Teknik mengatasi kendaraan mogok

Posted on

Teknik Mengatasi Motor Mogok,barangkali kita sempat mengalami motor yg sedang kita kendarai berhenti ditengah jalan. Salah satu faktor yg membuat motor berhenti yaitu hilangnya pengapian. Sejatinya percikan api di dalam pengapian berfungsi buat membakar uap bahan bakar yg masuk ke dalam ruangan pembakaran.

Motor yang tiba tiba mogok adalah sesuatu hal yang biasa, tidak pandang bulu jenis maupun umur motor kita, Jangan beranggapan bahwa jika motor yang masih baru akan terbebas dari mogok, Motor bila sudah terkena hujan atau menerobos banjir anda harus berwaspada agar mesin kita tidak kemasukan air.

Tidak begitu menjadi masalah jika motor yang mogok masih tidak jauh dari bengkel. Masalahnya adalah ketika motor kita mogok pada suatu lokasi yang jauh dari pemukiman. Parahnya lagi keadaan juga ikut memperburuk, seperti hujan deras atau disaat malam hari. Jadi penting sekali bagi pengendara motor untuk mengerti cara-cara pertolongan pertama pada motor yang mogok.

Untuk itulah kita akan berbagi teknik sederhana mengatasi motor yang tiba tiba mogok,agar kita nantinya siap jika keadaan yang sangat menjengkelkan ini menimpa motor kita.

Tapi seandainya api hilang, proses pembakaran & mesin tak mau hidup. Ada sekian banyak teknik untuk mengetahui penyebab hilangnya api. Berikut yakni sekian banyak komponen motor yg mesti kita periksa :

Pertama jangan pernah ketinggalan alat alat wajib seperti:

  • Kunci pas 10,12,14
  • Kunci Busi
  • Kertas gosok atau amplas
  • Obeng dengan dua sisi yang berbeda (obeng belimbing dan obeng min)
  • Kain lap
  • Busi cadangan yang pastikan masih baik.

Langkah langkah menganalisa kemungkinan sebab mesin ngadat

Periksa apakah bensin masih mengalir kedalam karburator.Caranya copot slang dari tangki yang ujungnya menancap pada karburator.Atau coba buka baut pembuangan bahan bensin yang berada dibawah karburator.Biasanya menggunakan obeng min (-).Jika bensin tidak ada yang keluar,cek filter bahan bakar apakah tidak tersumbat.Jangan lupa kontrol sekali lagi tangki dan bukaan kran yang digunakan untuk buka tutup aliran bensin.Namun jika bensin ternyata mengalir,berarti masalah bukan pada aliran bahan bakar.

Busi

Buat mengetahui apakah busi berfungsi dgn baik atau nggak yaitu dgn melepas busi, mendekatkannya dgn blok mesin & tekan tombol starter. Jikalau busi memercikkan api berwarna biru, itu berarti kondisi busi tetap baik. Tetapi apabila percikan api berwarna merah, langsung tukar busi baru yg cocok dgn spesifikasi motor kita.

Lepaskan busi,periksa kerenggangan kutubnya.Jarak Renggangan antara kutub busi yang baik adalah 1-1,5mm. Bersihkan kutub busi (ujung dalam) menggunakan kertas gosok sampai rata dan bersih dari kerak.

busi-1

 

Cek pengapian yang dihasilkan

Pasang kembali kabel busi dan test dengan cara menempelkan body busi kepada body mesin. Starter mesin dan lihat apakah ada bunga api keluar dari ujung busi. (Pesan: Jangan menyentuh ujung busi dengan tangan atau menggunakan bahan besi karena tegangan yang dihasilkan sangat kuat).

Jika tidak terlihat adanya bunga api

Cobalah diganti dengan busi cadangan yang pasti yakin masih baik.Jika masih tetap tidak ada bunga api yang memercik, bisa dipastikan karena ada kesalahan pada komponen pada sistem pengapian yang lain.Seperti: Koil,CDI,kabel kabel dan sambungan kabel yang longgar.

Coba periksa sambungan-sambungan kabel dari koil ke busi,dari koil ke CDI atau kabel-lain yang terhubung  ke CDI. Coba motor distart kembali Jika masih belum menemukan percikan api, maka masalah bisa jadi pada CDI dan koil pengapian yang rusak. Jika demikian berarti sampai disini anda harus berhenti memperbaiki sendiri. Karena jalan keluar satu satunya, motor harus ditangani oleh teknisi mesin yang sebenarnya.

Periksa nyala busi

Jika nyala busi berwarna kemerahan,terlihat sangat kecil sekali atau tersendat sendat. Cobalah test pengapian menggunakan busi lain/cadangan. Jika kemudian percikan api terlihat besar, berwarna biru terang berarti busi anda yang sebelumnya memang rusak. Sekarang pasangkan busi pengganti tersebut dan coba distarter, biasanya motor sudah bisa hidup lagi dan hanya disebabkan oleh kerusakan busi.

Busi menyala dengan baik, namun motor juga tak mau hidup.

Penyebabnya bisa ada dua kemungkinan:

Setelan/timing pengapian yang tidak cocok, namun ini jarang terjadi secara tiba tiba. Jadi kemungkinan terbesar motor yang mogok secara tiba tiba adalah adanya masalah pada Karburator. Misalnya karburator kebanjiran, karburator kemasukan air, atau bensin yang bercampur dengan air sejak dari tangki.

Solusinya jika bahan bakar tercampur air:

Tutup kran bahan bakar dan kuras isi bensin pada karburator dengan cara mengendorkan baut buangannya dan buang sedikit bensin dari tangki dengan cara melepas slang yang menancap ke karburator. Jika ada bensin yang masuk kedalam tangki, akan mengendap dibawah karena masa jenis air lebih besar. Jadi jangan dibuang seluruhnya bensin anda didalam tangki.

karburator

 

Jika karburator kebanjiran

Tutup kran dari tangki untuk sementara, pergunakan coke (cuk) dengan jalan dibuka tutup sekaligus motor distarter dengan cara menggunakan kick starter (minta bantuan seseorang jika kesulitan sendiri). Namun jika masih tetap membandel, buka busi sekali lagi dan lihat ujungnya. Jika ujungnya basah berarti memang karburator kebanjiran dan bensin masuk sudah ke ruang bakar, Hal ini akan sulit motor dihidupkan,sebelum ruang bakar dikeringkan terlebih dahulu.

Caranya:

Busi jangan dipasang dulu,sumbal lubang busi dengan kain dan ditahan menggunakan tangan dan usaha ini memerlukan orang lain untuk membantu memutar starter engkol beberapa kali sampai terdengar suara mirip letupan. Kemudian pasang busi dan hidupkan mesin. Ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai mesin bisa dihidupkan, Kalau motor masih dalam keadaan kompresi normal,timing pengapian yang normal ,masalah mesin ngadat karena kebanjiran bensin akan cepat teratasi.

CDI

 

CDI

Komponen ini rata rata jarang mengalami kerusakan kecuali korsleting atau ditukar dgn CDI aftermarket. Seandainya motor kita memakai cdi aftermarket, gantilah bersama CDI standar. Kalau mesin dapat menyala, maka CDI aftermarket jadi penyebab motor berhenti.

 

Rumah kontak

Peranti ini bakal mengakibatkan hilangnya pengapian apabila soket terlepas atau terdapat material yg aus. Buat memeriksanya pakai tes pen, & tukar jikalau mengalami kerusakan.

spul-motor-

 

Sepul

Jika semua komponen tersebut tetap dalam kondisi baik, tetapi motor masihlah mogok, bisa jadi kerusakan terjadi pada sepul. Ciri-ciri sepul rusak yaitu terdapat bekas gosong pada komponen tersebut. Jika kita mendapati ciri tersebut, gantilah sepul motor dgn yg baru.

Related Ilmu Teknik:
materi tentang reak gir pada pemesinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *