Mengenal Komponen Dasar Elektro Beserta Fungsinya

Posted on

Mengenal Komponen Dasar Elektro Beserta Fungsinya. rangkaian listrik tidak lepas dari semua komponen dari elektronika yang terpasang pada peralatan, semakin canggihnya teknologi menuntut kita untuk selalu mengetahui fungsi dari masing-masing komponen elektronika tersebut ..Sebelum menginjak ke materi rangkaian elektronika, alangkah baiknya anda memahami materi mengenai komponen elektronika. Karena materi komponen elektronika merupakan materi dasar yang harus dikuasai jika anda ingin menyelam lebih dalam ke dunia elektronika berikut ini ulasannya …

Komponen Komponen Dasar Elektronika

Komponen elektronika terbagi atas dua jenis, yakni komponen elektronika pasif dan komponen elektronika aktif. Komponen elektronika aktif adalah komponen yang dalam penggunaannya memerlukan arus atau tegangan listrik. Kebalikannya, komponen elektronika pasif tak memerlukan arus listrik ataupun tegangan dalam penggunaannya. Berikut ini adalah macam-macam komponen elektronika beserta fungsinya.

1. Resistor

Resistor adalah salah satu komponen elektronika pasif yang sangat umum alias mendasar. Komponen ini memiliki fungsi sebagai hambatan arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Nilai hambatan atau resistansi dari sebuah resistor dapat dilihat dari gelang-gelang yang dimilikinya.

2. Kapasitor

Kapasitor adalah salah satu komponen dasar elektronika yang memiliki fungsi sebagai penyimpan energi untuk sementara waktu. Komponen yang satu ini umum ditemukan pada berbagai rangkaian elektronika. Jenis komponen ini juga sanbat bermacam-macam mulai dari yang berpolaritas maupun yang tidak berpolaritas.

3. Dioda

Dioda adalah salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik. Komponen ini banyak sekali jenisnya. LED juga termasuk salah satu jenis dioda. Selain LED masih ada beberapa jenis dioda lainnya seperti dioda zener sampai dengan dioda foto.

4. Transistor

Transistor adalah komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sangat bermacam-macam, mulai dari penguat, switch, sampai dengan modulasi sinyal. Komponen yang satu ini punya tiga kaki, yakni kaki basis, emitor, serta kaki kolektor. Transistor memiliki dua jenis yakni transistor NPN dan PNP.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai komponen komponen dasar elektronika dan fungsinya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para pembaca setia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *