Melukis Atau Menggambar Benda Kerja

Posted on

Melukis Atau Menggambar Benda Kerja. Terkadang orang masih mengira ngira bahwa arsitektur sama halnya dengan ahli seni lukis, memang mereka sama-sama menggambar dan keduanya harus mempunyai jiwa seni. jaman sekarang keindahan bangunan bukan hanya terletak pada kekokohan bangunan tapi nilai seninya juga.

Tujuan dan Fungsi Melukis Benda Kerja

Benda kerja yang akan dibuat dengan menggunakan alat tangan, perlu dilukis terlebih dahulu dengan tujuan agar hasil pekerjaan sesuai dengan gambar kerja. Garis-garis gambar (lukisan) yang dibuat pada benda kerja berfungsi sebagai tanda batas pengerjaan. Hasil lukisan benda kerja yang akurat akan memberi arahan, batas pengerjaan yang akurat pula.

cara-menggambar-bidang-kerja

 

Mempersiapkan Benda yang Akan Dilukis

Kondisi benda kerja yang akan dilukis tergantung pada kebutuhan pekerjaan, namun pada prinsipnya benda kerja yang akan dilukis harus mempunyai tiga bidang dasar di mana bidang dasar tersebut berfungsi sebagai dasar kesikuan, dasar pengukuran dan dasar kesejajaran terhadap bidang yang lainnya. Pembuatan bidang dasar bisa dikerjakan dengan mesin atau dikikir, atau digunting, tergantung kebutuhan pekerjaan. Hal yang sangat penting diperhatikan dalam pembuatan bidang dasar adalah setiap bidang dasar harus rata dan menyiku satu sama lain.

Peralatan Menggambar Benda Kerja

Adapun alat – alat atau peralatan yang digunakan dalam proses menggambar, antara lain :

1. Mistar

Mistar adalah perkakas yang dibuat dari baja stenlis yang bertujuan agar lebih mudah pada saat menarik garis – garis lurus diatas permukaan benda kerja. Berikut adalah macam – macam mistar :

Mistar Baja

Mistar baja adalah alat ukur yang terbuat dari baja atau besi tipis dan mempunyai panjang yang berbeda – beda dimulai dari panjang 30 cm, 60 cm sampai 1 meter

Mistar Lipat atau Meteran Lipat

Meteran ini biasanya terbuat dari bahan alumunium atau baja. Dilihat dari segi kontruksinya sebelumnya merupakan gabungan dari mistar baja dengan sambungan engsel dan ketidaktirusan garis sewaktu melakukan pengukuran, maka meteran ini tidak akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mistar baja yang biasa

Mistar Siku

Mistar Siku adalah alat ukur mistar yang terbuat dari baja namun membentuk sudut siku – siku, mistar ini kebanyakan dipakai oleh para pengrajin kayu

Mistar Gulung

Mistar ini memungkinkan untuk digunakan dalam pengukuran lurus,  mistar ini mempunyai kemampuan untuk mengukur benda kerja yang panjang dan tidak dapat dijangkau oleh mistar yang lainya, mistar ini mempunyai kapasitas panjang hingga 10 meter bahkan lebih.

2. Penggores

Penggores adalah suatu alat untuk menarik garis – garis gambar pada permukaan banda kerja yang akan dikerjakan selanjutnya. Dibagian badan penggores diberi gigi yang bertujuan agar tidak licin pada saat dipegang, di ujung penggores dinuat runcing agar lebih mudah untuk menghasilkan goresan atau garis – garis yang terlihat lebih jelas.

Jenis penggores

Penggores Teknisi atau Machinist’s Scribers

Penggores ini memiliki titk penggores (scraber) terbuat dari baja grade temprt tinggi dan pegangan tabung baja yang berlapis nikel. Scraber ini memiliki diameter ¼ atau 3/8 inchi dengan panjang titik 2-7/8 inci.

Tungsten Carbide Scriobers

Pengoores ini digunakan untuk menandai garis – garis pada benda yang sangat keras seperti baja yang dikeraskan kaca. Titik scriber terbuat dari karbida tungsten.

Cara menggunakan penggores :

  1. Ambil penggaris lalu letakan pada benda kerja yang akan diberi garis
  2. Letakan penggores pada benda kerja dengan membentuk sudut 30°
  3. Lalu penggores digeser dan ditekan hingga membentuk garis yang di inginkan.

3. Jangka Tusuk

Dengan memutar mur penyetel maka jarak bukaan kaki jangka dapat diatur sedemikian rupa menurut ukuran yang dikehendaki. Untuk menentukan ukuran bukaan kaki pada jangka itu digunakan mistar ukur. Tempatkan ujung kaki – kaki pada alur guratan. Pindahkan ukuran itu kebidang yang akan dilukis.

Cara menggunakan jangka tusuk :

  1. Bentangkan kedua kaki jangka tusuk sesuai keinginan
  2. Tancapkan salah satu kaki jangka yang berfungsi sebagi tumpuan pada saat proses pengerjaan
  3. Bila kita akan membuat lingkaran, maka aturlah kedua kaki jangka sesuai lebar lingkaran yang diinginkan
  4. Bila sudah pegang bagian ujung jangka atau kepala jangka kemudian ditekan dan diputar kaki jangka yang satunya bisa  menggores benda kerja.

4. Penitik

Penitik dibuat dari baja karbon tinggi yang dikeraskan dan ditemper. Badan diberi guratan atau sisi segi enam. Penitik terbagi menjadi dua macam yaitu :

Penitik pusat

Penyenter dengan sudut 90° dipergunakan untuk pusat lingkaran apabila benda kerja akan dilakukan pengeboran.

Penitik garis

Dan sudut 60° untuk penitik garis lukisan, Untuk penitik garis lukisan juga dipergunakan pena tusuk apabila benda kerja akan dilakukan pengeboran

Cara menggunakan penitik:

Penitik harus tegak pada saat dipegang, tempatkan dengan hati – hati diatas benda kerja atau gambar, ketok pelan – pelan dengan menggunakan palu pada setiap titik.

5. Meja Rata

Meja rata terbuat dari besi dari besi tuang halus atau marmer. Dipergunakan untuk tempat melukis atau menggambar atau juga menguji kerataan bidang. Permukaan dijaga agar selalu dalam keadaan baik.

 

Related Ilmu Teknik:
alat alat yang disiapkan untuk membuat gambar kerja untuk dikerjakan selanjutnya,pengertian menggambar benda kerja,melukis pada benda keras,melukis menggambar pada bidang benda pekerjaan,melukis benda kerja,jelaskan melukis pada benda kerja,jelaskan cara menggambar dibenda kerja,cara menggambar benda kerja,cara melukis benda kerja,Apakah yang di maksudkan dengan menggambar/melukis pada bidang benda pekerjaan,peralatan melukis benda kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *