Konsep Dasar Rumus Beda Potensial

Posted on

Konsep Dasar Rumus Beda Potensial Sudah menjadi sebuah keharusan bagi seorang teknisi elektronika untuk mengetahui dan memahami teori dasar elektronika dan kelistrikan. Tanpa pengetahuan yang cukup terkait teori-teori tersebut, tentunya seorang teknisi elektronika bisa dibilang prematur.

Sebaliknya jika seorang teknisi elektronika punya skill bagus dan didukung pemahaman teori yang baik, maka teknisi tersebut akan menjadi handal dan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang berkaitan dengan elektronika dan kelistrikan. Salah satu sub materi yang ada pada teori dasar elektronika dan kelistrikan adalah beda potensial listrik.

Tak sedikit para teknisi yang masih bertanya-tanya sebenarnya apa beda potensial listrik itu? Padahal setiap harinya mereka bersinggungan dengan yang namanya beda potensial listrik. Oke, untuk mempertajam pemahaman, langsung saja simak ulasan Belajar Elektronika mengenai beda potensial listrik berikut ini.

Apa itu Beda Potensial Listrik

Beda potensial atau yang biasa dikenal dengan sebutan tegangan adalah perbedaan jumlah elektron yang ada pada suatu arus listrik. Perbedaan tersebut bisa terjadi karena adal penumpukan elektron di satu sisi sumber arus listrik, sedangkan di sisi lainnya jumlah elektronnya lebih sedikit.

Gaya magnet lah yang memengaruhi materi tersebut, dan menimbulkan beda potensial listrik atau bertegangan listrik. Selain itu jika rangkaian tersebut disentuh oleh materi konduktor, alias materi yang dapat menghantarkan listrik, maka elektron tersebut akan mengalir melalui materi tersebut.

Itulah sebab mengapa manusia bisa tersetrum saat menyentuh benda yang dialiri oleh listrik. Besarnya efek dari aliran listrik sendiri tergantung dari jumlah besar kecilnya perbedaan elektron yang berada pada suatu materi. Beda potensial sendiri dapat diukur menggunakan rumus. Penjelasan lebih lanjut silahkan disimak.

Rumus Beda Potensial Listrik

Jika berada dalam sebuah rangkaian, beda potensial listrik alias tegangan akan berkaitan dengan yang namanya kuat arus dengan satuan ampere dan juga hambatan dengan satuan ohm. Berikut adalah rumus bagaimana cara mencari nilai suatu tegangan atau beda potensial dalam sebuah rangkaian.

V = I.R

 

Keterangan:

  • V = beda potensial (V)
  • I = kuat arus (A)
  • R = hambatan (ohm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *