Konsep Dasar Tegangan, Arus, dan Daya Listrik

Posted on

Konsep Dasar Tegangan, Arus, dan Daya Listrik. Saat kita belajar memahami elektronika, pastinya kita tidak asing dengan yang namanya tegangan listrik, arus listrik, sampai dengan daya listrik. Ketiga hal tersebut merupakan besaran-besaran yang sangat umum dalam dunia elektronika, di samping hambatan dan beberapa besaran lainnya.

Nah, pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua para pemula yang baru memulai mendalami dunia elektronika untuk melihat informasi mengenai satuan dari tegangan listrik, arus listrik, dan daya listrik. Untuk lebih memudahkan anda, mari kita kupas satu per satu.

Dimulai dari tegangan listrik. Secara definisi tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik yang ada di antara dua titik dalam suatu rangkaian rangkaian listrik. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Sedangkan daya listrik adalah laju hantaran energi listrik dalam suatu rangkaian listrik.

Tegangan, Arus, dan Daya Listrik

Dari beberapa penjelasan tersebut tentunya anda sudah memiliki gambaran tentang tegangan listrik, arus listrik, dan juga daya listrik. Berikut akan kami lanjutkan informasi mengenai satuan dari besaran-besaran tersebut. Buat anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Satuan Tegangan Listrik

  • Satuan : volt (V)
  • Simbol : V

Satuan Arus Listrik

  • Satuan : ampere (A)
  • Simbol : I

Satuan Daya Listrik

  • Satuan : watt
  • Simbol : P

Dari ketiga penjelasan di atas terdapat hubungan di antara ketiga besaran tersebut yang bisa dituangkan dalam sebuah rumus. Rumus tersebut adalah P = V.I. Dimana P adalah daya listrik, V adalah tegangan listrik, dan I adalah arus listrik. Rumus tersebut juga dikenal dengan sebutan hukum Joule.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *