Prinsip Dasar Power Supply atau Catu Daya

Posted on

Prinsip Dasar Power Supply atau Catu Daya. Secara definisi, power supply adalah suatu alat atau perangkat keras yang digunakan untuk menyuplai tegangan listrik atau tenaga secara langsung dari sumber tegangan menuju ke tegangan listrik yang lainnya. Hampir semua perangkat elektronik termasuk komputer selalu menggunakan alat yang satu ini.

Tak sedikit orang menyebut power supply sebagai catu daya. Inti dari power supply ini sebenarnya adalah untuk membagi-bagi tegangan listrik yang didapat menuju ke bagian-bagian dari alat elektronik yang membutuhkan tegangan dalam jumlah tertentu. Oleh sebab itu power supply juga bisa disebut sebagai Electric Power Converter.

Nah, pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat informasi terbaru mengenai pengertian atau definisi power supply sampai dengan fungsinya. Buat anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lebih lengkap, langung saja simak ulasan

Power Supply

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa power supply adalah suatu perangkat keras atau alat listrik yang dapat digunakan untuk menyediakan energi listrik bagi perangkat listrik ataupun elektronika lainnya. Power supply dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yakni berdasarkan fungsi, bentuk, dan metode konversinya.

1. Power Supply Berdasarkan Fungsinya

Jika dilihat dari fungsinya, power supply dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yakni Regulated Power Supply, Unregulated Power Supply, dan juga Adjustable Power Supply. Regulated Power Supply adalah jenis power supply yang dapat menjaga kestabilan tegangan serta arus listrik walau terdapat perubahaan pada beban ataupun sumber listrik.

Unregulated Power Supply adalah jenis power supply yang arus listriknya dapat berubah-ubah saat beban atau sumber listriknya mengalami perubahan. Sedangkan Adjustable Power Supply adalah jenis power supply tegangan dan arus listriknya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

2. Power Supply Berdasarkan Bentuknya

Jika dilihat dari bentuknya, power supply dapat dibedakan menjadi dua, yakni power supply build up dan power supply stand alone. Power supply build up adalah power supply yang menyatu dengan rangkaian lainnya seperti power supply televisi dan DVD. Sedangkan power supply stand alone adalah power supply yang berdiri sendiri seperti yang ada pada laptop.

3. Power Supply Berdasarkan Metode Konversinya

Jika dilihat dari metode konversinya, power supply dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni Power Supply Linier yang dapat mengkonversi tegangan listrik secara langsung dari input, dan Power Supply Switching yang harus mengkonversi tegangan input ke pulsa AC ataupun DC terlebih dulu.

Fungsi Power Supply

Fungsi utama dari power supply sendiri adalah memberikan supplay tegangan dari tenaga listrik yang diperoleh oleh power supply itu sendiri menuju ke bagian-bagian elektronik yang membutuhkan sumber tegangan. Besarnya output power supply sendiri tergantung dari rangkaian yang ada di dalamnya. Jadi bisa juga dikatakan bahwa power supply memiliki fungsi sebagai pembagi tegangan.

demikian penjelasan tentang power supply semoga bermanfaat untuk kita semua .

Related Ilmu Teknik:
skema power class d 3000w,soal pilihan ganda power tools,makalah power supply pdf,soal pilihan ganda tentang power tools,contoh pertanyaan terkait elektrik power steering,soal pilgan tentang power tool,soal ganda tentang power tools,skema layout power class d 3000w,skema amplifier toa za 1061,pungsi power supply charger DC,pertanyaan sulit tentang power supply,kaki pada irf822,fungsi power supply pada fisika,10 pertanyaan essay tentang power tool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *