Bagaimana Cara Service TV Segala Merk

Posted on

Bagaimana Cara Service TV Segala Merk. Televisi adalah alat elektronik yang sangat populer. Kita dapat dengan mudah menemukan televisi di hampir semua rumah. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada dua jenis televisi yang kita kenal saat ini. Yang pertama adalah televisi tabung, dan yang kedua adalah televisi layar datar.

Untuk perbedaannya pastinya anda semua juga sudah tahu, jadi tak akan kami bahas kembali. Pada kesempatan kali ini akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara memperbaiki atau servis televisi yang rusak, baik itu TV merk LG, Samsung, Sharp, atau yang lainnya.

Sebelumnya anda perlu tahu bahwa ada banyak sekali macam atau jenis kerusakan pada TV, dan cara menanganinya pun berbeda-beda. Oleh sebab itu anda harus mengenali terlebih dahulu kerusakan yang ada pada televisi sebelum anda mulai memperbaikinya.

Cara Servis TV Rusak

Berikut ini adalah jenis-jenis kerusakan yang ada pada televisi dan cara mengatasinya. Sebagian kerusakan pada TV mungkin tak bisa diperbaiki kecuali anda mengganti komponen yang rusak dengan komponen baru. Oke langsung saja simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Gambar Tidak Fokus

Salah satu masalah yang sering dialami oleh TV adalah gambar yang menjadi tidak fokus alias blur. Cara mengatasinya cukup mudah, cukup putar VR fokus sampai menemukan titik fokus. Jika hal tersebut terjadi pada TV tabung, berarti ada masalah pada CRT dan anda harus menggantinya dengan yang baru.

2. Mengeluarkan Suara Ngerik

Masalah keluarnya suara ngerik ini biasanya terjadi pada TV CRT. Cara mengatasinya cukup mudah, tinggal cek jalur pulse yang ada pada HVT ke bagian regulator, jika anda yang putus, silahkan sambung. Apabila sudah coba cek kembali, kemungkinan besar masalah telah teratasi.

3. Layar Timbul Flek

Masalah lain yang sering dialami pada TV baik TV LCD, LED, ataupun TV CRT adalah layar yang timbul flek. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah ada magnet yang ada di dekat TV, posisi TV yang sering dipindah, dan sambaran petir. Cara mengatasinya dengan automatic degansing atau mematikan main switch dan mencabut AC lord PTC.

Sebenarnya masih banyak lagi masalah yang sering dialami oleh TV seperti tidak bisa keluar suara, mati total, suara ada namun gambar tidak ada, gambar terbelah, gambar menyempit, dan masih banyak lagi yang lain. Berikut adalah tambel permasalahan yang sering dialami TV.

tabel-masalah-tv

Demikian informasi singkat mengenai cara servis segla tv. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *