Konsep Kerja Motor Listrik

Posted on

Konsep Kerja Motor listrik. kita semua tentunya mengetahui bahwasanya motor listrik adalah komponen utama yang digunakan untuk segala jenis mesin apapun, karena tanpa adanya motor listrik tentunya peran utama penggerak tenaga ke mesin apapun tidak ada fungsinya sama sekali tanpa ada bantuan penggerak utama yaitu motor listrik. motor listrik adalah sebuah alat elektromagnetik yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Saat belajar mendalami ilmu listrik, dipastikan anda akan bersinggungan dengan materi mengenai motor listrik dan sejenisnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan berbagi info seputar motor listrik.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita juga telah banyak bersinggungan dengan motor listrik. Karena tanpa disadari banyak alat-alat elektronik yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari juga memakai motor listrik. Beberapa alat tersebut diantaranya adalah kipas angin, bor listrik, mesin cuci, mixer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk memperdalam pengetahuan anda seputar motor listrik, anda harus tahu bagaimana prinsip jerja dari alat elektromagnetik tersebut. Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara kerja motor listrik, langsung saja silahkan simak….

motor-listrik

 

  1. Arus lisrik yang ada dalam medan magnet akan memberikan gaya
  2. Kawat yang membawa sebuah arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran atau yang kerap disebut dengan loop, maka kedua sisi loop yang ada pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya dengan arah yang berlawanan
  3. Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar atau yang biasa disebut dengan torque, untuk memutar kumparan yang ada
  4. Motor memiliki beberapa loop yang ada pada dinamonya untuk memberikan tenaga putar yang lebih seragam
  5. Medan magnet dihasilkan oleh susunan elektromagnetik disebut dengan kumparan medan

Selain memahami prinsip kerja motor listrik, anda juga harus tahu apa itu beban motor listrik. Beban motor listrik mengacu kepada keluaran tenaga putar atau torque sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan. Ada tiga jenis beban motor listrik, yakni beban torque konstan, beban dengan variabel torque, dan beban dengan energi torque.

Demikian bahasan tentang motor listrik mudah-mudahan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.. terimakasih

Related Ilmu Teknik:
fungsi relay assy pada scorpio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *