60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Posted on

Contoh Soal dan Uraian Energi

  1. Apa yang dimaksud dengan motor listrik?

Jawaban : Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor listrik digunakan untuk kebutuhan rumah tangga (mixer, bor listrik, kipas angin) dan juga kebutuhan industri (memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, dll).

  1. Jelaskan mekanisme kerja motor listrik secara umum!

Jawaban :

  • Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya.
  • Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
  • Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/torque untuk memutar kumparan.
  • Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.
  1. Apa yang dimaksud dengan motor arus searah? Jelaskan!

Jawaban : Motor arus searah, sebagaimana namanya, menggunakan arus langsung (DC) yang tidak langsung/direct-unidirectional. Motor DC digunakan pada penggunaan khusus dimana diperlukan penyalaan torque yang tinggi atau percepatan yang tetap untuk kisaran kecepatan yang luas.

  1. Apa yang dimaksud dengan motor arus bolak-balik? Jelaskan!

Jawaban : Motor arus bolak-balik menggunakan arus listrik (AC) yang membalikkan arahnya secara teratur pada rentang waktu tertentu. Motor listrik memiliki dua buah bagian dasar listrik: “stator” dan “rotor”. Stator merupakan komponen listrik statis dan rotor merupakan komponen listrik berputar untuk memutar as motor.

  1. Sebutkan kelompok beban motor listrik menurut BEE India, 2004!

Jawaban :

  • Beban torque konstan adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya namun torquenya tidak bervariasi.
  • Beban dengan variabel torque adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatan operasi.
  • Beban dengan energi konstan adalah beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan.
  1. Apa yang dimaksud dengan generator?

Jawaban : Generator adalah alat untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Generator merupakan kebalikan dari motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

  1. Apa yang dimaksud dengan generator penguat terpisah?

Jawaban : Generator tipe penguat bebas dan terpisah adalah generator yang lilitan medannya dapat dihubungkan ke sumber DC yang secara listrik tidak tergantung dari mesin.

  1. Apa yang diperlukan pada generator shunt untuk mendapatkan penguatan sendiri?

Jawaban :

  • Adanya sisa magnetik pada sistem penguat.
  • Hubungan dari rangkaian medan pada jangkar harus sedemikian, hingga arah medan yang terjadi, memperkuat medan yang sudah ada.
  1. Apa yang dimaksud dengan turbin gas?

Jawaban : Turbin gas adalah sebuah mesin panas (mesin kalor) pembakaran dalam, yang mengkonversi energi kimia ke energi panas dan energi panas dikonversi menjadi energi mekanik.

  1. Apa perbedaan dan persamaan antara motor bakar dan turbin gas?

Jawaban : Perbedaan motor bakar dan turbin gas terletak pada kontruksinya. Motor bakar kebanyakan bekerja gerak bolak (reciprocating), sedangkan turbin gas adalah mesin rotasi. Proses kerja motor bakar bertahap (intermiten), sedangkan turbin gas adalah kontinu dan gas buang pada motor bakar tidak pernah dipakai untuk gaya dorong. Persamaannya adalah sama-sama mesin kalor pembakaran dalam.

Untuk melanjutkan membaca contoh soal tentang energi dan pembahasannya silahkan lanjutkan ke page 5. ( Contoh Soal Energi No 41 – 50 )

Related Ilmu Teknik:
contoh soal dan jawaban teknik tenaga listrik,soal motor listrik pilihan ganda,soal dan jawaban konversi energi,contoh soal dan jawaban mesin konversi energi,contoh soal dan jawaban rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,contoh soal tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal hand tools,contoh soal perhitungan turbin air,kapasitor bertuliskan 2A474J100 mempunyai nilai,contoh soal dan jawaban teknik pengelasan,soal pilihan ganda sistem pengapian dan jawabannya,soal essay dan jawaban sistem pengapian,contoh soal produk rekayasa pembangkit listrik sederhana,contoh soal rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,soal sistem pengapian beserta jawabannya,contoh soal pilihan ganda tentang stres,pertanyaan tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal pilihan ganda tentang pentanahan beserta kunci jawaban,soal essay CNC beserta jawaban,contoh soal pilihan ganda tentang motor listrik

One thought on “60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *