Cara Merangkai Rangkaian Elektronika Dasar

Posted on

Cara Merangkai Rangkaian Elektronika Dasar. Pada kesempatan sebelumnya telah mengajak anda semua untuk melihat sedikit informasi mengenai distributor komponen elektronika. Materi mengenai komponen elektronika juga sudah dibahas lengkap pada artikel-artikel sebelumnya. Anda bisa membacanya pada materi komponen elektronika.

Dan kali ini belajarelektronika akan membahas materi lebih lanjut mengenai rangkaian elektronika. Bagi anda yang masih pemula dalam mempelajari elektronika, sebaiknya mengetahui apa itu rangkaian elektronika. Rangkaian elektronika adalah sebuah rangkaian yang tersusun atas beberapa komponen tertentu yang dibuat sedemikian rupa berdasarkan fungsi atau tujuan dari rangkaian tersebut.

Rangkaian elektronika juga dapat didefinisikan sebagai gabungan dua atau lebih komponen elektronika baik itu komponen aktif maupun pasif, yang membentuk suatu sistem atau fungsi pemroses sinyal sederhana ataupun kompleks. Untuk membuat sebuah rangkaian elektronika biasanya diperlukan sebuah skema rangkaian elektronika atau layout, PCB, dan komponen elektronika.

Rangkaian Elektronika Dasar

Sekedar informasi bahwa rangkaian elektronika dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yakni rangkaian elektronika analog, rangkaian elektronika digital, dan rangkaian elektronika kombinasi. Berikut adalah penjelasan mengenai tiga jenis rangkain elektronika tersebut. Silahkan simak baik-baik.

1. Rangkaian Elektronika Analog

Rangkaian elektronika analog adalah rangkaian elektronika yang disusun dari dua atau lebih komponen elektronika baik yang aktif maupun pasif, dengan tujuan untuk pemrosesan sinyal analog. Dalam sebuah rangkaian elektronika analog, sinyal input berupa sinyal analog yang diproses sehingga menghasilkan output sinya analog terproses berupa level tegangan, arus, atau frekuensi.

2. Rangkaian Elektronika Digital

Rangkaian elektronika digital adalah rangkaian elektronika yang disusun dari dua atau lebih komponen elektronika baik yang aktif maupun pasif, dengan tujuan untuk pemrosesan sinyal digital. Sinyal yang diproses dalam sebuah rangkaian elektronika digital selalu dalam dua jenis logika dasar, yakni High (1) dan Low (0). Input dan outpun rangkaian elektronika digital adalah sinyal digital.

3. Rangkaian Elektronika Kombinasi

Rangkaian elektronika kombinasi adalah rangkaian elektronika yang disusun dari dua atau lebih komponen elektronika baik yang aktif maupun pasif, dengan tujuan untuk pemrosesan sinyal digital dan analog baik secara bersamaan ataupun bergantian. Input dan output dari rangkaian elektronika kombinasi bisa berupa sinyal analog, bisa juga berupa sinyal digital.

Selain terbagi atas tiga kategori tersebut, rangkaian elektronika juga dapat dibagi menjadi beberapa kategori lain, yakni rangkaian elektronika dasar, rangkaian elektronika bertingkat, dan rangkaian elektronika kompleks. Karena kali ini yang dibahas adalah rangkaian elektronika dasar, penjelasan mengenai rangkaian elektronika bertingkat dan rangkaian elektronika kompleks akan dibahas pada artikel yang lainnya.

Rangkaian elektronika dasar adalah rangkaian elektronika sederhana yang tersusun dari dua atau lebih komponen elektronika baik yang aktif maupun pasif, dengan tujuan untuk pemrosesan sinyal. Beberapa contoh rangkaian elektronika dasar adalah rangkaian pembagi tegangan, rangkaian pembagi arus, dan filter. Berikut adalah beberapa contoh skema rangkaian elektronika sederhana.

rangkaian-inverter-sederhana-300-watt

rangkaian-inverter-dc-ke-ac

rangkaian-power-supply

Related Ilmu Teknik:
elektronika dasar 1 sutrisno pdf,elektronika dasar 2 sutrisno pdf,kelemahan produk elektronika praktis,soal uas RANGKAIAN ELEKTRONIKA kelas 11,materi penerapan rangkaian elektronika,soal rangkaian penerapan elektronika,gambar produk elektronika praktis dan cara kerja manfaatnya,persamaan produk elektronika praktis dan otomatis,soal soal isian dan jawaban pekerjaan dasar elektronika,soal soal rangkaian elektronika kls 11 UAS,soal pilihan ganda tentang televisi elektronika,soal dan pembahasan materi elektronika dasar buku sutrisno,Resensi buku dasar dasar elektronika owen bishop,persamaan dan perbedaan produk rekayasa elektronik praktis dan otomatis,persamaan dan perbedaan produk elektronika,Persamaan dan perbedaan macam produk rekayasa Electronica otomatis,materi tentang penerapan rangkaian elektronika,https://ilmuteknik com/ilmu/skema-rangkaian-elektronika-kreatif/,download buku rangkaian elektronika,cara mrrangkai elektronika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *