Teknik CNC Mastercam 9

Posted on

 

Kali ini kita bicara tentang Menu pada software CNC Mastercam, dibedakan atas dua bagian yaitu menu CAD dan menu CAM yang masing–masing mempunyai fungsi untuk menggambar dan proses permesinan/ manufactur, dibawah ini merupakan ringkasan dari menu yang digunakan dalam CAD/CAM.

Menu CAD

Berisi menu-menu khusus untuk menggambar baik untuk gambar dua dimensi atau gambar tiga dimensi.  Adapun isi dari pada menu ini antara lain :

  1. Analyze yaitu menu untuk informasi suatu objek
  2. Create yaitu menu untuk membuat suatu objek dari tidak ada menjadi ada seperti : Point, Line, arc, Fillet, Spline, Curve, Rectangle dll.
  3. File yaitu menu untuk menyimpan dan membuka data baik gambar ataupun program.
  4. Modify yaitu menu untuk merubah dari objek yang sudah ada seperti : Fillet, Trim, Break, Extend, dll
  5. Xform yaitu menu untuk merubah atau menggandakan dari objek yang sudah ada seperti : Mirror, Translate, Rotate, Scale, Offset dll.
  6. Delete yaitu menu untuk menghapus objek yang telah dibuat.
  7. Screen yaitu menu untuk merubah tampilan layar, seperti : Configurasi, Clear Colors, Changes Colors, Blank, Un blank, dll.
  8. Solids yaitu menu untuk menggambar tiga dimensi padat.

Menu CAM

Berisi menu-menu khusus untuk Manufactur baik untuk gambar dua dimensi atau gambar tiga dimensi.  Adapun isi dari pada menu ini antara lain :

  1. Toolpaths yaitu menu dimana jika kita akan memproses suatu benda yang dituangkan dalam gambar kerja maka kita harus masuk ke menu ini, karena menu ini akan menuntun kita dalam pengisian parameter, jenis cutter dan bentuk pemotongan pahat yang akan kita gunakan.
  2. Dalam menu ini pula kita dapat menentukan langkah kerja yang diinginkan serta kita dapat mengoreksi bagian yang salah dalam proses kerja.
  3. Nc Utils yaitu menu yang digunakan untuk melihat gerakan pemotongan pahat atau simulasi, merubah post procesor, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *