakan kendaraan kecil karena panjangnya hanya 5,4 m, bahkan bisa digulung dalam bentuk roll.
Ruang penyimpanan Membutuhkan ruang yang panjang tapi lebarnya boleh kecil. Membutuhkan ruangan dengan ukuran minimal 2,5m x 5,5 m.

Selain perbandingan diatas juga ada faktor ketersediaan bahan pada lokasi proyek, misalnya besi batangan lebih banyak tersedia di toko bangunan terdekat. pada proyek skala besar seperti gedung bertingkat tinggi biasanya lebih memilih menggunakan wire mesh karena pertimbangan percepatan waktu pemasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *