60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Posted on

Conto Soal dan Jawaban Energi

  1. Apa yang dimaksud dengan reaksi fisi nuklir?

Jawaban : Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya. Reaksi ini menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik.

  1. Apa yang dimaksud dengan motor bakar? Jelaskan!

Jawaban : Motor bakar disebut juga mesin kalor, merupakan salah satu jenis mesin penggerak yang banyak dipakai. Di dalam motor bakar terjadi konversi energi kimia (bahan bakar) ke energi kalor (hasil pembakaran) dan ke energi mekanik.

  1. Mengapa motor bakar disebut juga sebagai mesin kalor pembakaran dalam?

Jawaban : Motor bakar disebut mesin kalor pembakaran dalam karena proses pembakarannya terjadi dalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran yang terjadi merupakan fluida kerjanya juga.

  1. Apa yang dimaksud dengan mesin kalor pembakaran luar?

Jawaban : Mesin kalor pembakaran luar yaitu mesin kalor yang cara memperoleh energi dengan proses pembakaran di luar. Contoh: mesin uap, dimana energi kalor diperoleh dari pembakaran luar, kemudian dipindahkan ke fluida kerja melalui bdinding pemisah.

  1. Apa keuntungan dari penggunaan mesin kalor pembakaran dalam?

Jawaban :

  • Kontruksinya lebih sederhana
  • Tidak memerlukan fluida kerja yang banyak
  • Efesiensi totalnya tinggi
  1. Apa keuntungan dari penggunaan mesin kalor pembakaran luar?

Jawaban :

  • Bahan bakar yang digunakan lebih beragam (dari bahan bakar padat sampai bahan-bakar gas), sehingga mesin pembakaran luar banyak dipakai untuk keluaran daya yang besar dengan bahan bakar murah.
  • Pembangkit tenaga listrik banyak menggunakan mesin uap, namun untuk transportasi mesin uap tidak banyak dipakai karena kontruksinya yang besar dan memerlukan fluida kerja yang banyak.
  1. Apa perbedaan antara motor bensin dan motor diesel?

Jawaban :

  • Motor bensin termasuk ke dalam jenis motor bakar torak. Proses pembakaran menggunakan bahan bakar dan udara di dalam silinder (internal combustion engine). Motor bakar bensin dilengkapi dengan busi dan karburator.
  • Motor diesel tipe penyalaannya dengan kompresi, dimana pada langkah hisap hanya udara yang dimasukkan kedalam ruang bakar dan pada saat menjelang langkah kompresi berakhir bahan bakar disemprotkan (injeksi) dan dengan tekanan dan temperatur yang tinggi, sehingga terjadilah pembakaran.
  1. Jelaskan proses siklus 4 langkah!

Jawaban :

  • Pada langkah ini, piston bergerak dari TMA menuju TMB, katup hisap terbuka sedangkan katup buang masih tertutup, terjadi pemasukan campuran bahan bakar.
  • Piston bergerak dari TMB menuju TMA, kedua katup hisap dan buang tertutup (dikompresi, volume turun, tekanan dan temperatur naik, sangat mudah terbakar). Sebelum piston sampai TMA dilakukan pembakaran.
  • Langkah kerja atau langkah ekspansi (mendorong piston) volume gas pembakaran bertambah besar dan tekanan menjadi turun.
  • Proses pengeluaran gas pembakaran disebut dengan langkah buang, yaitu setelah langkah (3) sebelum piston mencapai TMB katup buang dibuka, katup masuk masih tertutup. Kemudian piston bergerak lagi menuju ke TMA mendesak gas pembakaran keluar melalui katup buang.
  1. Jelaskan proses siklus 2 langkah!

Jawaban :

  • Langkah pertama setelah terjadi pembakaran, piston bergerak dari TMA menuju TMB melakukan ekspansi, lubang buang mulai terbuka. Karena tekanan di dalam silinder lebih besar dari lingkungan, gas pembakaran keluar melalui lubang buang. Piston terus begerak menuju TMB, lubang buang semakin terbuka dan saluran bilas mulai terbuka.
  • Langkah kedua setelah proses pembilasan selesai, campuran bahan bakar masuk ke dalam silinder kemudian dikompresi, posisi piston menuju TMA. Sesaat sebelum piston sampai di TMA campuran bahan bakar dan udara dinyalakan, sehingga terjadi proses
  1. Apa yang dimaksud dengan torsi dan besaran torsi?

Jawaban :Torsi adalah ukuran kemampuan mesin untuk melakukan kerja, jadi torsi adalah suatu energi. Sedangkan besaran torsi adalah besaran turunan yang biasa digunakan untuk menghitung energi yang dihasilkan dari benda yang berputar pada porosnya.

Untuk melanjutkan membaca contoh soal tentang energi dan pembahasannya silahkan lanjutkan ke page 4. ( Contoh Soal Energi No 31 – 40 )

Related Ilmu Teknik:
contoh soal dan jawaban teknik tenaga listrik,soal motor listrik pilihan ganda,soal dan jawaban konversi energi,contoh soal dan jawaban mesin konversi energi,contoh soal dan jawaban rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,contoh soal tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal hand tools,contoh soal perhitungan turbin air,kapasitor bertuliskan 2A474J100 mempunyai nilai,contoh soal dan jawaban teknik pengelasan,soal pilihan ganda sistem pengapian dan jawabannya,soal essay dan jawaban sistem pengapian,contoh soal produk rekayasa pembangkit listrik sederhana,contoh soal rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,soal sistem pengapian beserta jawabannya,contoh soal pilihan ganda tentang stres,pertanyaan tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal pilihan ganda tentang pentanahan beserta kunci jawaban,soal essay CNC beserta jawaban,contoh soal pilihan ganda tentang motor listrik

One thought on “60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *