Prinsip Dasar Fungsi dan Jenis Robot

Posted on

Prinsip Dasar Fungsi dan Jenis Robot. saya sangat kagum dengan Negara Jepang dimana para ilmuan disana bisa menciptakan robot yang bisa meringankan beban manusia. Anda tertarik memiliki robot sebagai opembantu anda ? atau bahkan tertarik untuk menciptakan robot sendiri, entahlah semoga kemajuan ilmu pengethuan dan teknologi ini bisa kita ikuti, sehingga bangsa kita tidak selalu menjadi konsumen tapi bisa menjadi produsen teknologi.

Dikutip dari Wikipedia, robot adalah alat mekanik yang mampu melakukan tugas-tugas fisik seperti memindahkan benda dan lain-lain, baik menggunakan pengawasan atau kontrol manusia, ataupun menggunakan suatu program khusus, alias kecerdasan buatan. Sebenarnya robot sendiri berasa dari kata “robota”.

blue-robot

Kata “robota” merupakan bahasa Cheko yang artinya kuli atau pekerja yang tak mengenal lelah. Robot sendiri identik dengan teknologi dan kecanggihan. Ada pula yang beranggapan bahwa robot adalah tiruan manusia dari bahan logam yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.

Apa Pengertian Robot

Pemahaman manusia satu dengan yang lain mengenai robot berbeda-beda. Menurut kamus Webster, robot adalah sebuah alat otomatis yang dapat melakukan fungsi tertentu berdasarkan kebutuhan manusia. Sedangkan menurut kamus Oxford, robot merupakan mesin yang diprogram oleh komputer, sehingga dapat melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis.

Dari beberapa macam definisi robot, dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu alat dapat disebut robot apabila dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor), dapat diprogram, dapar melaksanakan beberapa tugas yang berbeda, bekerja secara otomatis, dan memiliki kecerdasaran.

Menurut Robot Institute of America, robot adalah manipulator yang dapat diprogram ulang untuk memindahkan material atau peralatan tertentu guna menjalankan berbagai tugas, serta mengendalikan dan mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya. Itu artinya bahwa robot sangat berkaitan erat dengan industri.

Fungsi Robot

Robot memiliki berbagai macam fungsi sesuai dengan tujuan pembuatan robot itu sendiri. Namun secara umum, robot memiliki fungsi mempermudah pekerjaan manusia. Guna mempermudah pemahaman kita semua mengenai fungsi robot, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh robot secara garis besar.

  • Dalam hal industri, robot dapat meningkatkan produksi, akuras, serta daya tahan
  • Untuk membantu manusia melaksanakan tugas-tugas yang berbahaya, kotor, dan juga beresiko
  • Dalam hal pendidikan, robot banyak digunakan untuk menarik pelajar belajar teknologi
  • Membantu meringankan pekerjaan manusia di rumah seperti membersihkan rumah, menjaga rumah, dan lain sebagainya
  • Membantu meringankan di berbagai sektor pekerjaan seperti pembangunan, rumah sakit, dan lain-lain
  • Sebagai media pertunjukan dan hiburan

Jenis Jenis Robot

Secara umum, robot terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan struktur bentuk dan fungsinya seperti robot mobile (bergerak), robot manipulator (tangan), robot humanoid, flying robot (terbang), robot berkaki, robot jaringan, robot animalia, robot underwater, robot cybord, dan beberapa jenis robot lainnya. Berikut penjelasanannya.

1. Mobile Robot

Mobile robot alias robot bergerak adalah jenis robot yang mampu melakukan perbindahan dari tempat satu ke tempat yang lain. Biasanya robot jenis ini menggunakan penggerak berbentuk roda. Mobile robot banyak digunakan oleh para pemula untuk belajar karena strukturnya yang simpel dan mudah dipelajar. Contoh mobile robot adalah robot line follower.

2. Robot Manipulator

Robot manipulator atau yang juga biasa disebut dengan robot tangan adalah jenis robot yang memiliki struktur berbentuk tangan. Biasanya dalam satu robot manipulator terdapat bagian satu lengan lengkap mulai dari pundak, siku, telapak tangan, dan jari. Robot jenis ini biasa digunakan di bidang industri untuk mengangkat benda-benda berat.

3. Robot Humanoid

Robot humanoid adalah jenis robot yang memiliki bentuk fisik menyerupai tubuh manusia secara utuh mulai dari kepala, badan, lengan, dan kaki. Robot jenis ini biasanya memiliki sensor dan program yang kompleks. Dewasa ini banyak perusahaan teknologi yang membuat robot humanoid untuk dijual secara umum.

4. Flying Robot

Flying robot alias robot terbang merupakan jenis robot yang dapat bergerak di udara seperti burung dan capung. Robot jenis ini biasanya dapat dikendalikan menggunakan remote secara wireless alias tanpa kabel, atau biasa juga berjalan secara otomatis sesuai program yang telah diinputkan.

5. Robot Berkaki

Robot berkaki adalah jenis robot yang dapat bergerak dan berpindah tempat dengan menggunakan kaki-kaki seperti laba-laba dan kepiting. Jumlah kaki dari robot berkaki ini bermacam-macam dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Robot jenis ini juga biasa disebut sebagai robot serangga.

6. Robot Jaringan

Robot jaringan adalah jenis robot yang menggunakan jaringan internet dengan protokol TCP/IP. Adanya robot jenis ini dipicu oleh perkembang internet yang semakin cepat dan maju. Semua proses kontrol robot ini dilakukan dalam sebuah jaringan secara nirkabel atau wireless.

Demikian artikel tentang Prinsip Dasar Fungsi dan Jenis Robot. semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. saya berharap para ilmuan Indonesia bisa menciptakan robot yang bisa membantu pekerjaan manusia. jika ada masukan serta saran silahkan lewat komentar dibawah ini.

Related Ilmu Teknik:
cara membuat robot jangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *