Kerja Bangku Memeriksa Gambar Teknik

Posted on

Kerja Bangku.Memeriksa kerataan permukaan benda kerja dapat menggunakan mistar baja atau mal kerataan (straight gauge) dengan cara merapatkan sisi mistar/mal pada permukaan benda kerja dari berbagai arah (digonal, membujur, dan melintang). Indikator kerataan yaitu jika diantara mistar/mal dan permukaan benda kerja tidak ada celah cahaya yang tampak.

Teknik Kerja Bangku adalah teknik dasar yang harus dikuasai olehseseorang dalam mengerjakan benda kerja. Pekerjaan kerja bangku penekanan pada pembuatan benda kerja dengan alat tangan, dan dilakukandi bangku kerja. Praktik kerja bangku melatih mahasiswa agar mampumenggunakan alat kerja yang baik dan benar, serta mampu menghasilkan benda kerja yang memiliki standar tertentu sesuai dengan lembar kerja yangditentukan. Hal ini dapat tercapai jika mahasiswa melakukan pekerjaandengan baik sesuai dengan peraturan dan tata cara pengerjaan praktek kerja bangku.

Pekerjaan kerja bangku meliputi menggambar, mengikir,mengebor,mengetap. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mahasiswa dituntutselalu mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya guna membentuk keterampilan yang berkualitas, professional, dan berwawasan luas.

Teknik Kerja Bangku adalah teknik dasar yang harus dikuasai olehseseorang dalam mengerjakan kerja bangku didalam dunia teknik  permesinan sebagai dasar untuk materi teknik pemesinan pada tingkatselanjutnya. Pekerjaan kerja bangku meliputi berbagai jenis kontruksigeometris yang sesuai dengan perintah kerja.

Persyaratan kualitas terletak kepada pemahaman seseorang dalam praktek kerja bangku dan pelaksanaannya di tempat kerja yang meliputi :tingkat ketrampilan dasar penguasaaan alat tangan, tingkat kesulitan produk yang dibuat, dan tingkat kepresisian hasil kerja. Kerja bangku tidak hanyamenitik beratkan pada pencaapaian hasil kerja, tetapi juga pada prosesnya.Dimana pada proses tersebut lebih menitikberatkan pada etos kerja yangmeliputi ketekunan, disiplin, ketahanan, serta teknik sebagai dasar sebelum melanjutkan ke pengerjaan yang menggunakan mesin ± mesin produksi.

kerja-bangku

Pemeriksaan Kerataan

Memeriksa kesikuan antara dua bidang permukaan benda kerja yang salingberpotongan 90º dapat menggunakan siku-siku yaitu dengan cara merapatkan siku-siku pada dua bidang permukaan yang diperiksa. Indikator kisikuan jika sepanjang sisi siku-siku rapat pada permukaan benda kerja dan tanpa celah cahaya.

pemeriksaan-kesikuan

Pemeriksaan Kesikuan

Memeriksa kesejajaran dua permukaan bidang benda kerja yang saling berseberangan dapat menggunakan jangka sorong atau jangka bengkok, yaitu dengan cara merapatkan kedua rahang jangka sorong pada permukaan yang diperiksa. Indikator kesejajarannya jika kedua rahang jangka sorong rapat pada permukaan benda kerja tanpa celah cahaya.

pemeriksaan-kesikuan-gambar-teknik

Kesimpulan

Praktek kerja bengkel merupakan dasar dari praktek-praktek selanjutnya yang akan di ajarkan dalam matakuliah pada teknik otomotif. Banyak yang perlu di ajarkan dalam teknik otomotif terutama dalam praktek kerja bengkel di antaranya adalah mengikir yang berfungsi untuk meratakan atau mengurangi tebal, panjang atau tinggi benda kerja. Menggambar atau menandai benda kerja menggunakan penggores, Penitik dan Stampel angka. Menggergaji yang berfungsi untuk memotong benda kerja.

Mengebor benda kerja untuk membuat lubang pada benda kerja yang lurus dan sama. Sney dan Tap berguna untuk membuat ulir pada bagian dalam dan pada bagian luar secara manual (tanpa mesin). Dan cara menggunakan jangka sorong, karena jangka sorong merupakan alat ukur yang banyak digunakan untuk mengukur dalam dunia teknik. Dengan menguasai kompetensi-kompetensi dari matakuliah praktek kerja bengkel ini maka untuk praktek ke depannya bisa berguna dan bermanfaat.

Related Ilmu Teknik:
buku kerja bangku,cara kerja relay assy scorpio,persamaan tr13003,cara kerja:relay assy scorpio,kelebihan dan kekurangan kerja bangku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *