Perhitungan Rumus Listrik 3 dan 1 Phase

Posted on

Perhitungan Rumus Listrik 3 dan 1 Phase. rumus yang akan kita bahas kali ini berkaitan dengan listrik 1 dan 3 phase Saat mempelajari elektronika dan kelistrikan, kita mengenal yang namanya daya listrik. Bagi anda yang belum tahu, daya listrik adalah laju hantaran energi listrik yang ada dalam sebuah rangkaian listrik. Dalam arus bolak-balik atau arus AC, terdapat 3 jenis daya listrik.

Daya listrik pertama adalah daya listrik semu, kedua adalah daya listrik aktif, dan daya listrik reaktif. Masing-masing jenis daya tersebut memiliki satuan yang berbeda-beda satu sama lain. Misal daya listrik semu memiliki satuan volt ampere, daya listrik aktif memiliki satuan watt, dan daya listrik reaktif memiliki satuan volt ampere reaktif.

Sebelumnya banyak yang bertanya-tanya sebenarnya bagaimana cara mengukur daya listrik, utamanya listrik 3 phase? Perlu diketahui bahwa rumus untuk mengukur daya listrik 1 phase dan 3 phase sedikit berbeda. Bagi anda yang penasaran, bisa langsung simak baik-baik ulasan dari

Rumus Daya Listrik 3 Phase

Sebelum membahas rumus daya listrik 3 phase, sebaiknya anda melihat rumus daya listrik 1 phase terlebih dahulu agar tidak bingung, dan tahu darimana rumus daya listrik 3 phase berasal. Oke, berikut adalah rumus daya listrik 1 phase baik yang semu, aktif, maupun yang reaktif.

daya-listrik-1-phase

Nah, setelah melihat rumus daya listrik 1 phase, berikut adalah rumus daya listrik 3 phase. Perbedaan dua rumus rumus tersebut terletak pada penambahan akar tiga sehingga menghasilkan nilai yang berbeda. Sekedar informasi bahwa akar tiga bernilai 1,73. Berikut informasi lengkapnya.

daya-listrik-3-phase

Itulah tadi rumus daya listrik 3 phase. Rumus tersebut dapat anda terapkan langsung dalam perhitungan daya listrik. Jika anda masih merasa bingung atau ingin menambahkan materi, bisa langsung tinggalkan komentar pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

Sekian informasi mengenai rumus 1 phase dan 3 phase. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia

Related Ilmu Teknik:
soal ulangan kewirausahaan tentang generator dan motor listrik kelas 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *