Beban Struktur Plat Lantai Untuk Kantor

Posted on

Beban struktur plat lantai untuk kantor. Dalam menghitung struktur plat lantai yang kuat dibutuhkan data berapa total beban yang akan ditanggungnya, nah.. dalam peraturan perencanaan bangunan di indonesia, dikatakan bahwa beban lantai untuk kantor sebesar 250kg per m2, berbeda dengan bangunan yang bersifat publik seperti masjid yang menggunakan beban lantai 400 kg/m2.

Lalu dari mana angka-angka itu diperoleh? apakah melalui tebak angka jitu, firasat, mimpi atau ikut-ikutan standar negara lain, he.. he.. tentu saja tidak, dan semoga saja tidak mengekor ke negara lain , data tersebut didapatkan dari hasil analisa dan penelitian, secara detailnya akan kita bahas disini lebih lanjut.

Jadi pertanyaanya adalah Kenapa dalam perhitungan struktur plat lantai yang akan difungsikan sebagai kantor menggunakan beban 250kg/m2? yang dimaksud 1m2 yaitu luas lantainya satu meter persegi, bisa berukuran 1m x 1m, untuk mengetahui beban yang harus ditanggung pada luasan tersebut perlu kita ketahui ada ada apa saja diatasnya, masing-masing berapa beratnya dan berapa totalnya ditambah faktor keamanan? untuk itu mari kita ungkap lebih lanjut.

Contoh kemungkinan yang terjadi

  • Ada 2 orang sedang berdiri bersebelahan, masing-masing beratnya 60kg, maka totalnya ada 120kg.
  • Dibelakang kedua orang tersebut ada furniture seberat 80kg.
  • total berat 2 orang + furniture = 200 kg.
  • Dengan ditambah angka keamanan, screed lantai, pasangan keramik,dll = 50kg, maka total beban lantai menjadi 250kg/m2.

Beban lantai 250 kg per m2

Kemungkinan yang lainya yaitu ada pasangan dinding, jumlah orang diatasnya lebih banyak, dll. pada beberapa kondisi, perencana struktur menggunakan beban lebih dari standar untuk mengantisipasi akan adanya beban tambahan yang tak terduga agar aman, namun yang namanya lantai itu tidak selalu dibebani secara penuh, adakalanya kosong, dan ada kalanya hanya terbebani sedikit saja, jadi jika ingin menghemat struktur tapi masih tergolong aman yaitu dengan melihat dengan tepat kemungkinan beban terbesar yang akan dipikul lantai, tidak harus menggunakan standar 250 kg/m2 karena jika beban dibawah dari itu artinya ada pengecilan dimensi lantai serta penghematan besi yang digunakan, dengan begitu maka kita bisa berhemat namun struktur tetap kuat.

Related Ilmu Teknik:
contoh soal teknis dasar krl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *