PERBEDAAN KECEPATAN DENGAN KELAJUAN

Posted on

Pada saat belajar Fisika khususnya di kelas X, setelah Bab Besaran dan Satuan, kita akan mempelajari tentang Gerak Lurus. Bagian pertama yang akan diajarkan adalah mengenal besaran-besaran pada gerak lurus. Tujuan dari pengenalan besaran-besaran tersebut adalah agar kita dapat membedakan
istilah-istilah yang umum kita kenal di masyarakat dengan istilah-istilah yang ada dalam fisika. Selain itu, kita juga jadi mengerti membedakan antara besaran yang satu dengan besaran yang lainnya.

Kenapa besaran menjadi begitu penting?

Ketika pertama kali belajar mengenai besaran dan satuan, pertanyaan itulah yang telintas di benak saya. Mengapa besaran begitu penting sehingga menjadi topik pertama yang harus dipahami sebelum kita melangkah lebih dalam? Bukankah simbol atau lambang besaran juga terkadang disesuaikan dengan kondisi? Setelah memasuki bab berikutnya barulah saya mengerti bahwa besaran itu begitu penting karena pemahaman kita tentang besaran, satuan, dan dimensi merupakan modal awal untuk memahami ilmu fisika.

Salah satu contoh sederhana yang akan kita bahas di postingan kali ini adalah tentang kecepatan dan kelajuan. Dalam bahasa Inggris kecepatan adalah velocity dan kelajuan adalah speed. Pemahaman kita mengenai kedua besaran ini akan sangat membantu ketika kita belajar topik fisika yang lainnya seperti usaha, momentum, energi kinetik, tumbukan, dan sebagainya. Mengetahui perbedaan antara kedua besaran ini adalah hal yang penting karena adakalanya harga kecepatan berbeda dengan harga kelajuan.

Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan

Jika kita kaji berdasarkan pemahaman yang beredar di masyarakat lingkungan kita, mungkin kecepatan dan kelajuan sama saja. Tidak ada perbedaan sama-sama menyatakan seberapa cepat benda bergerak dilihat dari waktu dan jarak yang ditempuhnya. Sebagian dari kita mungkin dengan percaya diri mengatakan kedua besaran tersebut tidak ada bedanya. Tapi pada kenyataannya, dalam fisika banyak besaran yang sepertinya sama tetapi jelas berbeda termasuk kecepatan dan kelajuan.

Perbedaan yang paling mendasar antara kedua besaran tersebut adalah kecepatan merupakan besaran vektor sedangkan kelajuan adalah besaran skalar. Yah, lagi-lagi kembali ke masalah besaran dan satuan. Seperti yang kita pelajari, besaran dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu besaran vekto dan besaran
skalar. Besaran vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah sedangkan besaran skalar meupakan besaran yang hanya memiliki nilai saja.

Jika berbicara mengenai kecepatan, maka akan ada nilai dan arahnya misalnya sebuah benda bergerak dengan kecepatan 20 m/s ke arah timur. Sebaliknya, saat berbicara mengenai kelajuan maka hanya ada nilai saja misalnya seseorang bergeak dengan kelajuan 20 m/s. Apa bedanya? Hanya kata-kata arah saja?

Rumus Kecepatan dan Kelajuan

Mungkin akan lebih mudah dipahami jika kita meninjau rumus kedua besaran tersebut. Seperti yang kita tahu kecepatan dan kelajuan merupakan besaran turunan dari besaran pokok panjang dan waktu. Tetapi ada perbedaan yang paling mendasar dalam kedua besaran ini.

Ketika melihat rumus di atas, lagi-lagi saya bertanya apa pula perbedaan pepindahan dan jarak ini? Bukankah itu sama-sama menyatakan seberapa jauh benda bergerak? Ternya bukan seperti itu. Kedua besaran tersebut jelas-jelas berbeda dan hal itulah yang menyebabkan kecepatn dan kelajuan juga berbeda.Sama seperti kecepatan, perpindahan merupakan besaran vektor. Perpindahan merupakan peubahan posisi suatu benda dalam selang waktu tertentu dan sangat begantung pada posisi awal
dan posisi akhir benda. Ketika suatu benda bergerak dari posisi awal katakanlah titik A kemudian begerak ke titik B yang bejarak 100 m kemudian kembali ke titik A, maka berapakah perpindahannya? 100 m Pak! Pasti ada sebagian dari kita yang menjawab begitu. Tapi jawaban tersebut benar-benar
salah! Jawabannya adalah Nol. Artinya benda tidak punya perpindahan karena pada akhirnya benda kembali ke posisi awalnya yaitu titik A. Dengan kata lain benda tidak berpindah.

perpindahan dan jarak

Sebaliknya, jarak merupakan besaran skalar sama halnya dengan kelajuan. Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam kurun waktu tertentu. Jadi misal kita ambil contoh seperi di atas, benda bergerak dari titik A ke titik B yang berjarak 100 m kemudian kembali ke tiitk A maka berapa jarak yang ditempuh benda? Jangan katakan 100 m! Jawabannya adalah 200 m karena dari A ke B 100 m dan dari B ke A juga 100 m.

Berdasarkan uraian tersebut maka jelaslah terlihat perbedaan antara kecepatan dan kelajuan. Yang pelu diperhatikan, nilai kecepatan dan kelajuan bisa saja sama besar akan tetapi keduanya merupakan besaran yang berbeda yaitu terletak pada arah yang dimiliki kecepatan. Pemahaman kita akan konsep
besaran vektor akan sangat membantu saat kita mempelajari tentang momentum dan tumbukan. Pada materi tersebut, kita harus memperhatikan arah kecepatan agar perhitungan kita tidak keliru.

Related Ilmu Teknik:
gerak benda yg memiliki kecepatan tetap disebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *