Jenis dan ukuran Kertas Gambar Teknik

Posted on

Jenis dan ukuran Kertas Gambar Teknik

A. Jenis Kertas

Berdasarkan jenis kertasnya, kertas gambar yang dapat digunakan untuk menggambar teknik adalah:
  1. Kertas Padalarang
  2. Kertas manila
  3. Kertas Strimin
  4.  Kertas roti
  5. Kertas Kalki

B. Ukuran Kertas

Ukuran gambar teknik sudah ditentukan berdasarkan standar. Ukuran pokok kertas gambar adalah A0. Ukuran A0 adalah 1 m2 dengan perbandingan 2 : 1 untuk panjang : lebar. Ukuran A1 diperoleh dengan membagi dua ukuran panjang A0. Ukuran A2 diperoleh dengan membagi dua ukuran panjang A1. Demikian seterusnya. Ukuran kertas gambar dapat dilihat pada Tabel dibawah.
ukuran-kertas-gambar-teknik
Kertas gambar yang digunakan pada gambar sketsa, sebenarnya mengacu pada ukuran kertas standar untuk gambar teknik, yaitu kertas standarisasi ISO. Ukuran kertas yang dipergunakan sebenarnya didasarkan dengan perbandingan antara lebar kertas dengan panjang kertas gambar yang ada dengan mengacu kepada luas area dari kertas gambar.

Perbandingan dilakukan dengan mengukur sisi standar lebar kertas dengan sisi diagonal dari lebar kertas yang kemudian disebut sebagai panjang kertas gambar.

Berikut contoh perhitungan sederhana (kertas ukuran A4) :

Ukuran luas dari kertas A4 adalah 62.500 mm2, maka bila panjang sisi lebarnya diasumsikan sebagai  a, maka panjang diagonalnya adalah ?

Panjang x Lebar = 125.000 mm2, atau  b x a = 62.500 mm2. Sehingga a√2 x a = 62.500 mm2

► a2 = 62.500/√2  ► a2 = 44194,174 mm2

Lebar a = 210,224 mm ≈ 210 mm

Panjang    a√2 = 210,224√2 =297,30 mm ≈ 297 mm

Sehingga kertas ukuran A4 (panjang x lebar) = 297 mm x 210 mm

Ukuran kertas standar Internasional (ISO)

a). Standar Kertas Type A

Kertas standar type A biasanya digunakan untuk percetakan dan juga merupakan perlengkapan kantor. Dasar perhitungan kertas type A adalah ukuran kertas A0, dengan ukuran luas 1.000.000 mm2 atau 1 m2. Setiap angka yang terdapat disebelah huruf A menunjukkan bahwa ukuran kertas tersebut adalah ½ dari ukuran kertas sebelumnya. Kertas A1 adalah ½ dari kertas A0, kertas A2 adalah ¼ dari kertas A0 atau ½ dari kertas A1. Kertas A3 adalah 1/8 dari kertas A0 atau ¼ dari kertas A1 atau ½ dari kertas A2 begitu seterusnya.

b). Standar Kertas Type B

Kertas standar type B, mempunyai ukuran ± diantara 2 ukuran kertas type A. Kertas ini biasa digunakan untuk poster ataupun lukisan dinding. Dasar perhitungan kertas type B adalah ukuran kertas B0 yaitu 1000 mm x 1414 mm.

c). Standar Kertas Type C

Kertas standar type C digunakan untuk amplop, kartu pos dan map. Ukuran kertas type C yang berupa amplop, mempunyai kecocokan untuk memasukkan ukuran kertas type A. Contoh : sebuah amplop dengan ukuran C6 dapat memuat kertas ukuran A6 tanpa lipatan, atau memuat kertas ukuran A5 yang dilipat menjadi 2 bagian sama besar.

Related Ilmu Teknik:
kertas strimin,ukuran kertas gambar teknik,kertas gambar,jenis kertas gambar,pengertian kertas strimin,kelebihan kertas manila dan kertas padalaran,ilmuteknik com kelebihan kertas manila,kegunaan kertas padalarang untuk menggambar teknik,sebutkan dan jenis jenis kertas gambar,pengertian kertas padalarang,ukuran kertas padalarang,kelebihan kertas padalarang adalah,kertas yang biasa dipake gambar teknik,fungsi kertas padalarang,ukuran kertas dalam menggambar teknik,sebutkan jenis kertas gambar dan ukuran menurut iso,sebutkan jenis dan ukuran kertas yang digunakan pada gambar teknik,kegunaan Kertas Padalarang,kelwbihan kertas padalaran,macam macam jenis kertas gambar dan ukuranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *