Pemasangan Counter balances

Posted on

Pemasangan Counter balances. Untuk melakukan counter balance pada benda kerja yang terpasang pada Independent chuck, atau face plate dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

  • Tentukan mesin bubut dengan spindle dalam keadaan bebas dari putaran
  • Putar benda kerja dengan oleh tangan dan biarkan sampai berhenti dan beri tanda dibagian yang ringan (bagian atas atau top)
  • Pilih pemberat (yang mendekati dengan kebutuhan balances) Pasangkan pemberat tersebut dibagian yang ringan dengan menggunakan baut pada “T” – Slots
  • Putar benda kerja dan biarkan sampai berhenti. Bidang yang berat akan menempati posisi melintang kesamping sumbu dari dasar, beri tanda dengan kapur dibagian atasnya.
  • Geserkan pemberat kearah mendekat tanda dari kapur tersebut.
  • Lakukan terus proses ini hingga putaran chuck dapat berhenti disembarang posisi.

counter-balances

Alat-alat yang dibutuhkan

  1. Raket tennis
  2. Lead tape
  3. Timbangan Digital
  4. Balance Board
  5. Glue Gun / semacamnya (optional)
  6. Double Tape (optional)

Pengetahuan tentang Leadtape

  1. Lead tape ada 2 macam yang lebar 1/2″ dan 1/4″ bedanya adalah di beratnya. untuk yang lebar 1/2″ setiap 1 inch memiliki berat 1/2 gram. dan leadtape yang lebarnya 1/4″ setiap 1inch memiliki berat 1/4 Gram
  2. Pemasangan lead tape tidak disarankan untuk raket yang head heavy, kecuali dengan menambahkan counter di gagangnya
  3. Pemasangan lead tape 1/4″ bisa diletakkan di samping grommet. sedangkan 1/2 inchi bisa di potong menjadi 1/4 inch atau diletakkan seperti gambar.

Tempat Meletakkan Lead Tape

  1. Menambah Stabil Raket. Bisa di letakkan di jam 3 dan jam 9.
  2. Untuk menambah sweet Spot. Bisa meletakkan lead tape di jam 2 dan jam 10
  3. Untuk menambah swing weight. Bisa di letakkan di jam 12 untuk menambah swingweight dan balance lebih ke head heavy atau di jam 6 untuk menambah swing weight tapi tidak merubah balance
  4. Counter Balance. diletakkan di gagang raket untuk mengebalikan balance seperti awal tanpa raket. bisa dengan beberapa cara pemasangan atau Topspin Method.

Semoga sepenggal artikel Pemasangan Counter balances. ini dapat bermanfaat bagi siapa saja pihak terkait yang membutuhkan.

Related Ilmu Teknik:
cara memasang end mill,cara memasang end

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *