Spesialis Telekomunikasi Komputer dan Prospek Kerja

Posted on

Profesi Spesialis Telekomunikasi adalah semacam administrator komputer yang bekerja dengan telepon yang berkaitan dengan sistem komputer. Anda dapat merancang sistem komunikasi data termasuk transmisi suara dan video, mengawasi pemasangan sistem telepon dan memberikan pemeliharaan sistem setelah mereka diinstal .

Selain itu, Anda bertugas menguji jalur, mengawasi perbaikan peralatan dan menyimpan log aktivitas sistem yang berhubungan. Spesialis telekomunikasi memiliki profesi unik di antara karir bidang komputer lainnya karena cepat berubah seiring perkembangan teknologi dan karena lebih banyak individu dan bisnis memilih untuk berlangganan telepon digital atau nirkabel sebagai nomor telepon utama mereka.

Sebagai contoh, beberapa perusahaan menengah hingga besar mengadopsi sistem telepon voice over internet protocol ( VoIP )  yang benar-benar mengidentifikasi setiap unit ponsel sebagai perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda – dalam kategori yang sama seperti mouse atau keyboard. Meskipun telepon memiliki cara kerja yang sama dengan telepon kantor biasa, sistem ini juga dapat dioperasikan melalui aplikasi berbasis komputer, dan dengan hanya meng-klik mouse, Anda dapat menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam direktori MS Outlook Anda.

Dengan teknologi seperti ini, pekerjaan keterampilan perdagangan dalam industri telekomunikasi, seperti installer peralatan dan jasa perbaikan telekomunikasi, installer jalur dan operator telepon diperkirakan akan menurun secara signifikan selama 10 tahun ke depan seiring perubahan sistem telekomunikasi menjadi lebih terkomputerisasi.

Spesialis telekomunikasi sekarang diklasifikasikan sebagai karir bidang komputer, dan Anda akan membutuhkan pendidikan di berbagai bidang seperti pemrograman komputer, desain perangkat lunak, laser dan teknologi serat optik, dan teknologi nirkabel. Mengikuti perkembangan teknologi baru serta peraturan yang mengaturnya, akan menjadi sangat penting agar tetap berharga. Posisi yang lebih teknis dalam profesi spesialis telekomunikasi diperkirakan akan tumbuh sekitar 53 persen selama 10 tahun ke depan .

Pekerjaan bidang telekomunikasi melonjak dari pertengahan 1990-an hingga beberapa tahun pertama abad ke-21. Ponsel, ponsel pintar (smartphone), telepon VoIP dan layanan telepon kabel memungkinkan untuk komunikasi dua arah suara, pesan suara dan fax menggunakan protokol jaringan komputer, tidak lagi menggunakan public switched telephone network ( PSTN ).

Insinyur juga mencari metode untuk memperluas kapasitas di sektor telekomunikasi nirkabel untuk meningkatkan akses internet pada ponsel pintar. Dengan koneksi yang lebih cepat, konsumen akan dapat melakukan lebih banyak fungsi pada ponsel yang mereka gunakan untuk melakukan secara eksklusif pada PC.

Video, musik dan perangkat lunak dapat lebih mudah di-download ke ponsel pintar dengan koneksi tersebut, dan ponsel akan dapat menyimpan lebih banyak data sebagai sistem operasi kompak untuk mendapatkan layanan yang lebih canggih . Dengan semua perkembangan ini, mudah untuk melihat bagaimana karir di profesi ini sekarang diklasifikasikan sebagai karir bidang komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *