Pembuatan Rangkaian Antena TV Segala Arah

Posted on

Pembuatan Rangkaian Antena TV Segala Arah. Semua orang pastinya sudah tahu bahwa antena adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah rangkaian TV atau televisi. Tanpa adanya antena, tentu televisi tidak bisa menangkap sinyal dengan baik sehingga siaran channel tidak bisa ditampilkan dengan jernih.

Saat ini sudah banyak sekali jenis antena yang beredar di pasaran mulai dari antena jari, antena paralon atau PVC, antena wajan, dan masih banyak lagi yang lain. Sebenarnya fungsi dari antena tersebut sama saja, yakni menangkap sinyal yang diberikan oleh satelit TV dengan baik. Namun sayangnya harga antena dipasaran lebih mahal dibanding dengan kita membuat sendiri.

Ya, memang benar! Sebenarnya kita bisa membuat sebuah antena sendiri menggunakan barang-barang sederhana yang murah dan mudah dicari. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan beberapa barang bekas yang tak terpakai untuk membuat sebuah antena TV sederhana yang dapat menangkap sinyal TV satelit dengan baik.

Cara Membuat Antena TV Segala Arah

Lantas bagaimana dengan TV digital? Sebenarnya sama saja, namun kebanyakan saat ini banyak penyedia layanan TV digital menggunakan saluran kabel. Antena TV yang baik adalah yang mampu menangkap sinyal dengan baik di segala arah. Berikut cara mudah membuat antena TV segala arah sederhana. Sebelum itu siapkan alat dan bahan berikut ini.

  • Seng nisplang
  • Gunting seng
  • Baut dan paku
  • Kayu balok
  • Kabel antena
  • Palu
  • Obeng

Setelah semua alat dan bahan siap, silahan potong seng nisplang sehingga membentuk skema seperti gambar di bawah ini. Oh iya, jika anda masih bingung dimana membeli seng nisplang, anda bisa membelinya di toko-toko bangunan. Seng nisplang yang diperlukan kurang lebih sebanyak 1 meter.

skema-antena-tv-segala-arah

Nah, apabila seng nisplang telah dipotong sesuai dengan skema gambar yang telah disebutkan tadi, selanjutnya rangkai potongan-potongan seng tersebut seperti gambar di bawah ini. Gunakan alat-alat yang telah dipersiapkan seperti gunting, obeng, paku, dan palu untuk membuatnya.

antena-tv-satelit-segala-arah

Sampai di sini sebenarnya antena sudah siap dan bisa dilakukan ujicoba. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil antena TV segala arah ini maksimal. Yang pertama adalah pastikan koneksi pemasangan kabel driver maupun kabel jack harus kencang. Bila perlu patri menggunakan timah.

Anda tidak perlu menggunakan booster jika memang benar-benar tidak diperlukan. Selain itu posisikan antena di ketinggian yang tepat agar dapat menerima sinyal dengan baik. Kabel antena juga dapat mempengaruhi kualitas. Oleh sebab itu perhatikan beberapa hal tadi dengan benar.

Sekian artikel mengenai Antena TV. Semoga dengan adanya artikel tadi bisa memberikan referensi dan juga manfaat kepada para pembaca. Share artikel ini ke teman-teman jika bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *