60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Posted on

Kumpulan Soal dan Pembahasan Energi. Berikut ini kami bagikan 60 soal tentang energi langsung dengan pembahasannya, agar mudah digunakan sebagai pembelajaran. Kumpulan contoh soal ini terbagi dalam 6 halaman.

Contoh Soal dan Pembahasan Energi

1. Apa yang dimaksud dengan energi?

Jawaban : Energi adalah potensi atau kemampuan untuk melakukan suatu kerja

2. Setiap bentuk energi, mempunyai kemampuan yang tersendiri untuk melakukan kerja. Apa saja bentuk-bentuk energi yang dimaksud?

Jawaban :

  • Energi mekanik, yang di dalamnya terkandung energi kinetik dan energi potensial
  • Energi listrik
  • Energi kimia
  • Energi panas
  • Energi foton

3. Apa yang anda ketahui mengenai energi kinetik? Jelaskan!

Jawaban : Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu jasad/benda yang disebabkan oleh pergerakannya disebut tenaga kinetik. Besarnya energi ini sama dengan kerja yang diperlukan untuk menghentikan jasad yang sedang bergerak. Jasad bermassa m yang bergerak dengan laju v dikatakan mempunyai tenaga : Objek yang bergerak dengan laju tertentu (contoh: air sungai, angin) mempunyai tenaga kinetik dan dengan itu mampu melakukan kerja mekanik.

4. Apa yang anda ketahui mengenai energi potensial? Jelaskan!

Jawaban : Energi potensial adalah kapasitas suatu jasad atau sistem jasad untuk melakukan kerja (mengeluarkan tenaga). Energi potensial yang terdapat pada objek bermasa (m) yang berada pada suatu ketinggian (h), dan percepatan gravitasi bumi (g), dapat ditulis sebagai berikut:

rumus-energi-potensial

5. Apa yang anda ketahui mengenai energi listrik? Jelaskan!

Jawaban :  Energi listrik adalah energi yang terkait dengan gerak suatu muatan (elektron). Kecepatan gerakan muatan untuk melintasi sesuatu luasan per satuan waktu disebut arus (i), potensi untuk menggerakan sesuatu muatan atau beda potensial antar muatan disebut voltase (V), dan besarnya voltase, tergantung dari pada rintangan (R) yang dilalui arus.

rumus-energi-listrik

6. Apa yang anda ketahui mengenai energi kimia? Jelaskan!

Jawaban : Energi kimia ialah tenaga yang diserap atau dibebaskan sewaktu terjadinya reaksi kimia. Asas energi kimia ialah energi ikatan molekul, ikatan hidrogen, ikatan logam, ikatan ion dan ikatan kovalen. Contoh: Energi ikatan kimia dari bahan bakar dibebaskan di dalam proses pembakaran pada suhu bakar/ suhu pengapian.

rumus-energi-kimia

Pembakaran disebut reaksi redoks (reduksi-oksidasi)

7. Apa yang anda ketahui mengenai energi panas? Jelaskan!

Jawaban : Energi panas/kalor adalah energi yang disebabkan oleh perubahan suhu suatu jasad atau benda alir. Energi ini juga dapat didefinisikan sebagai tenaga yang dipindahkan antara dua sistem karena perbedaan suhu. Konsep kerja tenaga kalor dituangkan di dalam Hukum Termodinamika II. Tenaga panas untuk proses yang dapat balik, dapat dinyatakan sebagai berikut:

hukum-energi-panas

untuk

S  = entropi
Q = kalor
T = temperatur
kB = konstanta Boltzmann’s
Ω = nomor mikrostat (nomor susunan molekul)

8. Apa yang anda ketahui mengenai energi foton? Jelaskan!

Jawaban : Energi foton atau energi radiasi dapat dijelaskan dengan teori kuantum Planck’s dari cahaya. Energi gelombang sinar yang sangat pendek tidak bisa dinyatakan dengan teori umum dari gelombang elektromagnet, karena foton merupakan unit energi yang sangat kecil (partikelnya bermassa dan bermuatan (charge) kosong).

E = h.v

E = energi
h = konstanta Planck’s
v = frekuensi radiasi

Hukum Radiasi Planck’s menyatakan energi dari radiasi jasad hitam dengan distribusi panjang gelombang

hukum-radiasi-plancks

Eλ,b = tenaga per satuan luas, per waktu, per unit panjang gelombang
h      = konstanta Planck’s
kB    = konstanta Boltzmann’s
cO     = laju cahaya di dalam ruang hampa
λ      = panjang gelombang
T     = suhu jasad hitam

Panjang gelombang maksimum atau intensitas maksimum daripada radiasi jasad hitam, diperoleh jika  Eλ,b kosong. Hukum Wien’s menyatakan bahawa panjang gelombang maksimum berbading berbalik dengan suhu:

hukum-wiens

Jumlah energi foton radiasi jasad hitam didapat dari Integrasi Hukum Radiasi Planck’s:

hukum-radiasi-planks

dengan σ = konstanta Stefan-Boltzmann

9. Apa yang dimaksud dengan energi potensial sel galvanik? Jelaskan!

Jawaban : Energi potensial sel galvanik adalah energi elektrokimia yang dihasilkan oleh reaksi redoks di dalam sel-sel elektroda. Energi potensial dalam sel diubah menjadi tenaga listrik dan menghasilkan daya elektromotif (emf) dalam bentuk potensial sel elektroda (sel tegangan). Sel tegangan secara umum dinyatakan dengan persamaan Nernst:

persamaan-nernst

dimana

E*= sel elektroda standar
R  = konstanta gas ideal
T  = temperatur
z  = jumlah muatan (jumlah elektron)
F  = konstanta Faraday
Q  = perbandingan atau rasio aktivitas pereduksi dan pengoksidasi

10. Apa yang dimaksud dengan energi potensial termal? Jelaskan!

Jawaban : Energi potensial termal dapat ditunjukan dengan persamaan-persamaan termodinamik dan dapat disebut juga sebagai potensial termodinamik. Energi dalam (U), adalah energi mikroskopik yang berhubungan dengan struktur molekul dan tingkat aktivitas molekul dari jasad atau sistem jasad. Pada analisis termodinamik H =U+p.V, disebut enthalpi (H). Sebagaimana persamaan Gibb’s yang menyatakan tenaga Gibb’s dengan entalpi (H), suhu (T), dan entropi (S)

persamaan-gibbs

Baca Juga :

 

 

Untuk melanjutkan membaca contoh soal tentang energi dan pembahasannya silahkan lanjutkan ke page 2. ( Contoh Soal Energi No 11 – 20 )

Related Ilmu Teknik:
contoh soal dan jawaban teknik tenaga listrik,soal motor listrik pilihan ganda,soal dan jawaban konversi energi,contoh soal dan jawaban rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,contoh soal dan jawaban mesin konversi energi,contoh soal tentang pembangkit listrik tenaga angin,contoh soal dan jawaban teknik pengelasan,contoh soal hand tools,soal essay dan jawaban sistem pengapian,contoh soal perhitungan turbin air,soal pilihan ganda sistem pengapian dan jawabannya,kapasitor bertuliskan 2A474J100 mempunyai nilai,contoh soal pilihan ganda tentang stres,soal sistem pengapian beserta jawabannya,contoh soal pilihan ganda tentang motor listrik,contoh soal rekayasa dan kewirausahaan pembangkit listrik sederhana,contoh soal sifat mekanik bahan beserta jawabannya,contoh soal produk rekayasa pembangkit listrik sederhana,soal essay sistem pendingin,contoh soal sifat mekanik bahan

One thought on “60 Contoh Soal Energi dan Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *