Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Peluang Kerja Nya

Posted on

Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Peluang Kerja Nya. Lulusan teknik informatika sudah barang tentu masa depannya sudah cerah, hal ini kita dasari dengan semakin berkembangnya teknologi digital. semua aktivitas manusia sudah terganting dengan teknologi. Sehingga lulusan informatika tidak kebingungan lagi dalam mencari pekerjaan, bahkan bisa jadi pekerjaan yang mencarinya.

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan  informasi yang dapat meliputi transformasi data atau  pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin. Kemampuan utama yang akan dimiliki seorang mahasiswa jurusan teknik informatika adalah kemampuan untuk berpikir logis dan terstruktur.

Pada perkembangan teknik informatika saat ini, mahasiswa jurusan teknik informatika dibantu untuk menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan kemampuan untuk memahami, menganalisis dan menilai, menerapkan serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan data dengan komputer.

teknik-informatika

Apa Yang Dipelajari Saat Kuliah Jurusan Teknik Informatika ?

Secara umum, mata kuliah utama yang akan di terima mahasiswa jurusan teknik informatika adalah Algoritma, matematika diskrit, Aljabar, Metode Numerik, bahasa pemrograman, database, jaringan, kecerdasan buatan, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Informasi Manajemen, Arsitektur Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, GIS, Sistem Operasi, dsb.

Teknik informatika memiliki beberapa program peminatan, sebagai contoh di Universitas Padjadjaran terdapat 4 peminatan studi yaitu Sistem Informasi, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Sistem Cerdas dan Grafika Komputer, serta Komputasi dan Metode Numerik.

Baca Juga :

Peluang Kerja Lulusan Teknik Informatika

Seorang lulusan jurusan teknik informatika diharapkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak (software) untuk berbagai keperluan, menganalisis sistem dalam suatu organisasi, perusahaan atau instansi pemerintah dan membuat sebuah sistem yang terintegrasi dengan menggunakan perangkat lunak.
Beberapa posisi kerja yang dapat di ambil oleh seorang sarjana teknik informatika misalnya sebagai Capacity Planning Supervisor, Database Administrator, Customer Service Supervisor, Data Communication Assisstent Manager, Data Entry Supervisor dan lain sebagainya.
Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya, lulusan jurusan teknik informatika memiliki peluang kerja yang dapat digambarkan secara ringkas sebagai berikut:

Tenaga Pendidik

Jumlah tenaga pendidik teknik informatika saat ini boleh dikatakan masih kurang, terutama untuk daerah-daerah yang baru mulai berkembang. Lulusan teknik informatika bisa menjadi guru di sekolah-sekolah teknik. Peluang menjadi dosen juga masih sangat terbuka sehubungan dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang di buka di seluruh Indonesia, namun untuk menjadi dosen sarjana teknik informatika harus melanjutkan studinya ke jenjang S2.

Pegawai Negeri Sipil

Dalam era digital saat ini, bisa dikatakan tidak ada lembaga, perusahaan atau organisasi yang tidak memanfaatkan bidang informatika. Demikian pula dengan pemerintah, bisa dikatakan semua institusi, lembaga, dan badan pemerintah membutuhkan praktisi teknik informatika. Namun tentu saja yang paling membutuhkan lulusan teknik informatika adalah Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Badan Usaha Milik Negara

Sama seperti institusi pemerintahan, semua badan usaha milik negara juga membutuhkan lulusan jurusan teknik informatika, terutama seperti PLN dan Telkom. Selain itu BUMN yang bergerak di bidang Perkebunan, Kehutanan dan lain sebagainya juga dapat dimasuki lulusan teknik informatika.

Sektor Swasta

Sektor swasta sangat banyak memerlulukan lulusan teknik informatia, sebagai mana jamak kita ketahui, internet sudah seperti air bagi masyarakat modern. Tidak ada hari tanpa internet, dan lulusan teknik informatika adalah salah satu kelompok orang yang paling paham dengan internet. Banyak sekali perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi informasi yang membutuhkan lulusan teknik informatika, sebagi contoh adalah Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan Esia dan lain sebagainya.
Peluang yang relatif besar juga tersedia di luar negeri, tentunya untuk lulusan yang memiliki kemampuan lebih. Bekerja di luar negeri biasanya menjanjikan kesejahteraan yang lebih tinggi. Bahkan, lulusan teknik informatika bisa bekerja secara global semengara dia duduk di depan komputer di dalam rumahnya sendiri.

Internet Marketing

Internet Marketing bisa dikatakan adalah bidang yang paling menggiurkan dari internet. Sudah cukup banyak orang-orang yang mendapatkan uang ratusan juta perbulan dari usaha internet marketing, bahkan sebagian dari orang-orang tersebut adalah orang Indonesia. Banyak program yang bisa teman-teman ikuti untuk usaha internet marketing, misalnya Adsense yang paling terkenal, Chitika, Amazon, Infolink, Kliksaya (Indonesia), dan lain sebagainya. Atau, bisa juga lulusan teknik informatika menjual jasa di internet.

Kesimpulannya, jurusan ini adalah yang paling potensial jika teman-teman ingin cepat mandiri (kaya), karena potensinya yang begitu luas.

Demikianlah sedikit uraian tentang kuliah jurusan teknik informatika dan peluang kerja jurusan teknik informatika ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman yang sedang mencari jurusan yang paling sesuai dengan minat dan bakat teman-teman.

Related Ilmu Teknik:
fisika dasar teknik informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *