Perbedaan Rangkaian Seri dan Rangkaian Pararel

Posted on

Perbedaan Rangkaian Seri dan Rangkaian Pararel. Dalam dunia elektronika dan kelistrikan pastinya kita akan mengenal yang namanya rangkaian seri dan rangkaian paralel. Sebenarnya apa berbedaan dari rangkaian-rangkaian tersebut? Buat anda yang ingin tahu jawabannya, langsung saja simak ulasan Belajar Elektronika berikut ini.

Sebelumnya belajar elektronika telah menyinggung terkait rangkaian listrik seri dan paralel. Dalam artikel tersebut sudah dijelaskan apa pengertian dari rangkaian seri dan juga paralel. Dan pada kesempatan yang baik ini, Belajar Elektronika akan fokus membahas perbedaan dari dua rangkaian tersebut.

Perlu diketahui bahwa rangkaian seri dan paralel sebenarnya adalah dua metode atau cara untuk menyalurkan energi listrik. Dua jenis rangkaian tersebut kerap diterapkan pada instalasi listrik rumah ataupun yang lainnya. Perbedaan dari dua jenis rangkaian tersebut terletak pada penyusunan, kelebihan, serta kekurangannya.

1. Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian Seri adalah rangkaian listrik yang komponen-komponennya disusun secara sejajar. Dengan kata lain semua komponen yang ada di rangkaian seri ini terpasang secara berurutan. Untuk lebih jelasnya mengenai rangkaian listrik seri, bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

2. Kelebihan Rangkaian Seri

Ada beberapa kelebihan rangkaian seri diantaranya adalah memiliki kestabilan yang tinggi dalam menghantarkan listrik, lebih praktis dalam pembuatannya karena tidak membutuhkan banyak komponen (kabel), serta lebih mudah dianalisa apabila terjadi kerusakan atau masalah terhadap rangkaian.

3. Kekurangan Rangkaian Seri

Selain memiliki beberapa kelebihan, rangkaian seri juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah sumber tegangan yang digunakan oleh rangkaian seri harus selalu dalam keadaan prima untuk menanggulangi terjadinya masalah tegangan, dan jika terjadi masalah pada satu komponen maka seluruh rangkaian akan kena imbasnya alias mati.

4. Rumus Rangkaian Seri

Aplikasi rangkaian seri ini dapat dilihat dari pemasangan lampu-lampu jalan dan baterai senter. Rumus dari rangkaian seri adalah dengan melakukan penjumlahan seluruh komponen yang ada dalam rangkaian. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar yang ada di bahwa ini.

Rangkaian Paralel

1. Pengertian Rangkaian Paralel

rumus-rangkaian-seri

Rangkaian paralel adalah jenis rangkaian listrik yang disusun dengan cara tidak sebaris alias bercabang. Sehingga input dari rangkaian ini diambil dari sumber yang sama. Tak heran jika komponen (kabel) yang diperlukan untuk memberikan rangkaian paralel lebih banyak dibanding dengan rangkaian seri.

 

2. Kelebihan Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah jika ada salah satu komponen yang rusak atau dilepas, maka komponen yang lainnya masih bisa berjalan dengan normal, karena aliran listrik mengalir ke tiap-tiap komponen yang ada. Berbeda dengan rangkaian seri yang hanya menggunakan satu jalur.

3. Kekurangan Rangkaian Paralel

Selain memiliki kelebihan, rangkaian paralel juga memiliki kekurangan yakni biaya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian ini jauh lebih mahal dibanding dengan rangkaian seri. Karena rangkaian paralel memerlukan banyak komponen (kabel) untuk menghubungkan masing-masing beban dengan sumber tegangan.

4. Rumus Rangkaian Paralel

Aplikasi rangkaian paralel ini dapat dilihat dari pemasangan lampu lalu lintas. Rumus dari rangkaian paralel adalah dengan melakukan penjumlahan kebalikan seluruh komponen yang ada dalam rangkaian. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar yang ada di bahwa ini.

rumus-rangkaian-paralel

Jadi dapat disimpulkan bahwa pada rangkaian seri, besarnya arus sama besar, sedangkan besarnya tegangan berbeda-beda tergantung besar hampatan dalam sebuah rangkaian. Sebaliknya pada rangkaian paralel, besarnya tegangan sama besar, sedangkan besarnya arus berbeda-beda tergantung besarnya hambatan yang ada dalam rangkaian.

Related Ilmu Teknik:
skema rangkaian inverter 10000 watt,diberikan empat resistor identik dengan hambatan masing masing 1 ohm,membuat lampu flip flop pakai tr c945,membuat rangkaian flip flop dengan transistor c945,membuat rangkaian lampu flip flop dengan transistor c945,soal rangkaian listrik campuran brainly,skema esr 4558,flip flop tr c945,skema layout pcb esr led,perbedaan fullwave dan sinewave,menggunakan tr c945 untuk lampu,rangkaian lampu flip flop tr c945,rangkaian flip flop 8 led,membuat esr dengan ic 4558,langkah langkah merangkai lampu HPIT,lampu lilop dngan tr c945,komponen mesin lampu led,invetersederhana 1000wats,fungsi rangkaian zobel,flip flop dengan tr c945

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *