Mengenal Kerja Alat Ukur Tegangan Listrik

Posted on

Mengenal Kerja Alat Ukur Tegangan Listrik.  adalah perbedaan potensial listrik yang ada diantara dua titik dalam sebuah rangkaian listrik atau elektronika. Satuan dari tegangan listrik adalah volt (v). Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik, yang pada akhirnya mengakibatkan timbulnya aliran listrik yang berada dalam konduktor listrik.

Tegangan listrik menyebabkan obyek yang memiliki muatan listrik negatif tertarik dari tempat yang memiliki tegangan rendah menuju ke tempat yang memiliki lebih tinggi, sehingg arah arus listrik mengalir dari tegangan tinggi menuju ke tegangan rendah. Bicara soal tegangan listrik, pastinya tak akan pernah lepas dari yang namanya alat ukur.

Alat Untuk Mengukur Tegangan Listrik

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis alat yang dapat digunakan untuk mengukur tegangan listrik, diantaranya adalah avometer dan juga voltmeter. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai kedua alat tersebut, langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. AVOmeter

Avometer atau multimeter atau multitester adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur beberapa satuan tegangan mulai dari arus (ampere), tegangan (volt), dan hambatan (ohm). Selain itu avometer juga biasa digunakan untuk mengecek rusak tidaknya sebuah rangkaian elektronika. Avometer terbagi atas dua jenis, yakni avometer analog dan digital.

2. Voltmeter

Berbeda dari avometer, voltmeter ini merupakan alat ukur yang fokus digunakan untuk mengukur tegangan listrik saja. Ya, voltmeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik atau beda potensial antara titik yang satu dengan yang lain. Voltmeter menggunakan galvanometer yang dihubungkan secara seri dengan resistor.

Related Ilmu Teknik:
menyekat kumparan stator dengan besi stator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *