Cara Membuat Tempat Paku saat Memasang Rangka Atap

Posted on

Cara Membuat Tempat Paku saat Memasang Rangka Atap. Kita bisa memanfaatkan pelepah pisang sebagai tempat paku saat memasang rangka atap, ini jauh lebih praktis dan aman daripada pakunya dikantongi lalu dikeluarkan satu persatu saat berada diketinggian saat memaku kayu gording, kaso atau reng, karena cara itu bisa membahayakan tubuh serta pakunya rawan jatuh, dan yang namanya paku itu kalau berserakan di area proyek bisa berbahaya jika menancap kaki. Beginilah langkah pembuatanya.

Atap merupakan bagian dari bangunan gedung (rumah) yang letaknya berada dibagian paling atas, sehingga untuk perencanaannya atap ini haruslah diperhitungkan dan harus mendapat perhatian yang khusus dari si perencana (arsitek). Karena dilihat dari penampakannya ataplah yang paling pertama kali terlihat oleh pandangan setiap yang memperhatikannya. Untuk itu dalam merencanakan bentuk atap harus mempunyai daya arstistik. Bisa juga dikatakan bahwa atap merupakan mahkota dari suatu bangunan rumah. Atap sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya, sehingga akan terlindung dari panas, hujan, angin dan binatang buas serta keamanan.

Atap merupakan bagian dari struktur bangunan yng berfungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunan bangunan.

Struktur atap pada umumnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu : struktur penutup atap, gording dan rangka kuda-kuda. Penutup atap akan didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk dan reng. Beban-beban atap akan diteruskan ke dalam fondasi melalui kolom dan atau balok.

Konstruksi atap yang baik memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dengan baik. Sudah sewajarnya setiap rumah dilengkapi dengan atap. Atap rumah merupakan bagian dari bangunan yang befungsi sebagai penutup atau pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna bangunan.

Cara membuat tempat paku dari pelepah pisang saat memasang rangka atap

  1. Ambil batang pisang atau biasa disebut juga sebagai gedebog yang sudah tidak terpakai kira-kira sepanjang 1m, jangan pisang yang masih hidup ya.. sayang jika ditebang karena nanti bisa berbuah .
  2. kupas batang pisang yang sudah dipotong, ambil beberapa lapis sesuai dengan kebutuhan.
  3. Lipat satu lapis kulit batang pisang menjadi dua bagian.
  4. Tancapkan paku satu persatu , pisahkan menurut ukuran paku agar memudahkan saat digunakan.
  5. untuk lebih jelasnya bisa lihat foto berikut ini, ada juga foto yang memperlihatkan cara meletakanya di kaso saat digunakan.

Begitulah gambaranya, kelemahanya yaitu sifat gedebog pisang yang akan segera mengering setelah beberapa hari, jadi tempat paku ini hanya bisa digunakan dalam waktu pendek saja selama pelepah pisang masih basah. metode ini juga bisa dipakai untuk pekerjaan lainya yang memerlukan tempat paku, sebuah metode sederhana yang semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *