Modul gigi Roda Gigi

Posted on

Modul gigi adalah besaran/dimensi roda gigi, yang dapat menyatakan besar dan kecilnya gigi .Bilangan modul biasanya bilangan utuh, kecuali untuk gigi yang kecil. (Bilangan yang ditulis tak berdimensi, walaupun dalam arti yang sesungguhnya dalam satuan mm) Sudut tekanan adalah sudut yang dibentuk antara garis singgung dua roda gigi dan garis perpindahan gaya antar dua gigi yang bekerja sama. Perbedaan modul menyebabkan bentuk sama tetapi ukurannya diperkecil, sedangkan perbedaan sudut tekanan menyebabkan tinggi gigi sama tetapi dapat lebih ramping.

modul-gigi

Sudut tekanan (α) sudut yang dibentuk dari garis horisontal dengan garis normal dipersinggungan antar gigi. Sudut tekanan sudah di standarkan yaitu: α = 20°. Akibat adanya sudut tekanan ini, maka gaya yang dipindahkan dari roda gigi penggerak (pinion) ke roda gigi yang digerakkan (wheel), akan diuraikan menjadi dua gaya yang saling tegak lurus (vektor gaya), gaya yang sejajar dengan garis singgung disebut: gaya tangensial sedang gaya yang tegak lurus garis singgung (menuju titik pusat roda gigi) disebut gaya radial.

Gaya tangensial merupakan gaya yang dipindahkan dari roda gigi satu ke roda gigi yang lain. Gaya radial merupakan gaya yang menyebabkan kedua roda gigi saling mendorong ( dapat merugi kan). Dalam era globalisasi sudut tekanan distandarkan: α= 20°.

1. Rodagigi lurus (external gearing) Rodagigi lurus (external gearing) ditunjukkan seperti gambar 2.2. Pasangan rodagigi lurus ini digunakan untuk menaikkan atau menurunkan putaran dalam arah yang berlawanan.

rodagigi-lurus-luar

Gambar 2.2 Roda gigi Lurus Luar

2. Rodagigi dalam (internal gearing) Rodagigi dalam dipakai jika diinginkan alat transmisi yang berukuran kecil dengan perbandingan reduksi besar.

3. Rodagigi Rack dan Pinion Rodagigi Rack dan Pinion (gambar 2.3) berupa pasangan antara batang gigi dan pinion rodagigi jenis ini digunakan untuk merubah gerakan putar menjadi lurus atau sebaliknya.

roda-gigi-rack-dan-pinion

Roda gigi Rack dan Pinion

4. Rodagigi permukaan Rodagigi lurus permukaan (gambar 2.4) memiliki dua sumbu saling berpotongan dengan sudut sebesar 90°.

rodagigi-permukaan

Rodagigi Permukaan

Related Ilmu Teknik:
contoh soal perhitungan roda gigi lurus,contoh soal roda gigi lurus,contoh soal roda gigi,contoh soal perancangan roda gigi lurus,contoh soal perhitungan roda gigi,soal dan jawaban roda gigi teknik mesin,materi reakgear,rumus rack gear,Contoh soal modul roda gigi,perhitungan rack gear,materi ulangan roda gigi payung,materi mesin reak gear,contoh soal untuk roda gigi lurus,bongkar pasang rack and pinion,cara membuat perencanaan gigi rack lurus,contoh soal roda bergigi beserta jawabannya,contoh pertanyaan jawaban materi roda gigi rack,contoh roda gigi permesinan contoh soal smk kelas 12,contoh soal perencanaan roda gigi lurus,contoh soal materi roda gigi lurus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *