Bentuk Bentuk Energi dan Rumusnya

Posted on

Energi adalah suatu besaran turunan dengan satuan N.m atau Joule. Energi dan kerja mempunyai satuan yang sama. Sedangkan kerja dapat didefinisikan sebagai usaha untuk memindahkan benda sejauh S (m) dengan gaya F (Newton). Sedang bentuk-bentuk energi lain dijelaskan di bawah ini :

Bentuk – bentuk Energi

Energi Kinetik

Energi Kinetik Adalah energi suatu benda karena bergerak dengan kecepatan V, sebagai contoh , mobil yang bergerak, benda jatuh dan lain-lain , maka energinya dapat ditulis dengan persamaan sebagai berikut.

pergerakan-mobil-dan-energi-kinetik
Pergerakan Mobil Dan Energi Kinetik

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukannya. Sebagai contoh, energi potensial air adalah energi yang dimiliki air karena ketinggiannya dari permukaan.

Ep = m.g.h

Untuk mempermudah memahami tentang energi potensial lihatlah gambar dibawah ini.

contoh-energi-potensial

Energi Potensial Pegas

Energi potesial pegas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang dihubungkan dengan pegas untuk berada pada kedudukan tertentu karena penarikan pegas.

Ep = 0,5.k.x2

Energi Mekanik

Energi mekanik adalah energi total yaitu penjumlahan antara energi kinetik dengan energi potesial. Em = Ek + Ep Adapun energi atau kerja mekanik pada mesin-mesin panas, adalah kerja yang dihasilkan dari proses ekspansi atau kerja yang dibutuhkan proses kompresi. Kerja mekanik (dW) tersebut sebanding dengan perubahan volume (dV) pada tekanan (p) tertentu.

DW = pDV

Sebagai contoh energi mekanik secara sederhana adalah pergerakan piston, putaran poros engkol, dan lain lain. Agar lebih jelas lihatlah Gambar Energi atau kerja pada piston di bawah ini.

energi-mekanik-pada-piston

Energi mekanik pada benda-benda yang berputar misalnya poros mesin-mesin fluida (turbin, pompa, atau kompresor) dinamakan Torsi, yaitu energi yang dibutuhkan atau dihasilkan benda untuk berputar dengan gaya sentrifugal F dimana energi tersebut pada r tertentu dari pusat putaran. Rumus untuk menghitung torsi dapat dilihat pada gambar Energi mekanik poros turbin gas dibawah ini.

energi-mekanik-poros-turbin-gas

Energi Aliran atau Kerja Aliran

Energi Aliran atau kerja aliran adalah kerja yang dilakukan oleh fluida yang mengalir untuk mendorong sejumlah massa m ke dalam atau ke luar sistem. Rumus Energi Aliran

W energi aliran = pV

Energi Panas

Energi Panas (Q) yaitu energi yang ditransfer ke atau dari subtansi karena perbedaan temperatur. Dengan c panas jenis pada tekanan konstan atau volume konstan, Rumus energi panas :

Q = mcDT

Energi Dalam

Energi dalam (U) Merupakan energi dari gas karena pergerakan pada tingkat molekul, pada gas ideal hanya dipengaruhi oleh temperatur saja. Entalpi (H); sejumlah panas yang ditambahkan pada 1 mol gas pada tekanan konstan, dengan cp panas jenis pada tekanan konstan, dapatĀ  dirumuskan:

H mc T pD = D

Energi Yang Tersedia

Energi yang tersedia ; bagian dari panas yang ditambahkan ke sistem yang dapat diubah menjadi kerja. Perbandingan antara jumlah energi tersedia yang dapat diubah menjadi kerja dengan energi yang dimasukkan sistem adalah konsep efisiensi.

Related Ilmu Teknik:
bentuk bentuk energi ilmu teknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *