Hal yang Perlu Kita Tahu Tentang Teknik Industri

Posted on

Teknik industri adalah salah satu bidang yang paling terkenal dalam dunia keteknikan. Banyak lulusan SMA ingin masuk jurusan teknik ini di perguruan tinggi. Namun ternyata banyak dari mereka tidak tahu seperti apa sebenarnya jurusan teknik industri itu. Bahkan banyak dari mereka yang tertarik di bidang ini hanya karena mereka berpikir kalau jurusan kuliah teknik industri adalah jurusan yang sangat maenjanjikan dan termasuk jurusan kuliah yang keren.

Bahkan mungkin cukup banyak mahasiswa teknik industri tahun-tahun pertama yang masih tidak tahu arti dari bidang teknik industri. Berikut adalah 6 hal yang harus Kita tahu  jika Kita berencana untuk masuk ke jurusan teknik industri

6 Fakta Tentang Teknik Industri

Teknik Industri merupakan turunan dari teknik mesin

Teknik industri memiliki sejarah panjang. Tapi Kita perlu tahu bahwa teknik industri sebenarnya merupakan turunan dari teknik mesin. Orang yang mula-mula merintis pengembangan ilmu teknik ini industri dalam sejarah modern adalah seorang insinyur mekanik. Program teknik industri pertama di dunia juga  merupakan bagian dari teknik mesin juga. Karena itu, tidak aneh jika banyak program teknik industri saat ini berada di departemen yang sama dengan teknik mesin.

Teknik Industri bukanlah ilmu teknik dasar, tapi tapi teknik interdisipliner

Teknik industri biasanya terletak di fakultas yang sama dengan teknik mesin, teknik kimia, dll Tapi Kita harus tahu bahwa berbeda dengan  teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, dan teknik elektro yang merupakan ilmu keteknikan dasar, teknik industri adalah ilmu teknik interdisipliner. Ini berarti teknik industri melibatkan banyak ilmu atau disiplin ilmu. Ilmu ini termasuk ilmu matematika dan fisika (seperti teknik lainnya), fisiologi dan bahkan ilmu sosial seperti psikologi. Contoh lain dari bidang teknik interdisipliner adalah teknik biologi, teknik nuklir, teknik perminyakan, teknik pertanian dan sebagainya.

Teknik Industri melibatkan banyak prinsip-prinsip manajemen, tetapi hanya manajemen saintifik

Teknik industri secara luas dikenal sebagai perpaduan antara teknik dan manajemen. Teknik industri memang melibatkan banyak prinsip-prinsip manajemen. Tapi Kita harus tahu bahwa manajemen dalam teknik industri hanya melibatkan manajemen saintifik. Selain manajemen, teknik industri juga mempelajari ilmu-ilmu sosial lainnya seperti psikologi. Namun, sama seperti manajemen, psikologi yang digunakan hanya pendekatan psikologis yang menerima metode ilmiah. Ini adalah psikologi kognitif. Jadi kesimpulannya, meskipun ilmu ini melibatkan ilmu-ilmu sosial, teknik industri masih sangat ilmiah.

Teknik Industri tidak hanya tentang manufaktur

Teknik industri sering menggunakan industri manufaktur sebagai model. Salah satu alasannya adalah karena teknik industri sangat berorientasi ke Toyota. Tapi yang kita harus tahu adalah bahwa teknik industri tidak hanya tentang industri manufaktur. Pengetahuan ini dapat diterapkan di semua jenis industri mulai dari industri pertambangan, industri minyak & gas, industri transportasi, industri jasa dan sebagainya. Sebenarnya, teknik industri dapat juga diterapkan dalam sistem apapun apakah itu bidang industri atau tidak. Oleh karena itu, bidang ini juga sering disebut sebagai rekayasa sistemik. Sistem manufaktur yang paling sering digunakan sebagai sistem model karena sistem ini adalah yang paling konkret, terlihat, dan teraba.

Sarjana Teknik Industri adalah salah satu insinyur dengan gaji tertinggi

Apakah Kita ingin tahu tentang latar belakang pendidikan yang memiliki prospek cerah? Anda harus tahu bahwa jurusan kuliah teknik industri adalah salah satu dari jurusan kuliah dengan prospek lapangan kerja yang paling cerah. Menurut survei di beberapa negara, lulusan teknik industri adalah salah satu yang memiliki gaji tertinggi.

Teknik industri adalah bidang teknik dengan peluang kerja yang luas

Banyak orang ingin tahu tentang apa jenis pekerjaan yang cocok untuk insinyur teknik industri. Teknik industri adalah bidang teknik dengan kesempatan kerja yang luas. Banyak lulusan teknik industri menjadi profesional dalam bidang industri, konsultan, peneliti, dosen, dan bahkan pengusaha karena insinyur teknik industri dikenal sense of business yang terbaik di antara para insinyur.

Sarjana teknik industri dapat bekerja di berbagai jenis industri seperti manufaktur, pertambangan, minyak & gas, konstruksi dan bahkan jasa. Berbeda dengan insinyur lain, dalam industri, insinyur industri dapat ditemukan di banyak divisi mulai dari divisi yang berhubungan langsung dengan produksi seperti divisi produksi, teknik, quality control dan pergudangan, untuk divisi yang mendukung bidang produksi seperti SHE (safety), pemeliharaan, SCM, perencana biaya, R & D, dan pembelian, dan bahkan divisi yang tidak biasanya tersentuh oleh insinyur seperti HR, pemasaran, dll

Related Ilmu Teknik:
Gambar teknik merakit,Pengertian reak gear teknik pemesinan,soal mekanika teknik kelas 10,contoh soal pilihan ganda mesin frais kelas 12 SMK,kelebihan dan kekurangan teknik mesin,lapangan pekerjaan teknik elektronika,makalah tentang pekerjaan teknik,peluang kerja teknik eletronika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *