Penjelasan Tentang Trafo Step Up dan Down

Posted on

Penjelasan Tentang Trafo Step Up dan Down. kali ini trafo yang kita bahas ada 2 jenis yang ada di semua peralatan elektro dan listrik yang di sekitar kita, bahwasanya kedua trafo ini mempunyai peran penting sebagai power untuk menyalurkan tegangan ke semua komponen elektro dalam kelistrikan.Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa trafo atau transformator marupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menaikkan tegangan ataupun menurunkan tegangan arus bolak balik atau tegangan AC. Transformator ini menggunakan prinsip kerja elektromagnetif.

Bagi anda yang ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai cara menghitung transformator, bisa baca artikel rumus transformator. Pada kesempatan kali ini akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai jenis-jenis trafo, utamanya trafo step up dan trafo step down.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis trafo yang harus anda ketahui mulai dari trafo step up, trafo step down, trafo isolasi, trafo tiga fasa, trafo pulsa, autotransformator, dan autotransformator variabel. Dan pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas lebih dalam mengenai trafo step up step down.

Trafo Step Up

trafo-step-up

Trafo step up adalah trafp yang mempunyai jumlah lilitan sekunder lebih banyak dibandingkan dengan lilitan primernya. Tranformator step up memiliki fungsi sebagai penaik tegangan AC. Anda dapat menemukan trafo jenis ini pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan dari generator yang digunakan untuk transmisi jarak jauh ke rumah-rumah.

Trafo Step Down

trafo-step-down-1

Sedangkan trafo step down adalah jenis trafo yang mempunyai lilitan sekunder lebih sedikit dibanding dengan lilitan primernya. Trafo yang satu ini memiliki fungsi sebagai penurun tegangan bolak-balik atau tegangan AC. Anda dapat menemukan trafo jenis ini pada rangkaian-rangkaian elektronika sederhana seperti adaptor AC ke DC.

Dari pengertian tersebut pastinya anda sudah bisa membedakan mana yang transformator step up, mana yang transformator step down, walaupun jika dilihat dari desain fisiknya tidak ada perbedaan. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat khususnya dalam menambah pengetahuan seputar transformator atau trafo.

Sekian informasi mengenai trafo step up dan trafo step down.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *