Apa Saja Macam Macam Tegangan Listrik

Posted on

Apa Saja Macam Macam Tegangan Listrik. dalam kehidupan kita tidak lepas dari hubungannya dengan tegangan listrik, baik itu di kendaraan maupun dalam peralatan kerja di perusahaan sampai dengan alat-alat rumah tangga yang kita punya saat ini. Ketika membahas tentang elektronika dan kelistrikan, kita tak akan pernah lepas dari yang namanya tegangan. banyak hal yang harus kita ketahui pada tegangan listrik .Pada artikel sebelumnya, telah banyak membahas masalah tegangan, arus, daya, dan beberapa masalah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai macam-macam atau jenis-jenis tegangan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa macam tegangan yang kita kenal, mulai dari tegangan sentuh, tegangan langkah, dan juga tegangan pindah.

Macam Macam Tegangan Listrik

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai macam-macam tegangan tersebut. Kami akan mencoba berbagi informasinya secara lengkap untuk anda semua. Sekedar informasi yang penjelasan ini kami dapat melalui beberapa sumber yang terpercaya dan mudah dipahami.

1. Tegangan Sentuh

Tegangan sentuh adalah jenis tegangan yang berada di antara suatu obyek yang disentuh atau berada pada suatu titik yang berjarak tak lebih dari 1 meter. Asumsinya adalah, obyek yang disentuh berada tak jauh dan, dihubungkan dengan kisi-kisi media tanah yang berada di bawahnya.

2. Tegangan Langkah

Tegangan langkah adalah jenis tegangan yang timbul di antara dua kaki orang yang berdiri di atas tanah. Objek tersebut dialiri oleh arus listrik melalui media tanah. Dalam hal ini objek tidak menggunakan isolator seperti sandal atau sepatu. Misal jarak antara dua kaki orang tersebut sepanjang 1 meter, dengan diameter 8 centimeter.

3. Tegangan Pindah

Tegangan pindah adalah jenis tegangan yang timbul apabila terjadi kesalahan saat orang berdiri dalam gardu induk, serta menyentuh peralatan yang menyentuh tanah dan dialiri listrik. Tegangan pindah sangat sulit untuk dibatasi, namun bisa diisolasi dengan menggunakan bahan-bahan isolator.

demikian bahasan tentang macam-macam tegangan listrik , semoga bermanfaat untuk kita semua …

Related Ilmu Teknik:
fungsi utama dari mal elips,sebutkan macan² pasir

One thought on “Apa Saja Macam Macam Tegangan Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *