60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Posted on

Contoh Soal dan Pembahasan tentang Energi (11-20)

11. Apa yang dimaksud dengan kualitas tenaga?

Jawaban : Kualitas tenaga (eksergi) didefinisikan sebagai kemungkinan kerja maksimum yang dihasilkan dari suatu sistem yang mengalami proses dapat balik dari kondisi awal yang spesifik ke kondisi sekeliling (Moran & Shapiro 1995).

12. Sebutkan dasar-dasar proses konversi energi!

Jawaban :

  • Sistem termodinamika
  • Besaran-besaran sistem termodinamika dan keadaan sistem
  • Besaran-besaran pokok termodinamika

13. Dalam termodinamika, besaran sistem dibagi menjadi dua yaitu besaran ekstensif dan besaran intensif. Apa yang dimaksud dengan besaran ekstensif dan besaran intensif?

Jawaban : Besaran ekstensif adalah besaran yang dipengaruhi oleh massa atau mol sistem. Contoh volume, kapasitas panas, kerja, entropi.

Besaran intensif adalah besaran yang tidak dipengarui oleh massa sistem. Contoh tekanan, temperatur, dan lainnya.

14. Jelaskan sifat-sifat umum energi!

Jawaban :

  • Transformasi energi, artinya energi bisa diubah menjadi bentuk lain. Misalnya energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin.
  • Transfer energi. Contoh: energi panas (heat) dapat ditransfer dari tempat satu ke tempat lainnya atau dari material satu ke material lainnya.
  • Energi dapat pindah ke benda lain melalui sutu gaya yang menyebabkan pergeseran atau sering disebut dengan energi mekanik.
  • Energi adalah kekal, tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan (Hukum Kekekalan Energi)
  1. Energi mekanik putaran poros paling sering digunakan pada mesin konversi energi, dan hampir sebagian besar mesin konversi adalah mesin rotari. Mengapa demikian?

Jawaban :  Karena perbandingan gerak putaran poros (mesin rotari) dibanding dengan putaran bolak-balik (reciprocating) sebagai transfer energi atau kerja, mempunyai efisiensi mekanik yang tinggi, getaran yang rendah, dan tidak banyak memerlukan komponen mesin yang rumit. Energi atau kerja langsung bisa ditransfer atau diterima perlatan tanpa perlatan tambahan.

  1. Jelaskan prinsip kerja dari kompor matahari!

Jawaban :  Prinsip kerja dari kompor matahari adalah dengan memfokuskan panas yang diterima dari matahari pada suatu titik, menggunakan sebuah cermin cekung besar sehingga didapatkan panas yang besar yang dapat digunakan untuk menggantikan panas dari kompor minyak atau kayu bakar.

  1. Apa yang dimaksud dengan fotovoltaik?

Jawaban : Fotovoltaik (PV) adalah metode pembangkit tenaga listrik dengan mengubah radiasi matahari menjadi listrik arus searah dengan menggunakan semikonduktor yang memperlihatkan efek fotovoltaik. Efek Fotovoltaik adalah konversi langsung cahaya menjadi listrik pada tingkat atom.

  1. Respon fotovoltaik sel-tunggal-junction terbatas pada bagian spektrum matahari yang energinya berada di atas band gap dari bahan yang menyerap, dan lebih rendah energi foton yang tidak digunakan, sehingga efisiensinya kecil. Bagaimana cara menyiasati hal tersebut?

Jawaban :  Cara menyiasati hal tersebut adalah dengan menggunakan dua (atau lebih) sel yang berbeda, dengan lebih dari satu band gap dan lebih dari satu junction, untuk menghasilkan tegangan. Ini disebut sebagai sel “multijunction” (juga disebut “cascade” atau “tandem” sel). Perangkat multijunction dapat mencapai efisiensi konversi total yang lebih tinggi karena dapat mengkonversi spektrum energi cahaya yang lebih menjadi listrik.

  1. Sebut dan jelaskan sumber-sumber energi!

Jawaban :

  • Sumber energi primer adalah sumber energi yang diperoleh secara langsung dari perut bumi, yang tersimpan sebagai bahan bakar fosil
  • Sumber energi nuklir adalah sumber energi yang juga diperoleh dari bumi, yang tersimpan sebagai bahan radioaktif
  • Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang bisa didapatkan secara terus-menerus. Sumber tenaga ini dihasilkan dari proses fenomena alam, oleh sebab itu sering disebut tenaga alam
  1. Apa yang dimaksud dengan reaksi fusi nuklir?

Jawaban : Reaksi fusi nuklir atau reaksi termonuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi. Reaksi fusi menghasilkan radiasi sinar alfa, beta dan gamma.

Untuk melanjutkan membaca contoh soal tentang energi dan pembahasannya silahkan lanjutkan ke page 3. ( Contoh Soal Energi No 21 – 30 )

Related Ilmu Teknik:
contoh soal dan jawaban teknik tenaga listrik,soal motor listrik pilihan ganda,soal dan jawaban konversi energi,contoh soal dan jawaban mesin konversi energi,contoh soal dan jawaban rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,contoh soal tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal hand tools,contoh soal perhitungan turbin air,kapasitor bertuliskan 2A474J100 mempunyai nilai,contoh soal dan jawaban teknik pengelasan,soal pilihan ganda sistem pengapian dan jawabannya,soal essay dan jawaban sistem pengapian,contoh soal produk rekayasa pembangkit listrik sederhana,contoh soal rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,soal sistem pengapian beserta jawabannya,contoh soal pilihan ganda tentang stres,pertanyaan tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal pilihan ganda tentang pentanahan beserta kunci jawaban,soal essay CNC beserta jawaban,contoh soal pilihan ganda tentang motor listrik

One thought on “60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *