Macam Macam Mikrokontroller Populer

Posted on

Macam Macam Mikrokontroller Populer. Pernahkah anda mendengar istilah mikrokontroler, mikroprosesor, arduino, dan sejenisnya? Ya, istilah-istilah tersebut merupakan nama dari alat yang dapat digunakan untuk membantu dalam mempermudah membuat aplikasi elektronika seperti membuat robot dan sejenisnya.

Jika anda sudah lama terjun ke dunia elektronika, pastinya akan sering menemukan robot yang menggunakan mikrokontroler, mikroprosesor, ataupun arduino sebagai otaknya. Ya, tak heran karena dengan alat-alat tersebut, membuat robot menjadi lebih mudah dan praktis.

Pada kesempatan kali ini akan fokus mengajak anda untuk melihat informasi mengenai jenis-jenis mikrontroler. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis mikrokontroler yang harus anda ketahui dan pahami. Penasaran apa saja itu? Langsung saja simak ulasan terbaru dari

Jenis Jenis Mikrokontroler

Secara garis besar, mikrokontroler terbagi atas tiga keluarga besar, yakni mikrokontroler MCS51, mikrokontroler AVR, serta mikrokontroler PIC. Masing-masing keluarga tersebut memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing yang tentunya berbeda satu sama lain. Berikut informasi detailnya.

Mikrokontroler MCS51

Mikrokonktroler MCS51 adalah jenis mikrokonktroler yang hampir semua instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokonktroler termasuk dalam keluarga CISC. Arsitekturnya berdasarkan arsitektur Harvard dengan sebuah ROM luar berkapasitas 64 KB dan RAM luar yang juga memiliki kapasitas 64 KB.

Mikrokonktroler MCS51 memiliki kemampuan memasukkan sebuah mesin pemroses boolean dengan operasi logika boolean tingkatan bit yang dapat dilakukan secara langsung dan efisien dalam register internal maupun RAM. Perlu diketahui bahwa mikrokontroler ini digunakan dalam rancangan awal Programmable Logic Control atau PLC.

Mikrokontroler AVR

Mikrokonktroler AVR adalah singkatan dari Alv and Vegard’s Risc processor yang merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. Hampir semua kode instruksi mikrokontroler AVR dikemas dalam bentuk satu siklus clock. Selain itu mikrokontroler jenis ini merupakan mikrokontroler yang kerap digunakan dalam aplikasi elektronika dan instumentasi.

Perlu diketahui bahwa mikrokontroler AVR terbagi atas empat kelas yang terdiri dari kelas ATTiny, kelas AT90Sxx, kelas ATMega dan kelas AT86RFxx. Perbedaan masing-masing kelas tersebut terletak pada memori, peripheral serta fungsi yang dimilikinya.

Mikrokontroler PIC

Mikrokontroler PIC adalah jenis mikrokontroler RISC yang dibuat oleh Microchip Technology. PIC sendiri merupakan singkatan dari Peripheral Interface Controller. Mikrokontroler PIC banyak digunakan oleh para developer serta para penghobi ngoprek karena harganya yang cukup murah.

Selain itu ketersediaan dan penggunaan mikrokontroler jenis ini sangat luas, database aplikasi yang cukup besar, serta pemrograman (dan pemrograman ulang) mudah dilakukan dengan bantuan port  serial yang banyak digunakan oleh komputer-komputer saat ini.

Demikian sedikit informasi mengenai mikrokontroler. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi khususnya bagi para pembaca setia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *