Perlengkapan Mesin Gerinda

Posted on

Mesin Gerinda adalah salah satu mesin perkakas dengan mata potong jamak, dimana mata potongnya berjumlah sangat banyak yang digunakan untuk mengasah/memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Perlengkapan Mesin Gerinda

Berikut ini perlengkapan pada mesin gerinda yang wajib ada dan standar dalam proses pemesinan …

1) Cekam rahang tiga

Cekam rahang tiga universal ini digunakan untuk mence- kam benda kerja pada saat penggerindaan. Cekam ini dihubungkan langsung de- ngan motor penggerak.

2) Collet

Collet pada Mesin Gerinda silinder ber-fungsi untuk mence- kam benda kerja dengan permukaan yang halus.

3) Pembawa (lathe dog)

Pembawa pada Mesin Gerinda silindris digu-nakan untuk mence- kam benda kerja pada pencekaman diantara dua senter.

4) Face Plate

Face plate pada Mesin Gerinda silinder digunakan untuk menggerinda permu- kaan diameter dalam benda kerja. Face plate juga bisa berfungsi sebagai pengganti ragum (chuck).

5) Senter tanpa ulir

Senter tanpa ulir ini berfungsi sebagai penumpu benda kerja.

6) Senter dengan ulir

Pada Mesin Gerinda silinder alat ini berfungsi sebagai senter penyangga dan dipasang pada spindel utama benda kerja untuk pence- kaman di antara dua senter.

7) Cekam magnet

Cekam magnet pada mesin ini berfungsi untuk mengikat benda kerja berdiameter agak besar tetapi pendek. Cekam magnet ini mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan meja pada Mesin Gerinda datar.

8) Dial Indicator

Dial indicator pada mesin ini dignakan untuk mengoreksi ke- miringan meja mesin.

9) Penyangga tetap (Fix Steady)

Penyangga tetap ini berfungsi untuk menumpu benda kerja yang cukup panjang, pada saat proses penggerindaan.

10) Pengasah batu gerin-da (dresser)

Dresser digunakan un-tuk mengasah batu gerinda. Dresser ada dua macam, yaitu dresser dengan intan tunggal dan dresser dengan butiran intan yang disatukan.

Jenis-Jenis Mesin Gerinda

Berdasarkan hasil operasi penggerindaan, mesin gerinda dikelompokkan atas :

Mesin gerinda datar / surface grinding machine

Adalah mesin gerinda dengan teknik penggerindaan mengacu pada pembuatan bentuk datar, bentuk, dan permukaan yang tidak rara pada sebuah benda kerja yang berada di bawah batu gerinda yang berputar. Pada umumnya mesin ini di gunakan untuk menggerinda permukaan yang meja mesinnya bergerak horizontal bolak-balik. Meja ini dapat diopersikan manual maupun otomatis. Pencekaman benda kerja dengan cara diikat pada kotak meja magnetik.

Mesin gerinda silinder / cylindrical grinding machine

Adalah jenis mesin gerinda dengan benda kerja yang mampu di kerjakan adalah benda dengan bentuk silinder. Jenis mesin ini dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

  • Mesin gerinda silindris luar
  • Mesin gerinda silindris dalam
  • Mesin gerinda silindris universal
  • Mesin gerinda silindris luar tanpa senter

Mesin gerinda alat potong / tool grinding machine

Mesin ini hanya digunakan untuk pekerjaan presisi, yaitu menajamkan (mengasah) berbagai jenis cutting tool seperti mata pahat bubut, mata bor, dan lain-lain. Juga digunakan memperhalus (finishing) bentuk silinder, taper, internal, dan surface dari benda kerja yang mengharuskan ketelitian.

Internal grinding machine

Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda bagian dalam (suatu lubang) suatu benda kerja seperti pada dinding dalam suatu silinder.

Mesin gerinda sabuk (Abrasive belt grinding machine)

Mesin gerinda sabuk merupakan mesin gerinda dengan abrasive menyerupai sabuk pada suatu konveyor. Sabuk abrasif terpasang vertikal, dimana masing-masing ujungnya dihubungkan dengan poros motor dan spindle pulley. Sabuk abrasif terletak pada rumah sabuk yang mempunyai kecepatan putar antara 75-1800 m/min. Gerinda jenis ini juga disebut high energy grinding.

Mesin gerinda centreless (centreless grinding machine)

Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda permukaan benda kerja silindris yang tidak mempunyai lubang senter. Benda kerja diletakkan diantara roda gerinda dengan roda pengarah (regulating wheel), dimana roda-roda berputar lambat. Regulating wheel akan berputar sehingga benda kerja akan bergerak sambil berputar mengikuti perputaran roda.

Related Ilmu Teknik:
perlengkapan mesin gerinda datar,perlengkapan mesin gerinda,sebutkan perlengkapan mesin gerinda datar,keuntungan menggunakan roda gigi 1,perlengkapan mesin gerinda datar beserta fungsinya,peralatan dan perlengkapan mesin gerinda,sebutkan perlatan gerinda beserta fungsinya,Sebutkan peralatan dan perlengkapan gerinda,sebutkan dan jelaskan perlengkapan mesin gerinda datar?,sebutkan dan jelaskan perlengkapan mesin gerinda datar,perlengkapan mesin grrinda datar,Perlengkapan mesin gerinda datar dan jelaskan,perlengkapan mesin gerinda datar dan fungsinya,macam perlengkapan mesin gerida datar,gambar tentang perlengkapan pencekaman pada mesin gerinda datar,kelengkapan mesin grenda,perlengkapan dan penertianmesin gerinda,peralatan pada mesin penggerindaan,peralatan nesin gerinda silinder,peralatan mesin gerinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *