Metode Pemasangan Saklar Lampu

Posted on

Metode Pemasangan Saklar Lampu. Pernahkah anda memiliki pengalaman memasang saklar lampu rumah sendiri? Bagi anda para teknisi mungkin sudah bukan menjadi hal yang wah lagi. Namun lain halnya bagi orang awam yang masih belum punya pengalaman sama sekali. Pasti akan terasa menakutkan.

Ya, kebanyakan orang takut mengotak-atik hal-hal yang berkaitan dengan listrik dengan alasan takut tersengat listrik atau kesetrum. Hal tersebut tidaklah salah, mengingat listrik juga sangat berbahaya apabila salah digunakan. Oleh karena itu anda harus berhati-hati jika bersinggungan dengan benda-benda yang berhubungan dengan listrik.

Pemasangan Saklar Lampu

Sebelum memulai pemasangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu di internet mengenai listrik rumah dan skema pemasangan saklar lampu agar nantinya anda tidak bingung. Setelah itu matikan saluran listrik rumah anda untuk menghindari hubungan singkat, dan sengatan arus listrik. Yang terakhir jangan lupa berdoa.

Apabila sudah, langsung siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk memasang saklar lampu dan stop kontak. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai proses pemasangan saklar lampu dan juga stop kontak.

  • Saklar (tungga / ganda / tunggal+stop kontak)
  • Kabel NYM atau kabel kawat tembaga
  • Fitting lampu
  • Box saklar
  • Pipa pelindung kabel
  • Klem pipa
  • Tang kombinasi
  • Obeng dan taspen
  • Isolasi / lakban

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, langsung masuk ke proses pemasangan saklar lampu dan juga stop kontak. Berikut adalah tahap step by step cara memasang sakar lampu yang benar dan aman. Perlu diperhatikan agar anda membacanya dengan cermat agar tidak ada step yang terlewatkan.

skema-saklar-lampu-dan-stop-kontak

  1. Pertama-tama silahkan buat titik tempat pemasangan saklar pada dinding minimal jarak 1,5 meter dari permukaan lantai agar aman dari jangkauan anak-anak
  2. Setelah itu buat lubang seukuran box saklar sebagai tempatnya. Jika anda hanya mengganti sakar yang rusak, maka langkah 1 – 2 ini tidak perlu anda lakukan. Tinggal lepas saja saklar yang lama dari tempatnya
  3. Setekah itu masukkan 2 buah kabel (untuk saklar tunggal), dan 3 buah kabel (untuk saklar ganda atau saklar + stop kontak)
  4. Sambungkan kabel dengan saklar. Pada saklar tunggal hanya perlu disambungkan dua kabel ke sumber sumber tegangan dan lampu. Namun untuk saklar ganda atau saklar + stop kontak bisa anda lihat gambar di bawah ini
  5. Apabila sudah selesai, langsung masukkan kabel ke dalam pipa dan rapikan box saklar. Nyalakan saluran listrik dan lakukan uji coba. Semoga berhasil.

demikian terimakasih … semoga bermanfaat untuk kita semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *