Ini Dia Peluang Kerja Kuliah di Teknik Elektro

Posted on

Teknik elektro (electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Insinyur listrik adalah kaum profesional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik. Teknik listrik bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

Ini Dia Yang di Pelajari Saat Kuliah di Teknik Elektro

teknik-elektro

Teknik Elektro mempelajari pemanfaatan gejala-gejala alam terutama sifat-sifat elektron yang disebut dengan kelistrikan yang kemudian diaplikasikan dalam hubungannya dengan teknologi, termasuk juga hubungannya dengan fungsi listrik itu sendiri. Dalam bidang studi Teknik Elektro, selain mempelajari ilmu-ilmu dasar untuk rekayasa (meliputi Matematika, Fisika, dan Kimia) mahasiswa juga akan mempelajari landasan pengetahuan teknologi kelistrikan mencakup tentang energi, informasi, dan isyarat. Di beberapa perguruan tinggi, Teknik Elektro dibagi atas 2 bagian yaitu Arus Kuat dan Arus Lemah. Arus kuat mempelajari tentang listrik tegangan tinggi (kelistrikan). Sedangkan Arus Lemah mempelajari listrik tegangan lemah seperti elektro telekomunikasi, elektro komputer & elektro control. Secara garis besar ilmu yang dipelajari di teknik elektro adalah : Rekayasa Elektronik, Mekatronik, Komponen Pemrosesan Sinyal, dan Mikroelektronik.

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro

Teknologi yang semakin cepat dan sangat diperlukan membuka peluang yang semakin luas untuk lulusan jurusan teknik elektro untuk mengisi posisi-posisi penting yang membutuhkan keterampilan di bidang elektronika. Beberapa pekerjaan yang dapat di kerjakan oleh lulusan teknik elektrosebagai berikut :

  1. Lulusan Teknik Elektro sebagai Tenaga Pendidik/Dosen Teknik elektro bisa memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu lulusan program studi teknik elektro bisa menjadi dosen pada jurusan teknik elektro maupun jurusan keteknikan lain.
  2. Lulusan Teknik Elektro sebagai Pegawai Negeri Peluang kerja bagi lulusan jurusan teknik elektro sebagai pegawai negeri sipil terdapat bidang energi dan sumber daya mineral antara lain di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, juga dapat bekerja di Kementrian.
  3. Sarjana Elektro di Badan Usaha Milik Negara Jurusan Teknik Elektro dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara yang utamanya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi antara lain PLN, PT Pertamina, PT Telkom, Telkomsel dan perusahaan lainya.
  4. Lulusan sarjana Elektro di Sektor Swasta Peluang kerja lulusan teknik elektro di sektro swasa sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan telekomukasi misalnya telkomsel, indosat, depkominfo, telkom, xl axiata, dan lain-lain. Selain itu prospek kerjateknik elektro juga dapat bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware untuk dunia yang lebih melek akan teknologi.
  5. Teknik Elektro sebagai Wirausaha mandiri Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja merupakan pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan dan komputer. Lulusan jurusan ini dapat menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak lagi.

Lulusan Teknik Elektro biasanya menempati posisi/ jabatan di perusahaan sebagai; Network Planner/EngineerTelecomunication Software Engineer, Perancang dan implementor produk-produk perangkat keras dan lunak telekomunikasi/internet, Konsultan pada berbagai industri yang menggunakan telekomunikasi dan internet, Manajer proyek Sistem Informasi/ Teknologi Informasi, Manajer Pengembangan produk dan layanan telekomunikasi dan informasi, dan lain sebagainya.

Related Ilmu Teknik:
prospek kerja teknik elektro,prospek teknik elektro,lulusan teknik elektro jadi apa,peluang kerja teknik elektro,lulusan teknik elektro kerja dimana,peluang kerja teknik elektronika,lulusan teknik elektro,pekerjaan teknik elektro,Prospek kerja jurusan teknik elektro,prospek kerja teknik elektro untuk wanita,prospek kerja lulusan teknik elektro,prospek kerja fakultas teknik elektro,prospek kerja teknik elektronika,gaji lulusan teknik elektro,teknik sipil vs elektro,pekerjaan sarjana elektro,cth macam pekerjaan tuk lulusan sarjana tehnik elektro arus lemah,jenjang karir teknik elektro,jurusan kuliah untuk anak listrik,perbedaan teknik elektro dan teknik mesin

2 thoughts on “Ini Dia Peluang Kerja Kuliah di Teknik Elektro

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Studi Elektronika, menurut saya bidang studi Elektro studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Elektro.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang terkait yang bisa anda kunjungi di Studi Elektronika gunadarma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *