Contoh Soal UTS Otomotif dan Jawabannya

Posted on

Contoh Soal UTS Otomotif dan Jawabannya. Saat ujian hampir tiba memang hal yang membuat pusing, para siswa sibuk untuk menyiapkan materi dan belajar agar mendapatkan nilai yang bagus. tidak ada salahnya anda belajar dari soal soal yang ada dan prediksi soal UTS, karena pasti ada kemiripan. berikut ini contoh soal UTS Otomotif beserta Jawabannya.

Baca Juga :

Contoh Soal Pilihan Ganda Otomotif

1. Apa fungsi cairan hidrolik dalam system hidrolik? Jelaskan!

Jawaban : Cairan hidrolisdalam sistem hidrolikberfungsi sebagai penerus tenaga (transmitting power), melipatgandakan tenaga (multiplying force) juga bisa berfungsi untuk merubah arah gerakan (modifying motion).

2. Sebutkan beberapa keuntungan Dan kelemahan pada penggunaan sistem hidrolik!

Jawaban : Beberapa keuntungan menggunakan tenaga hidrolik adalah:

  • Mampu memindahkan tenaga yang besar dengan menggunakan komponen yang relatif kecil,
  • Pengontrolan dan pengaturan lebih mudah, melumasi dan merawat sendiri (self lubricating),
  • Rancangan sistem yang sederhana,
  • Fleksibilitas bagus,
  • Kehalusan kerja,
  • Sedikit gaya yang hilang akibat perpindahan tenaga,
  • Aman terhadap beban lebih.

Beberapa kelemahan yang ada pada sistem hidrolik, adalah:

  • Rawan terhadap kecelakaan akibat tekanan tinggi dari fluida (high pressure liquid),
  • Memerlukan bagian dengan tingkat presisi tinggi,
  • Membutuhkan perawatan yang intensif

3. Sebutkan 4 (empat) komponen utama dalam sistem hidrolis! Jelaskan masing-masing fungsi dari komponen  tersebut!

Jawaban : Komponen-komponen utama dalam sistem hidrolis adalah:

  • Pembangkit tekanan hidrolis (pompa tekanan): untuk mengubah energi mekanis menjadi tekanan.
  • Penyalur tekanan hidrolis: utntuk menyalurkan cairan hidrolis ke bagian yang membutuhkan, biasanya menggunakan pipa elastis
  • Katub pengatur: untuk mengatur arah aliran cairan hidrolis sesuai kebutuhan
  • Pengubah tekanan hidrolis menjadi energi mekanis: komponen ini bisa disebut juga dengan aktuator. Bentuk aktuator bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan. Bentuknya bisa berupa torque konverter atau silinder

4. Sebutkan dan jelaskan beberapa jenis pompa yang sering digunakan dalam sistem hidrolikBeberapa jenis pompa yang sering digunakan dalam sistem hidrolis!

Jawaban : Hand Operated Hydraulics Pump, Power Driven Hydraulics Pump, Constant Delivery Pump, Stationary Cam Pump, Variable Delivery Piston Pump.

5. Ada berapa posisi dalam katub pengatur? Sebutkan dan jelaskan masing-masing posisi tersebut!

Jawaban : Ada 4 (empat) posisi katub pengarah akan mengatur arah aliran tekanan hidrolis didalam sistem. Posisi-posisi katub pengarah antara lain:

  • Posisi Netral
  • Posisi Penggerakan
  • Posisi Menahan
  • Posisi Release

6. Ada berapa jenis kompresor udara dilihat dari dari sistem kerjanya? Jelaskan!

Jawaban : Ada 2 (dua) jenis kompresor dilihat dari sistem kerjanya, yaitu : a.kompresor kerja tunggal, b.kompresor kerja ganda

7. Jelaskan prinsip kerja sistem pendingin!

Jawaban : Prinsip kerja dari mesin pendingin adalah dengan cara menghisap panas dari udara sekitar mesin pendingin dan memindahkannya ke ruangan yang lain.

8. Komponen apa saja yang harus ada dalam sistem pendingin, agar sistem pendingin bisa bekerja? Jelaskan!

Jawaban : Motor pengerak, Kompresor, Saringan, Pipa kapiler/katup ekspansi, Pipa penguapan (evaporator), Refrigerant.

9. Apa yang dimaksud dengan sistem pendingin kompresi? Apa pula yang dimaksud dengan sistem pendingin absorbsi? Jelaskan!

Jawaban : Sistem pendinginan kompresi adalah sistem pendinginan yang menggunakan kompresor untuk mensirkulasikan zat pendinginnya.

Sedangkan sistem pendinginan absorbsi adalah sistem pendinginan yang mensirkulasikan zat pendinginnya dengan menggunakan absorber dan generator.

10. Sebutkan dan jelaskan proses-proses yang tejadi pada siklus sistem pendingin kompresi!

Jawaban : Proses kompresi, Proses pengembunan, Proses ekspansi, Proses penguapan

11. Apa yang dimaksdu dengan bearing? Jelaskan pengertian !

Jawaban : Bearing merupakan komponen dari benda berputar yang berfungsi untuk memperkecil bidang gesek antara 2 benda, misalkan antara poros dengan dudukannya. Penggunaan dan pemilihan bearing berbeda-beda sesuai dengan besarnya beban dan arah gaya

12. Sebutkan dan jelaskan macam-. macam pelumasan yang digunakan untuk melumasi bearing…

Jawaban : Pelumasan gemuk, Pelumasan tangan, Pelumasan tetes, Pelumasan sumbu, Pelumasan percik, Pelumasan pompa, Pelumasan celup.

13. Apa fungsi gasket? Apa pula bahan dasar pembuat gasket? Jelaskan jawaban anda!

Jawaban : Gasket dapat didefinisikan sebagai bahan atau material yang dipasang diantara dua permukaan benda, di mana di dalamnya terdapat fluida bertekanan, untuk mencegah terjadinya kebocoran.Secara umum, bahan dasar gasket ada tiga jenis, yaitu metal, non-metal dan setengah metal.

14. Apa fungsi dari seal? Jelaskan

Jawaban : Fungsi dari seal yaitu:

  • Menjaga kebocoran pelumas (lubrikasi).
  • Menjaga kotoran dan material lain masuk ke sistem.
  • Memberikan batasan cairan supaya tidak tercampur.
  • Melapisi permukaan yang tidak rata.
  • Menjaga agar komponen tidak cepat rusak.

15. Sebutkan dan jelaskan beberapa metode pemasangan bearing!

Jawaban : Metode pemasangan bearing tersebut yang sering digunakan adalah metode paksa dan metode pemanasan. Untuk metode paksa, disini menggunakan Special Service Tool (SST) Bearing. SST ini digunakan untuk menekan agar bearing tepat berada pada dudukan poros. Setelah sesuai bearing dengan dipukul menggunakan palu plastic atau dengan menggunakan alat press. Pada metode pemanasan, bearing dipanaskan terlebih dahulu pada temperature yang telah disesuaikan.

16. Pada pemasangan seal, sering diberikan grease pada bibir (lip). Mengapa hal ini dilakukan?Jelaskan!

Jawaban : Pemberian grease secukupnya pada seal daerah lip setelah pemasangan, atau sebelum dipasang shaftnya untuk mencegah gesekan kering saat shaft mulai berputar.

17. Mengapa kita tidak boleh mengelap bearing yang baru dibuka dari bungkusnya? Jelaskan!

Jawaban : Mengelap bearing yang baru dibuka dari bungkusnya, akan menyebabkan kandungan lapisan anti karatmalah berkurang/hilang. Sehinggabearing akan cepat berkarat.

18. Penambahan grease yang berlebihan pada bearing baru juga tidak direkomendasikan. Mengapa demikian? Jelaskan

Jawaban : Menambahkan gemuk atau grease ketika memasang bearing baru secara berlebihan akan membuat pelumas yang kita tambahkan tersebut mengalir kemana-mana, karena kelebihan volume. Grease yang tercecer akan membuat debu ataupun gram (serbuk logam hasil gesekan) melekat di grease tersebut.

19. Apa yang dimaksud dengan jacking? Jelaskan !

Jawaban : Jacking diartikan sebagai tindakan untuk mengangkat/menaikkan kendaraan lebih tinggi dari posisi lantai. Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan mendongkrak.

20. Sebutkan jenis-jenis dongkrak yang biasa digunakan di bengkel? Berikan masing-masing penjelasan

Jawaban : Dongkrak yang digunakan di bengkel adalah dongkrak mekanis dan dongkrakhidrolis :

  • Dongkrak mekanis menggunakan sejumlah roda gigi (gear) untuk menambah gaya yang digunakan operator dalam mengangkat beban berat.
  • Dongkrak hidrolik menggunakan pompa oli untuk menekan oli di dalam dongkrak. Gaya yang diberikan oleh operator akan meningkat dari ram ke ram.

21. Apa yang dimaksud dengan blocking?Berikan penjelasan!

Jawaban : Blocking diartikan sebagai tindakan untuk menahan suatu benda tetap pada posisinya. Dalam bahasa umum lebih dikenal dengan mengganjal/menyangga

22. Apa yang dimaksud dengan pesawat angkut dan angkat? Jelaskan!

Jawaban : Pesawat angkut dan angkat adalah pesawat atau alat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan sebuah barang dengan jarak, besar dan berat tertentu yang sulit untuk dilakukan ataupun tidak mungkin dilakukan dengan tenaga manusia.

23. Sebutkan tiga jenis pesawat pengangkut! Berikan penjelasan pada masing-masing!

Jawaban :

  • Hydraulic Handling Device: cara pengangkutan dengan menggunakan media berupa cairan atau liquid sebagai media pengangkutan.
  • Pneumatic Handling Device : cara pengangkutan dengan menggunakan media berupa udara, gas sebagai sarana pengangkutannya
  • Mechanical Conveyor : pesawat angkat dan angkut memiliki banyak jenis sesuai dengan keadaan dan kegunaannya

24. Sebutkan beberapa persyaratan pada saat merencanaka konstruksi sebuah sangkar untuk pengangkutan beban!

Jawaban :

  1. Beban angkat yang dibutuhkan pada perencanaan
  2. Dimensi maksimum orang yang akan memenuhi perencanaan sangkar.
  3. Tinggi bangunan yang direncanakan.
  4. Bahan dan kerangka sangkar.

25. Apa yang anda ketahui tentang overhead crane? Berikan penjelasan pada jawaban anda!

Jawaban : Overhead travelling crane merupakan salah satu jenis kran,yang berupa jembatan melintang diatas kepala yang umumnya terbuat konstruksi rangka batang yang ditutup atau dilapis plat baja.

Demikian contoh soal dan pembahasan teknik mesin atau bisa juga masuk dalam mata pelajaran SMK jurusan otomotif, sebagai bahan belajar dalam rangka menghadapi ujian tengah semester. semoga diberi kelancaran dalam mengerjakan soal soal ujian. Soal yang kami tulis dalam artikel ini bersumber dari beberapa litelatur dan pembahasannyapun kami tidak menjamin 100% kebenarannya, karena kami hanya menyampaikan berdasarkan materi yang kami tau. harap di cek terlebih dahulu apabila mau digunakan untuk kepentingan pembelajaran bagi anak didik. terimakasih.

 

Related Ilmu Teknik:
contoh soal hidrolik dan jawaban,soal otomotif dan jawabannya,contoh soal pilihan ganda pneumatik,kumpulan soal pilihan ganda sistem pendingin,contoh soal pneumatik dan hidrolik,soal pilihan ganda dan jawaban sistem pendingin,soal tldo dan jawabannya,contoh soal pneumatik dan jawabannya,contoh soal dan jawaban sistem hidrolik,ada berapa posisi dalam katup pengatur,contoh soal pneumatik dan jawabannya pg,Sosl-soal dan jawaban spesial service tools,contoh soal sistem pendingin dan jawaban nya,contoh soal tentang pnumatik,contoh soal tentang sistem pendingin serta jawabanya,contoh soal pompa dan kompresor pilihan ganda,Uts Ppemeliharaan mesin sepeda motorSoal jawab uraian 5,pertanyaan overhead travelling crane,soal dan jawaban kompresor smester 1,soal dan jawaban tentang pnumatik

One thought on “Contoh Soal UTS Otomotif dan Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *