Simbol Proyeksi Amerika dan Eropa – Gambar Teknik

Posted on

Simbol Proyeksi. Untuk membedakan gambar/proyeksi di kuadran I dan gambar/proyeksi di kuadran III, perlu diberi lambang proyeksi. Dalam standar ISO (ISO/DIS 128), telah ditetapkan bahwa cara kedua proyeksi boleh dipergunakan. Untuk keseragaman ISO, gambar sebaiknya digambar menurut proyeksi sudut

pertama (kuadran I atau kita kenal sebagai proyeksi Eropa). Dalam satu buah gambar tidak diperkenankan terdapat gambar dengan menggunakan kedua gambar proyeksi secara bersamaan. Simbol proyeksi ditempatkan di sisi kanan bawah kertas gambar. Simbol/lambang proyeksi tersebut adalah sebuah kerucut terpancung (lihat Gambar 5.42 dan 5.43) dibawah ini.
simbol-proyeksi

Gambar proyeksi, proyeksi amerika, proyeksi eropa

Di bawah ini ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antara proyeksi Amerika dan Eropa dalam gambar teknik. Perlu diketahui bahwa proyeksi Amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga/kwadran ketiga dan proyeksi Eropa disebut juga proyeksi Sudut pertama/kwadran pertama.

kami memberikan ilustrasi dengan proyeksi amerika, karena proyeksi amerika adalah proyeksi yang paling masuk akal untuk dibayangkan. Nah! kalau kita telah mengetahui cara menyusun Gambar pada proyeksi amerika maka otomatis kitapun dapat menyusun gambar pada proyeksi Eropa dengan benar. Kenapa? karena ternyata peletakan posisi gambar pada proyeksi amerika hanya merupakan kebalikan dari proyeksi Eropa tanpa merubah isi gambar.

Dalam membaca gambar teknik seringkali kita kebingungan akan perbedaan proyeksi amerika dan proyeksi eropa. Di bawah ini saya akan jelaskan perbedaan diantara keduanya.

Proyeksi Amerika

Proyeksi amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga atau proyeksi kwadran III, , perbedaan istilah ini tergantung dari masing-masing pengarang yang menjadi refernsi. Proyekasi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

proyeksi-amerika

Proyeksi amerika merupakan proyeksi yang mudah dipahami, karena tata letaknya sama dengan  arah pandang kita, dan proyeksi inilah yang saya pakai di setiap gambar yang saya buat.

Proyeksi Eropa

Proyeksi eropa disebut juga proyeksi sudut pertama atau proyeksi kwadran I. Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang letaknya terbalik dengan arah pandangnya. Coba kita perhatikan kembali gambar dibawah ini, dengan model yang sama kita proyeksikan gambar tersebut kedalam proyeksi eropa.

proyeksi-eropa

Pada gambar diatas tata letak proyeksi terbalik dengan arah pandang kita, tapi bila kita sudah memahami proyeksi amerika, membaca gambar dengan proyeksi eropa tidak begitu sulit, karena kita hanya menukar posisi saja.

Biasanya dalam sebuah gambar teknik, untuk mengetahui gambar yang disajiakan apakah proyeksi amerika atau proyeksi eropa ditandai oleh sebuah simbol yang ditaruh di etiket gambar.

Related Ilmu Teknik:
simbol proyeksi amerika,simbol proyeksi eropa,simbol proyeksi eropa dan amerika,simbol proyeksi amerika dan eropa,simbol proyeksi,gambar simbol proyeksi amerika dan eropa,lambang proyeksi eropa,simbol simbol komponen simbol amerika dan eropa,perbedaan simbol proyeks,lambang proyrksi amerika,cara membuat lambang proyeksi di autocad,gambarkan simbol proyeksi eropa dan amerika,gambarkan simbol proyekai eropa dan amerika serta penjelasannya,gambar teknik mesin smk etiket proyeksi eropa amerika,gambar simbol dari proyeksi amerika,gambar proyeksi eropa sperpart mesin,contoh proyeksi eropa dan amerika,contoh gambar elemen mesin proyeksi amerika,ukuran simbol amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *