Bevel Protractor atau Alat Ukur Busur Bilah

Posted on

Bevel Protractor atau Alat Ukur Busur Bilah. Alat ukur ini digunakan untuk mengukur besaran-besaran sudut pada benda kerja dan untuk membantu pekerjaan melukis dan menandai. Protractor dibuat dengan beberapa bentuk, sesuai dengan jenis kegunaannya dan tingkat ketelitiannya. Batas ukur dari protractor adalah dari 0 derajat sampai 180 derajat.

alat-ukur-busur-bilah

Untuk pengukuran besaran sudut dengan teliti, artinya pengukuran besaran sudut kurang dari satu derajat (1 derajat) digunakan vernier bevel protractor. Alat ini mempunyai ketelitian sebesar 5 menit. Jadi dengan menggunakan vernier bevel protractor kita dapat melakukan pengukuran mulai dari ukuran sudut 5 menit sampai 180 derajat.

bevel-protractor

Vernier Bevel Protractor

 Cara membaca ukuran pada vernier bevel protractor adalah sebagai berikut:

  • Baca ukuran pada skala utama
  • Baca ukuran yang ditunjukkan pada skala vernier
  • Jumlahkan ukuran dari skala utama dan skala vernier.

Hasil dari penjumlahan tersebut merupakan besar dari ukuran yang diminta.

Bagian-bagian Busur Bilah

Bagian – bagian utama pada busur bilah adalah sebagai beriukut :

  • Badan atau piringan dasar

Berupa lingkarang penuh dengan diameter sekitar 55 mm. Permukaan bawah piringan dasar ini rata, sehingga busur bilah dapat diletakan pada meja rata dengan baik tak bergoyang. Pada tepi permukaan atas terdapat skala dengan pembagian dalam derajat dan diberi nomor dari 00 – 900 – 00 – 900 (skala kiri dan kanan),

  • Pelat dasar

Menyatu dengan piringan dasar. Panjang, lebar dan tebal pelat dasar sekitar 90 x 15 x 7 mm. Sisi kerja pelat dasar dibuat rata dan lurus, dengan toleransi kerataan 0.01 mm untuk sepanjang sisi kerja.

  • Piringan indeks

Mempunyai titik pusat putaran berimpit dengan pusat piringan dasar. Pada piringan ini tercantum garis indeks dan skala nonius sudut (skala nonius kiri dan kanan), biasanya dengan kecermatan sampai 5 menit. Kadang dilengkapi dengan pemutar halus atau cermat.

  • Bilah utama

Dapat diatur kedudukannya dengan kunci yang terletak pada piringan indeks. Panjang, lebar dan tebal dari bilah utama, sekitar 150/300 x 13 x 2 mm, dan kedua ujungnya dibuat menyudut masing – masing sebesar 450 dan 600. Kedua tepi dibuat lurus dengan toleransi kerataan sebesar 0.02 sampai 0.03 mm untuk seluruh panjangnya

Kapasitas ukur dan ketelitian

Alat ukur merupakan pegembangan dari busur derajat(protactor) dengan dua bilah lengan (balade) yang dapat berputar. Alat ini serring digunakan pada pekerjaan manufaktur, khususnya untuk mengukur sudut dengan ketelitaian hingga 5 menit.

1 divisi skala utama     = 1

1 divisi skala nonius    = 5’ menit =5’ (menit)

Cara Pembacaan Alat Ukur Busur Bilah (Bevel Protractor)  

Prinsip  pembacaannya  sebetulnya  tidak  jauh  berbeda  dengan prinsip pembacaan mistar ingsut, hanya skala utama satuannya dalam derajat sedangkan skala nonius dalam menit. Yang harus diperhatikan adalah pembacaan skala nonius harus searah dengan arah pembacaan skala utama. Jadi, harus dilihat ke mana arah bergesernya garis skala nol dari nonius terhadap garis skala utama.

Sebagai contoh lihat Gambar 3.4. di bawah ini. Gambar tersebut menunjukkan ukuran sudut sebesar 50° 55’ (lima puluh derajat lima puluh lima menit). Garis nol skala nonius berada di antara 50 dan 60 dari skala utama, tepatnya antara garis ke 50 dan 51. Ini berarti penunjukkan skala utama sekitar 50 derajat lebih. Kelebihan ini dapat kita baca besarnya

dengan melihat garis skala nonius yang segaris dengan salah satu garis skala utama. Ternyata yang segaris adalah garis angka 55 dari skala nonius. Ini berarti kelebihan ukuran tersebut adalah 55 menit (11 garis di sebelah  kiri  garis  nol:  11  x  5  menit  =  55  menit).  Jadi,  keseluruhan pembacaannya  adalah  50  derajat  ditambah  55  menit =  56 derajat  55 menit (50° 55’).

Related Ilmu Teknik:
bevel protector,fungsi bevel protractor,bevel protractor,fungsi bevel protector,bevel protactor,cara menggunakan bevel protractor,fungsi bevel protactor,bevel protektor,beavle protector,beavle protector digunakan untuk mengukur,perbedaan busur derajat dan busur derajat universal,https://ilmuteknik com/teknik-mesin/bevel-protractor html/,fungsi busur ba,cara penggunaan bevel protector,cara menggunakan bavel pr,cara membaca vernier protractor,cara membaca vernier protactor reading,cara membaca hasil vernier protactor,bevel protactor cara menggunakannya,bevel protac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *