Mengenal Konsep Kerja Generator AC dan DC

Posted on

Mengenal Konsep Kerja Generator AC dan DC – Generator adalah sebuah alat atau mesin yang dapat mengubah energi mekanik atau gerak menjadi energi listrik. generator listrik adalah sebuah alat yang dapat memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik dengan menggunakan induksi elektromagnetik.

Pastinya banyak dari kita semua yang belum tahu apa perbedaan motor dan generator. Walaupun keduanya memiliki prinsip kerja yang sama, namun motor merupakan kebalikan dari generator. Motor mengubah energi listrik menjadi energi gerak, sebaliknya generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Pengertian Generator

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa generator merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah energi gerak atau mekanik menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Generator dapat diibaratkan sebagai pompa air yang hanya membuat aliran air, tapi tidak menciptakan air yang ada di dalamnya.

Artinya, generator hanya sebagai alat pendorong muatan listrik melalui sirkuit yang tersedia. Generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada pada kabel lilitannya. Perlu diketahui bahwa ilmuan yang membuat generator elektromagnetik pertama di dunia adalah Michael Faraday pada tahun 1831 sampai dengan tahun 1832.

Prinsip Kerja Generator

generator-ac

Prinsip kerja dari generator listrik sebenarnya cukup sederhana. Generator bekerja sesuai hukum faraday yakni apabila suatu penghantar diputar dalam sebuah medan magnet hingga memotong garis gaya magnet (GGM), maka akan menimbulkan garis gaya listrik (GGL) dalam satuan volt pada ujung penghantar tersebut.

 

Prinsip Kerja Generator DC

generator-dc

Generator DC memiliki komponen sama dengan komponen yang ada pada motor listrik DC. Hanya saja generator DC menggunakan sebuah komponen yang membuat arus listrik menjadi searah, sehingga membuatnya berbeda dari generator AC. Komponen tersebut adalah slip ring yang memiliki bentuk lingkaran belah.

Demikian sedikit informasi mengenai komponen generator Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *