Penjelasan Komponen Elektronika Elco Atau Kondensator

Posted on

Penjelasan Komponen Elektronika Elco Atau Kondensator. Kapasitor adalah salah satu komponen elektronika pasif yang digunakan di hampir semua rangkaian elektronika baik yang sederhana sampai dengan yang rumit. Tak heran memang karena kapasitor adalah salah satu komponen yang sangat penting.

Jika diperhatikan dari bentuknya, kapasitor atau yang juga sering disebut dengan kondensator ini memiliki beberapa macam, mulai dari yang memiliki bentuk tabung sampai dengan yang memiliki bentuk pilih. Sedangkan jika dilihat dari bahannya, kapasitor terdiri dari beberapa jenis seperti kapasitor mika, kertas, keramik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu kapasitor juga terbagi atas dua jenis, yakni kapasitor tetap dan kapasitor variabel. Kapasitor tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya tidak dapat dibuah-ubah. Sedangkan kapasitor variabel adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diubah-ubah. Satuan nilai dari kapasitor sendiri adalah Farad (F).

Pengertian Elco (Elektrolit Condensator)

Pada kesempatan kali ini akan mengajak anda semua untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai salah satu jenis kapasitor, yakni kapasitor elektrolit atau yang juga sering disebut elco. Jadi elco (elektrolit condensator) adalah jenis kapasitor yang memiliki dua kutub pada kaki-kakinya. Kapasitor ini juga biasa disebut dengan kapasitor polar.

Jadi untuk pemasangan kapasitor elektrolit atau elco ini tidak boleh sampai terbalik. Sebab kaki satu dengan kaki yang lain berbeda. Sebuah elco memiliki dua kaki, yakni kaki (-) dan kaki (+). Anda bisa menemukan elco ini dengan mudah pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti power supply, dan masih banyak lagi yang lain.

Setiap elco memiliki tegangan yang berbeda-beda. Biasanya pada bodynya tertulis batas tegangan maksimalnya. Jika tegangan yang mengalir ke elco melebihi batas, maka kemungkinan elco tersebut akan rusak dan bahkan meledak. Jadi sebaikny anda perhatikan baik-baik dalam menggunakan komponen elektronika yang satu ini.

Fungsi Elco (Elektrolit Condensator)

Pada umumnya, sebuah elco memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik DC. Namun pada prakteknya, elco memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari sebagai filter atau penyaring, sebagai kopling, penghemat daya listrik, sampai dengan pembangkit frekwensi. Tak heran jika elco dapat ditemukan di hampir semua jenis rangkaian elektronika

Demikian informasi singkat mengenai Elco. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua

Related Ilmu Teknik:
fungsi komponen elektronika elco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *