Roda Gigi Cacing( Worm Gear )

Posted on

Roda Gigi Cacing ( Worm Gear ). Roda gigi digunakan untuk mentransmisikan daya besar dan putaran yang tepat serta jarak yang relatif pendek. Roda gigi dapat berbentuk silinder atau kerucut. Transmisi roda gigi mempunyai keunggulan dibandingkan dengan sabuk atau rantai karena lebih ringkas, putaran lebih tinggi dan tepat, dan daya lebih besar. Kelebihan ini tidak selalu menyebabkan dipilihnya roda gigi di samping cara yang lain, karena memerlukan ketelitian yang lebih besar dalam pembuatan, pemasangan, maupun pemeliharaannya.

Roda gigi cacing

Roda gigi cacing (worm) digunakan apabila diinginkan antara sumbu input dan sumbu output menyilang tegak lurus .Roda gigi cacing mempunyai karakteristik yang khas, yaitu input dan output tidak dapat dipertukarkan. Jadi input selalu dari roda cacingnya (worm) Putaran roda gigi cacing (worm) = nWO Jumlah jalan /gang/spoed = zWO ( 1, 2, 3 )

Roda gigi cacing ialah suatu elemen transmisi yang dapat  meneruskan daya dan putaran pada poros yang bersilang. Roda  gigi cacing mempunyai gigi yang dipotong menyudut seperti pada roda gigi helik dan dipasangkan dengan ulir yang dinamakan ulir cacing. Penggunaan roda gigi ini biasanya untuk  mereduksi kecepatan. Roda gigi ini dalam operasionalnya akan mengunci sendiri sehingga tidak dapat diputar pada arah yang berlawanan.

Ciri – ciri roda gigi cacing

Kedua sumbu saling bersilang dengan jarak sebesar a, biasanya sudut yang dibentuk kedua sumbu sebesar 90˚.Kerjanya halus dan hampir tanpa bunyi.Umumnya arah transmisi tidak dapat dibalik untuk menaikan putaran dari roda cacing ke cacing (mengunci sendiri).

Pasangan roda gigi cacing terdiri dari sebuah poros yang mempunyai ulir luar dan sebuah roda cacing yang berkait dengan poros cacing tersebut. Perbandingan transmisi roda gigi  cacing dapat dibuat hingga perbandingan reduksi 1 : 100 dan cara kerjanya halus atau hampir tanpa bunyi. Namun, pada umumnya transmisi tidak dapat dibalik untuk  menaikkan  putaran, yakni pada roda cacing ke cacing.

Kentungan dan kekurangan

Adapun keuntungan dan kekurangan dari roda gigi cacing ialah. :

1)      Keuntungan dari roda gigi ini adalah dengan meberikan input minimal dapat dihasilkan output dengan kekuatan maksimal. Roda gigi ini biasanya digunakan untuk kecepatan-kecepatan tinggi dengan kemampuan mereduksi kecepatan yang maksimal

2)      Adapun kekurangan dari transmisi roda gigi cacing adalah memiliki efisiensi mekanis (ᶯ) yang rendah, terutama jika sudut kisarya (ᵞ) kecil. Dalam kerjanya, cacing dan roda cacing terjadi gesekan yang cukup besar sehingga dapat menimbulkan banyak panas, oleh sebab itu kapasitas transmisi roda gigi sering dibatasi jumlah panas yang timbul.

Gaya yang terjadi pada (worm gear)

Dalam penerusan putaran ulir cacing akan melakukan putaran,  sehingga akan menerima beberapa gaya.diantaranya ialah :

  1. Gaya Aksial  : gaya yang bekerja sejajar dengan poros roda gigi cacing.
  2. Gaya Radial  : gaya yang tegak lurus garis singgung, gaya ini menuju titik pusat roda  gigi
  3. Gaya Tangensial  : gaya yang sejajar dengan garis singgung, perputaran gaya tangensial tergantung pada alur ulir gigi cacing tersebut, apakah ulir tersebut bentuk ulir kanan atau kiri.

Aplikasi roda gigi cacing 

Pada umumnya roda gigi cacing digunakan untuk menghasilkan perbandingan reduksi yang besar, sehingga dapat menghasilkan putaran yang rendah namun mendapatkan torsi yang tinggi. Penggunaan roda gigi cacing diantaranya ialah;

  1. Pada Gardan
  2. Pada mesin uji puntir

Related Ilmu Teknik:
roda gigi cacing,contoh cara membuat gearbox,roda gigi konis,cara buat roda gigi cacing,rumus roda gigi cacing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *