Pengertian Elektronika Praktis dan Contoh Produk

Posted on

Pengertian Elektronika praktis adalah rangkaian alat elektronika yang sederhana dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Produk Elektronika baru dapat dikatakan berkembang saat era Transistor ditemukan pada tahun 1947. Transistor adalah alat semikonduktor yang digunakan baik sebagai penguat arus maupun tegangan, dan dapat juga berfungsi sebagai saklar dalam proses switching. Transistor dibuat pertama kali oleh John Bardeen, William Schokley, dan Walter Bratain. Transistor kemudian dikembangkan menjadi satu rangkaian terpadu yang lebih dikenal dengan IC (integrated Circuit).

Transistor merupakan komponen utama dalam setiap rangkaian elektronika. Transistor terdiri dari 3 lapis utama, yaitu N-P-N atau P-N-P. Kedua jenis lapis utama ini pun menjadikan transistor terbagi dalam dua jenis, yaitu Transistor NPN (katoda-anoda-katoda atau kaki anoda yang disatukan) dan Transistor PNP (anoda-katoda-anoda atau kaki katoda yang disatukan). Transistor memiliki 3 kaki utama, yaitu : 1) Emiter (E), 2) Basis (B), dan 3) Collector (C).

PRODUK ELEKTRONIKA PRAKTIS RUMAH TANGGA

Ada banyak produk elektronika praktis rumah tangga, pada umumnya dalam satu rumah sederhana akan kita temui alat-alat elektronika seperti : Kulkas, Televisi, Dispenser, Mesin Cuci, dan lain lain. Alat-alat elektronika tersebut memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing. Namun tanpa kita sadari beberapa alat memiliki komponen utama yang sama.

Perbedaan dari tiap alat-alat elektronika praktis tersebu lebih pada pengemasan dan berapa banyak komponen yang diperlukan dalam satu alat elektronika praktis. Contohnya adalah komponen utama seperti heater akan kita temukan pada Teko Listrik, Water Heater, Oven/Microwave, Kompor Listrik, dan Pemanas Ruangan. Komponen utama seperti Kondensor akan kita jumpai pada AC, Kulkas, dan AC Mobil. Komponen utama seperti Motor Listrik akan kiita jumpai pada Mesin Cuci, Oven, Kipas Angin, dan Sepeda Motor.

Contoh Produk Elektronika Praktis

1. Tracking System Panel Surya

tracking-system-panel-surya

Tracking Sistem Panel Surya atau Sistem Pelacak Panel Surya berfungsi untuk mencari, mengarahkan, dan membantu panel surya dalam mendeteksi panas matahari, sehingga panel surya dapat diarahkan pada intensitas sinar matahari yang tinggi. Alat ini memiliki 3 komponen utama, yaitu : IC LM339, H-Bridge Motor Driver dengan IC L293D, dan Komponen Diskrit. Komponen Diskrit merupakan komponen-komponen elektronik yang diletakkan di atas papan rangkaian seperti PCB (printed circuit board), dimana hubungan antar komponen dilakukan melalui konduktor. Sehingga dapat dilihat bahwa setiap komponen akan berdiri sendiri-sendiri, sehingga jika terdapat komponen yang rusak, maka komponen tersebut dapat diganti dengan mudah tanpa harus merusak rangkaian yang sudah ada.

2. Lampu Sepeda Pintar

lampu-sepeda-pintar

Komponen untuk membuat Lampu Sepeda Pintar adalah : Dinamo Kompatibel 6V dengan daya 3W, Baterai Output 6V DC, Baterai Nikel Cadmium (sel Ni-Cd) 1,2V dengan arus 600mAh, Lampu Modul LED berwarna putih, dan Relay.

 

 

 

Contoh Aplikasi produk elektronika praktis lainnya :

  1. Lampu Klip Baca LED,
  2. Traffic Light,
  3. Sensor Lampu Penerangan Kendaraan,
  4. Lampu Penerangan otomatis pada Lemari,
  5. Lampu Sensor Gerak pada Kamar Mandi, dan
  6. Lampu Senter dengan Alat Kejut.

MANFAAT PRODUK ELEKTRONIKA PRAKTIS

  1. Barang elektronika praktis harus bisa dijangkau sesuai daya beli penggunanya, sehingga beberapa alat bukanlah berupa barang mewah,
  2. Produk elektronika praktis haruslah alat yang dibutuhkan konsumen dalam kehidupan sehari-hari,
  3. Produk elektronika praktis harus mampu mempermudah pekerjaan yang dirasa sulit sebelum menggunakan alat tersebut,
  4. Produk elektronika praktis dapat menjadi peluang usaha kekinian,
  5. Produk elektronnika prraktis mampu mengembangkan kreatifitas dan inovasi dari SDM yang berkualitas.

Baca Juga :

http://ilmuteknik.com/teknik-elektro/konsep-elektronika-dasar.html/

Related Ilmu Teknik:
contoh produk elektronika praktis,contoh produk elektronika praktis dan fungsinya,contoh produk elektronika praktis dan cara kerjanya,contoh elektronika praktis,soal wirausaha produk rekayasa elektronika praktis,contoh alat elektronika praktis,produk elektronika praktis,elektronika praktis,pengertian elektronika praktis,contoh produk rekayasa elektronika praktis,contoh produk elektronika praktis dan cara pembuatannya,elektronika praktis adalah,apa yang dimaksud elektronika praktis,contoh produk rekayasa elektronika,bagaimana penggunaan produk rekayasa elektronika praktis pada peralatan rumah tangga,apa yang dimaksud dengan elektronika praktis,contoh produk elektronika praktis dan manfaatnya,manfaat elektronika praktis,manfaat produk elektronika praktis,macam macam produk elektronika praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *